Home » » RCTI Dahsyat Menghina Islam, SCTV Inbox Melecehkan Orang Tua

RCTI Dahsyat Menghina Islam, SCTV Inbox Melecehkan Orang Tua

Inbox SCTV

Setelah kemarin kita mendengar bahwa acara salah satu program RCTI 'Dahsyat' menghina Islam kini kita kembali miris mendengar program Inbox milik SCTV merendahkan/melecehkan  orang tua. Seakan keduanya RCTI dan SCTV berlomba dalam keburukan, siapa yang paling buruk tingkahnya dialah yang meraih predikat Juara.

Berikut Deskripsi Pelanggaran Dari http://www.kpi.go.id
Telah terjadi pelanggaran pada program Siaran “Inbox” yang ditayangkan oleh stasiun SCTV  pada tanggal 7 Januari 2013 pukul 07.07 WIB.

Pelanggaran yang dilakukan program adalah ditampilkannya adegan dari para host yang melecehkan seorang perempuan lanjut usia sehingga ibu tersebut menjadi bahan olok-olok.


Pada saat perempuan tersebut dipanggil para host untuk naik ke atas panggung, Andhika mengatakan, “Ini cewe Brazil? Yang begini di lampu merah Gaplek banyak!” Selanjutnya Narji berkata kepada ibu tersebut, “Maaf ini Ibu, yang terbalik topinya apa mukanya?” Gading berkata, “Ini sih bukan Brazil… Brantakan!” 

Selain adegan tersebut, ditampilkan adegan Andhika yang memperlihatkan gambar pada sebuah buku sambil mengatakan kepada host lainnya bahwa ibu yang menjadi bahan olok-olok tersebut masuk ke dalam buku sejarah. 

Kemudian sambil melihat gambar pada buku tersebut, host wanita berkata, “Ini Pithecanthropus ya pak?” dan Gading berkata, “Pak, ini sih peninggalan budaya Majapahit Pak!” 

Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu, perlindungan anak dan remaja, serta norma kesopanan.

KPI Pusat memutuskan bahwa tindakan penayangan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14 ayat (2), dan Pasal 15 ayat (1) huruf c serta Standar Program Siaran Pasal 9, Pasal 15 ayat (1), dan Pasal 17 ayat (1) dan ayat (2)  huruf c.

Program ini telah mendapatkan surat teguran tertulis pertama No. 443/K/KPI/07/12 tertanggal 20 Juli 2012 dan surat teguran tertulis kedua No. 486/K/KPI/08/12 tertanggal 3 Agustus 2012. KPI Pusat juga telah melaksanakan tahap klarifikasi pada tanggal 23 Januari 2013.

Berdasarkan pelanggaran yang telah dilakukan program ini, sesuai dengan ketentuan Pasal 79 ayat (3) Standar Program Siaran dan hasil Rapat Pleno Komisioner KPI Pusat tentang pemutusan sanksi administratif program pada tanggal 27 Februari 2013, KPI Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif penghentian sementara program  selama 1 (satu) hari  penayangan.

Sanksi administratif penghentian sementara ini wajib Saudara laksanakan di antara tanggal 6 – 20 Maret 2013. Saudara wajib melaporkan kepada kami kapan pelaksanaan sanksi akan dilaksanakan di antara tanggal tersebut.

Selain sanksi tersebut, KPI meminta kepada SCTV untuk tidak membuat program penganti sejenis yang ditayangkan pada waktu yang sama atau waktu berbeda pada saat pelaksanaan pelaksanaan sanksi administratif penghentian sementara. KPI akan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan sanksi administratif pada SCTV.

Sumber :

http://www.kpi.go.id/ 

Silahkan disimak juga,
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 43 Responses so far.

11 Maret 2013 17.34

waduh makin kacau aja

11 Maret 2013 17.56

dr sobat
Isnan Nugrah Lastiko @

walah acara hiburan tapi menghibur dengan cara mengejek :'(

mereka mungkin gak sadar, tapi para penonton sama yg di ejek sadar betul kalo itu menyakitkan..

Nitip ya kaks..
_________________
Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

11 Maret 2013 18.00

@Rohis Facebookmf komenx sobat Isnan Nugrah Lastiko sengaja sy hapus cz melampirkan link hidup dan ini sdh dua kalix..., komenx sy ketik ulang dan melampirkan link mati, usahakan gar tdk trulang tuk ketiga kalinya..,makasih *smile

11 Maret 2013 18.31

Benar2 program yang PATUT DIHENTIKAN!! Itu si Narji sendiri emang gak punya kaca gitu?? mukanya emang bagus gitu?? GAK!!!

11 Maret 2013 18.32

Ini adalah bukti bahwa etika dikalangan artis semakin dipertanyakan, sekaligus merupakan tamparan bagi kalangan selebriti.Pada dasarnya mereka tak memiliki retorika yang baik untuk dijadikan sebagai public figure, jadi saya mengimbau kepada saudara Muslim untuk tidak mengidolakan sesuatu yang sebenarnya tak pantas untuk diteladani.
Wassalam : Syamsuddin Mallawa

11 Maret 2013 19.31

wah bahay ni

11 Maret 2013 21.50

astagfir, bener" mereka ngga ada sopannya sama orang tua...

11 Maret 2013 22.07

wah itu acara musik atau ajang menghina yah kok bisa sampai segitunya :@ ckckckc parah nih, walau cuma becanda sih tapi itu udah kebangetan ...

11 Maret 2013 23.03

Memang aneh negeri ini...justru bahan olok-olokan yang bisa "banjir uang".
Kalau seandainnya mereka tahu gurauan, lawakan mereka hanya sekedar bumbu untuk bisa meningkatkan rating, tetapi tidak tahu bahwa gurauan tersebut bisa merusak 'kehormatan' seseorang apalagi itu adalah orang tua yang harus kita hormati maka seharusnya hal seperti ini tak terjadi.
Benar-benar miris membaca ini sobat....

11 Maret 2013 23.51

met mlm mas wah ane jadi tau,ni kalu ada kabar berita gituan trimakasih banyak mas infonya

12 Maret 2013 02.39

@Rohis Facebook

oh iya sori2 ga liat ntu ada peraturannya..

thanks dah di ketik ulang :)

12 Maret 2013 04.41

wah makin parah banget emang lama lama..
gak bisa tinggal diam :@

12 Maret 2013 06.14

risih juga denger org2 di sana itu saling menjelekkan.
Dahsyat, Inbox itu sama aj. setuju kalo dibubarin. kalo gak, peringatan keras kudu.

12 Maret 2013 07.04

Ih gila, astagfirullah!!!! Ini acara jadi makin ekstrim aja, orang tua diolok-olok, jangankan orang tua itu, mengolok-olok pemuda biasa saja sebenernya gk boleh, pasti ada rasa tersinggung,

12 Maret 2013 08.04

Acara tv makin hari makin suram. . .

12 Maret 2013 08.07

gak tau mau ngomong gimana lagi, dari dulu acara tv di indonesia banyak masalah, parah

12 Maret 2013 08.57

RCTI dan SCTV nggak jauh beda sob. sobat perhatikan waktu azan magrib. semua stasiun tv mengumandangkan azan, cuma RCTI dan SCTV yang tidak mengumandangkan azan.

buat para host. tolong di jaga mulutnya. memang kami tak sebaik kalian. tapi kami masih punya sopan santun dan etika..

lanjutkan sobat artikelnya, biar dunia tau tingkah laku mereka..

12 Maret 2013 13.58

masya' Allah semakin lama acaranya lawakannya terlalu berlebihan hingga menghina orang tua nih ayoo kita berantas mafia yang kayak gini

12 Maret 2013 15.00

Makin lama acaranya makin sedikit kurang menghormati norma kesopanan.Perlu ditegur agar tidak diulangi lagi ini.

12 Maret 2013 15.36

Santai..
Mereka itu syrik sama umat islam jadi nya kayak gitu kelakuannya,,
:(

12 Maret 2013 16.35

Acara TV sekarang makin gak mutu!!!!

12 Maret 2013 18.43

yang salah sebenarnya para artis, yang kebablasan merasa dirinya sebagai mahluk paling sempurna, narji, gading, andika, lawakan dan guyonan mereka tidak ada yang bermutu,
saya hanya berdoa..semoga ALLAH melimpahkan hidayah untuk mereka agar mereka bisa mengerti dan tahu bagaimana rasanya diperolok-olok seperti itu baik didunia maupun diakhirat,
salam

Anonim
13 Maret 2013 09.52

acara sampah ini sudah sepatutnya dihentikan selamanya, sanksi jangan diberikan setengahh2, KPI kudu tegas, host bermulut sampah kayak Olga, Narji, Andika. Gading gak sadarkah kalian ini sangat melukai perasaan, apalagi yang kalian jadikan bahan celaan adalah seorang Ibu, bagaimana jika itu orangtua kalian? kalian mencari makan dengan cara menghina orang, sungguh sangat hina sekali !!

