Home » » Tujuh Kebiasaan Yang Membuat Flu Makin Parah

Tujuh Kebiasaan Yang Membuat Flu Makin Parah

Flu

Musim hujan telah tiba itu sama saja anda harus bersiap-siap dengan segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, dan salah satu kemungkinan terbesar yang akan Anda hadapi adalah penyakit flu.

Selain bisa menyerang siapa saja penyakit flu juga sering dianggap remeh bagi para penderitanya, tentu ini alasannya karena penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya terkadang 4-5 hari.

Kendati penyakit flu ini mudah menjangkiti siapa dan mudah pula sembuh tapi tidak menutup kemungkinan flu juga bisa bertambah parah. 

Berikut Tujuh Kebiasaan Yang Membuat Flu Makin Parah.
1. Berpura-pura tidak sakit
Flu tidak akan sembuh dengan sendirinya, begitu Anda terserang flu makan Anda harus berisitirahat, dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan menghasilkan energi ekstra untuk melawan virus flu. Jika tubuh terserang flu dan Anda tidak beristirahat maka flu akan disertai dengan demam bahkan bisa lebih parah.

2. Tidak cukup tidur
Beristirahat tidak terlepas dari tidur, malah tidur adalah sumber sistem kekebalan tubuh yang sehat.
Satu studi menemukan bahwa jika Andakurang tidur memiliki 3 kali risiko lebih besar terkena flu. Jika Anda flu dan mengganggu waktu tidur malam hari, cobalah untuk tidur lebih awal atau tidur siang karena Anda perlu istirahat ekstra.

3. Stres
Hindari stres karena stres salah satu kemungkinan besar faktor penyebab terkena flu, tentunya ini beralasan karena Seiring waktu, tingginya tingkat hormon stres dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan sakit flu.


4. Kurang minum atau cairan
Anda harus minum banyak cairan ketika Anda sakit karena cairan akan membantu mengencerkan lendir. Hampir setiap cairan akan membantu. Air, jus, teh panas, dan sup semua baik untuk meredakan flu.


5. Penggunaan inhaler berlebihan
 Hati-hati dengan penggunaan inhaler. Inhaler mungkin bekerja dengan baik pada awalnya. Tetapi jika Anda menggunakannya selama lebih dari tiga hari, hidung Anda yang tersumbat akan menjadi lebih buruk ketika Anda berhenti menggunakannya.


6. Merokok
Perokok umumnya lebih sering terserang flu dibandingkan bukan perokok. Perokok yang terserang flu biasanya lebih parah dan sulit sembuh. Merokok merusak sel di paru-paru, sehingga sulit bagi perokok untuk melawan flu. Jika Anda terserang flu, maka berhentilah merokok dahulu dan lebih baik juga untuk mengindari orang di sekitar anda yang sedang merokok.


Sumber:
http://health.detik.com/ (dengan beberapa pengeditan)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook