Home » » Acara Dahsyat RCTI Menghina Islam

Acara Dahsyat RCTI Menghina Islam

Dahsyat RCTI Menghina Islam

voa-islam.com -- Sangat disayangkan, pernyataan Chef Renne Tanjung yang menyebut kata majemuk ‘Islam Prosetan’ pada tayangan “Dahsyat” RCTI, 24 Desember 2012 lalu, telah menghina Islam. Program acara Dahsyat yang disiarkan RCTI harus dihentikan dan dibubarkan.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat telah menyampaikan hasil penilaian Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke RCTI terkait penayangan Program Siaran “Dahsyat” tanggal 24 Desember 2012 dalam adegan yang menyebutkan kata “Islam Prosetan”. Penilaian Majelis Ulama Indonesia terlampir berdasarkan permintaan KPI Pusat pada surat No. 40/K/KPI/01/13 tertanggal 16 Januari 2013 dan surat No. 137/K/KPI/03/13 tertanggal 4 Maret 2013 seperti dilansir kpi.go.id.

Hasil penilaian Majelis Ulama Indonesia dalam surat No. B-78/MUI/III/2013 tertanggal 4 Maret 2013 (surat terlampir) atas pogram melengkapi isi surat sanksi administratif penghentian sementara KPI No. 138/K/KPI/03/13 tertanggal 5 Maret 2013.

KPI meminta, surat sanksi administratif KPI dan hasil penilaian MUI menjadi bahan evaluasi internal RCTI untuk memperbaiki program tersebut di masa mendatang.

Adapun penilaian MUI terhadap pelanggaran di dalam acara “Dahsyat” yakni dengan mempertimbangkan beberapa ayat Al Qur’an dan hadits yang mengadung pengertian betapa buruknya kata “Syaitan” (Setan). Ayat-ayat Al Qur’an yang dikutip yakni QS. Annisa’/4:119-120, QS. Al Baqarah/2:168-169, QS. Albaqarah/2:208, QS. Annisa’/4:38, QS. Al-An’am/6:142, dan QS. Al-A’raf/7:22. Sedangkan hadits nabi yang dikutip yakni Shahih Muslim, hadits ke-587, juz I halaman 146.

Menurut kesimpulan dengan memperhatikan hal-hal di atas, MUI berpendapat penggunaan kata majemuk “Islam prosetan” adalah tidak benar dan buruk. Islam sama sekali tidak prosetan, bahkan berseberangan.

Diakhir suratnya, MUI merekomendasikan, menghendaki lembaga penyiaran yang memberi kesempatan tampilnya kata majemuk tersebut diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundangan. Kemudian untuk menghindari kesalahan sejenis terjadi lagi, MUI meminta setiap program harus direkam lebih dulu agar lembaga penyiaran terlebih dahulu melakukan penyensoran.

Ketua DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta, Habib Salim Alatas atau Habib Selon, (8/3/2013) menilai, "Acara Dahsyat RCTI telah berkali-kali melecehkan Islam. Pernyataan ‘Islam prosetan’ itu menjadi puncaknya. FPI menuntut pembubaran acara Dahsyat RCTI,” tegas Habib Selon.

Habib Selon juga mendesak menejemen RCTI agar segera menghentikan acara musik Dahsyat, karena Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan acara Dahsyat, 24 Desember 2012, menodai Islam.

“Jika RCTI tetap menyiarkan Dahsyat dan melecehkan teguran KPI serta rekomendasi MUI, FPI akan turun tangan menghentikan dan membubarkan Dahsyat,” pungkas Habib Selon.

Di surat sanksi KPI dijelaskan pelanggaran yang dilakukan program Dahsyat yakni ditayangkannya adegan Raffi Ahmad bertanya kepada  bintang tamu, Chef Renne Tanjung, “Kamu Natal nggak?” dan kemudian Chef Renne menjawab: “Nggak!” Lalu Raffi bertanya, “Kamu nggak Natal ya?” Chef Renne menjawab, “Nggak, saya Islam prosetan.”

Hal itu menjadi kesimpulan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pernyataan bintang tamu Chef Renne, saat menjawab pertanyaan presenter Dahsyat, Raffi Ahmad. Penayangan adegan yang menyebutkan Islam prosetan itu, dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap nilai-nilai Islam serta perlindungan untuk anak dan remaja.

Hasil penilaian MUI dalam surat No. B-78/MUI/III/2013 tertanggal 4 Maret 2013, melengkapi isi surat sanksi administratif penghentian sementara KPI No. 138/K/KPI/03/13 tertanggal 5 Maret 2013. [Desastian/salam-online]


Silahkan disimak juga, 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 54 Responses so far.

10 Maret 2013 00.14

serem amat ne..