13 Maret 2013 12.48

wuaduh...
makin parah deh acara tv..
saya sih jarang nonton tv dan kurang memerhatikan hal semacam ini...
tapi kalo gini jadinya...?
yah... semoga saja lekas sadar mereka itu...

13 Maret 2013 15.56

kalo itu sudah keterlaluan. jelas jelas bawa-bawa nama pengemis di lampu merah. semoga ibu tua itu diberi ketabahan dan sukses selalu.

13 Maret 2013 18.53

selamat malam gan
udah lama nih ane ga berkunjung ini blog
maaf ya gan
ane cman blog walking mempererat silahturahmi blogger
terima kasih ^_^

Anonim
26 April 2013 07.52

Muak gw liat gaya sombongnya narji..!!!apa2.an coba?orang tua buat bahan media jajanan lelucon?Muka narji aja kayak bayi yang gagal lahir!!

Anonim
30 April 2013 22.52

Seharusnya tidak ada program yang menayangkan kekerasan verbal/nonverbal serta pornografi dan porno-aksi seperti yg akhir2 ini marak terjadi. Setiap hari sy geram dgn program2 yg tidak ada nilai mendidiknya sama sekali, apalagi program tsb berkedok dgn menyuguhkan program komedi. Ckckck... Sungguh ironis!

27 Mei 2013 16.27

wah baru tau ... udah lama yah ???

EkaFitri
22 Juni 2013 23.07

Para host tersebut berbicara tidak santun terhadap orangtua karna mereka ga tau gimana caranya santun terhadap orangtuanya sendiri. Psti udah keliatan deh yang santun sama orangtua mereka pasti ga akan berani menghina orangtua kaya gitu. Biarin allah yg membalas perbuatan mereka diakherat kelak.

13 Juli 2013 04.10

Acara Tv Itu Memang Ngga jelas... Jangan Jauh jauh mikir acara apa... Eat bulaga tuh... Masa anak anak Diajarin Kuis Sampai Triak teriak... Alhamdulilah Saya hanya suka kompastv.....
http://center60.blogspot.com/

8 Agustus 2013 00.34

Artis kita emang ga punya etika. Muka cakep tapi kelakuan buruk, otak dungu pula. Tapi masih mending si Narji daripada si Olga.

7 September 2013 10.21

Nonton drama Korea sama Stand Up Comedy aja, lebih Halal :D

14 September 2013 23.17

Raffi ahmad kalo anda menyebutkan agama islam itu sebagai "islam prosetan" itu sama saja anda menghina agama orang itu.

INGAT!!!
Kalau acara itu memang menghibur kenapa anda tidak bisa menjaga omongan? Maka anda tidak bisa mencium bau surga padahal bau surga bisa dicium dari jauh juga mumpung lo hidup ya lo tobat sebelum menyesal

14 September 2013 23.18

Saya dari admin dedek albern dari pt.dewata ribuan (DERIAN) berkomentar terima kasih atas komentarnya

27 November 2013 15.59

Keren infonya, semoga mereka mendapatkan balasan yang setimpal :)
aldirahmanuntoro.blogspot.com

14 Februari 2014 22.44

walaupun saya non-muslim, tapi izinkan saya berkomentar.
RCTI adalah TV nomor 10 paling islami se-Indonesia, sctv juara 3, artinya sctv termasuk salah satu tv nasional paling islami se-Indonsia.

14 Februari 2014 22.45

@Admin Dedek Alberniya, padahal raffi ahmad itu muslim, kok menghina agamanya sendiri ya? aneh?

15 Februari 2014 06.34

@Rafel Siregar100% penilaian yg tdk benar! *smile

makasih sdh mampir...

15 Februari 2014 06.36

@Rafel Siregarada kristiani taat n ada pula yg tdk taat, sama kayak muslim, ada muslim taat ada pula yg tdk.

si Raffi ini masuk dlm kategory Muslim yg Awwam plus tdk taat! *smile

27 Maret 2014 14.10

POST nyaa alay ah.. -_-
hostnya cuma melecehkan orang,, dibilang melecehkan islam... :p

28 Maret 2014 00.17

@Prima DoltaAcara Dahsyat RCTI Menghina Islam

http://rohis-facebook.blogspot.com/2013/03/acara-dahsyat-rcti-menghina-islam.html

*smile

7 September 2015 18.22

Tapi tetep d pake kan d acara rersebut,,,
Guru ngasih ilmu d bayar nya murah,,,
Artis merusak pikiran generasi dan d bayar mahal,,,
Potret negeri ini,,

Komentar baru tidak diizinkan.