10 Maret 2013 04.19

sialan tuh dahsyat...maen ceplas ceplos aja.. kurang ajar bilang ayak gitu

10 Maret 2013 05.46

gue setuju ni kalau dahsyat dibubarkan.
semoga...

10 Maret 2013 06.17

Kalo boleh jujur, saya memang paling benci dg yang namanya olga. Dia tidak bisa membedakan antara bercanda dg menghina. Udah gt, banci lagi. . . . :v

10 Maret 2013 06.43

@Fian Syauqimemang kurang ajar sob! makax mereka minta di Hajar!

10 Maret 2013 06.44

@Leni Fitriasemoga, Aamiin...

10 Maret 2013 06.46

@Hattori Kunemank kasihan si Olganya..., udah sakit lalu mulutx kayak ember lg.. smg Allah mberi Hidayah kpdx...

10 Maret 2013 07.17

Lebih baik di hentikan sama sekali itu acara gak pakai sementara seharusnya tuh

10 Maret 2013 07.31

wah, makanya tuw mulut hati2 kalok ngomong. Saya sebagai muslim tentu saja tersinggung...
-_-

kog aq Baru denger ini kabar ya, jarang nonton tipi kayaknya,

10 Maret 2013 08.23

aku salah baca, kupikir tadi bacanya Islam protestan. Ternyata Islam pro-setan. -__-"

Keknya perlu ditelisik lagi, chef Rene ngomongnya keseleo ato emang sengaja ngomong kek gitu. Kalo sengaja, kug dianya berani bener eaa. Apakah ada yg memberinya 'skrip' utk diucapkan???

10 Maret 2013 09.45

aq suka dahsyat yg dulu wktu presenternya Darius, ngga riweh kaya sekarang...
yah smoga ada pelajaran yg bs kita petik

10 Maret 2013 09.53

Nah ini nih, makanya bercanda jangan berlebihan, jadinya ceplas-ceplos aja mulutnya.... Emang sob, acara dahsyat itu klo ane perhatiin ya, bercandanya kelewatan (berlebihan), sampe ada yg keseleo lah kakinya, aduuuuhhh.... Parah

mencari uang dengan menghalalkan semua omongan!

10 Maret 2013 10.12

walah gilla maen dar der dor aja itu mulut

10 Maret 2013 10.49

ternyata gt toh,
di acara Dahsyat bercanda nya memang terlalu berlebihan.
dan mereka sering trtawa terbahak-bahak sehingga mungkin hati mereka menjadi keras..
astaghfirullah

10 Maret 2013 11.56

harus di tindak lanjutin tuh

10 Maret 2013 12.04

Kalau udah gini langsung ditindak lanjuti dan jangan dibiarkan terus menerus.Hukum dan agama harus ditegakkan.

10 Maret 2013 12.47

wuaduh...
saya memang jarang nonton tv..
tapi kalo acara tv memang kayak gini, patut dibubarkan saja tuh...

sama seperti komentator di atas, saya kira awalnya tadi Islam protestan...
parah dah...

10 Maret 2013 12.49

Artikel diatas jg sebagai peringatan untuk diri kita masing2 jgnlah berlebihan dalam melakukan sesuatu dan dalam kasus ini ya berlebihan dalam "bercanda"

Semoga kita bisa mengambil Hikmahnya

10 Maret 2013 12.51

bubarin dahsyat! Bubarin! :@

10 Maret 2013 13.54

Biarkan yang ahli yang tampil.

Yang masih jahil (dungu), seperti halnya Olga, baiknya mundur saja. Turun. Belajar dulu sana. Hus! Hus!

10 Maret 2013 17.27

wah mantapnie..

semakin ramai blog anda kka:)

10 Maret 2013 20.37

yeah, seharusnya ada tindakan tuh dari kejadian ini

10 Maret 2013 21.38

acara dsyat memang sdasyat syetan sob...bener-bener pelopor perusak karakter generasi bangsa...kita lihat sdasyat apa hancurnya nanti....

10 Maret 2013 23.30

ahlamak....... berita lama tp knp gw baru tau disini..?

aturan ada segmen khusus untuk Dahsyatnya Racism :)

11 Maret 2013 05.26

Mampir lagi sobat Rohis Facebook... :)

11 Maret 2013 06.38

Absen pagi kawan. . . :v

11 Maret 2013 09.31

wah saya jadi pengen tau mukanya chef renne kayak apa sih... kok bilang "islam prosetan". belum pernah ngrasain sendal jepit ya tu orang....!!

11 Maret 2013 13.08

@Citra Pradipta HudoyoAstagfirullah, memang bener ya sob, tertawa berlebihan bisa mengeraskan hati... Sesuatu yg berlebihan emang gk baik sob

11 Maret 2013 15.22

Assalamu'alaikum...
kalo boleh tahu, ada rekaman videonya gak ? jadi penasaran... dan ada usaha utk mengkonfirmasi ke Cheff tersebut gak ?

Yang gak saya suka dari RCTI... gak pernah menyiarkan lantunan adzan maghrib. :(

Oiya... mau berbagi inpo :
http://serbasejarah.wordpress.com/2013/02/25/motivasi-perang-sabil-di-nusantara/

makasih.

11 Maret 2013 15.39

@Samaranjiwaalaykumsalam warohmatullah...

sy blom dpt video yg sobat tanyakan tersebut..., sy lg nyari2 berita terbarunya nih..,ntr klo dpt insya Allah sy postingkan...

tuk menjamin kevalidan berita diatas sobat bs dtg langsug ke situsx KPI..disini..

http://www.kpi.go.id/index.php/lihat-terkini/31183-penghentian-sementara-dahsyat-rcti

http://www.kpi.go.id/index.php/lihat-terkini/31190-penilaian-mui-soal-dahsyat-rcti

makasih infox kang.., langsung sy Ke TKP *smile

11 Maret 2013 15.40

Setiap acara yg ada olganya pasti bermasalah :p

11 Maret 2013 20.57

Aduuh......ini mah udah parah banget. mending beralih ke tv kabel aja deh. acaranya lebih berbobot deh

12 Maret 2013 12.47

@Samaranji
RCTI tayangin adzan maghrib kokk.. justru yg enggak tuh Channel B,sma JakTV...

wah.. bener2 menghina tuh :/

20 Maret 2013 20.48

wahhhh ane baru tau kalo acara ini sering menghina gitu lho gan

21 Maret 2013 10.05

Entah kenapa yaa setiap disono ada olganya selalu bermasalah tuh acaranya

udah saatnya acara model kayak gini di cut abiss !! jangan pernah kasih ruang lagi untuk acara kayak ginian, menghina agama, menghina orangtua, mau lucu tapi nggak mutu, host-nya bego2...bintang tamunya juga gak punya etika, gak ada manfaatnya acara beginian...

18 April 2013 21.22

saya baru tahu ini
jarang nonton TV sih
tapi emang akhir2 ini Islam bener2 dilecehkan di banyak media
padahal mayoritas, malah dibuat mainan sama yang minoritas

25 April 2013 23.17

wajib dijebloskan kepenjara juga, menyusul yang terdahulunya tuh

6 Mei 2013 21.34

kurang ajar yak sobat :(

wah ini berita dah lama bukan ?

8 Mei 2013 16.46

@Andredrake.com Blog Informasi Terbaru dan Tutorial Gratisiya lama tp masih hanget.., makasih.. *smile

7 November 2013 05.56

Ada Pribahasa Mulutmu Adalah Harimau mu
Maka jagalah ucapan mu, jangan sampai Mulut sendi
Yang akan m artikel Menerkam, dirimu sendiri, begitu kata pepatah
Dan Artikel Mas Rohis, saya mendapat pelajaran Baru lagi
Terima kasih yah Mas Rohis.?

acara ini bukan hanya menghina, tapi sering juga mengajak anak remaja supaya rusak otaknya... coba buka serial dewa dhani dan yahudi... acara dasyat emang dari dulu juga perusak akidah

8 November 2013 17.45

@Download Film Surat Kecil Untuk Tuhan | Download Satu Jaridr Yahudi sampai org sakit semua ada disitu gan, maklum sesuai dgn namax 'DAHSYAT', *smile

14 November 2013 16.32

saya juga sangat setuju jika acara dahsyatnya di bubarkan

27 November 2013 14.54

gw setuju bgt asli dashyat di bubarin, host nya ga jelas bgt,penonton nya juga gitu ababil2

5 Desember 2013 11.35

@rizky mahendrasetuju sama komentarnya mas Rizky hahahaha
tapi Chef Rene cantik kok

15 Desember 2013 08.45

Acara Dahsyat benar-benar harus dihentikan kalo melecehkan Islam seperti ini, saya gak terima

8 Mei 2014 19.04

gue emang gak alim2 banget gan tapi kalo soal ngatain agama sendiri.. wow. gak berani gue gan. iye aje ngatain berapa detik resikonya jutaan tahun noh di akherat sono..

21 Mei 2014 09.48

Ya Allah, miris banget..
ini Ishmah udah terdiam aja sambil berhenti makan kerupuk

31 Agustus 2015 13.55

master cheff indonesia juga perlu di bubarkan kalau acara tsb masih menggunakan lambang "lafadz Allah" yang sengaja di balik dan di taro di lantai sampai di injak" gitu..

Komentar baru tidak diizinkan.