Home » » Apa Itu Gadis Cabe-cabean, Kenal Ciri dan Penyebab Munculnya

Apa Itu Gadis Cabe-cabean, Kenal Ciri dan Penyebab Munculnya

 Gadis Cabe-cabean

Fenomena cabe-cabean booming pada akhir 2013 dan awal 2014 ini.
Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan fenomena Anak alay dan segala isitilah-istilahnya, mulai dari cara berpakaian hingga cara berbicara. walaupun sempat surut ditahun 2013 kini muncul lagi istilah baru di tahun 2014 yakni gadis Cabe-cabean.

Kini “spesies baru” gadis cabe-cabean diperkenalkan sebagai tren mutakhir. Tidak jelas siapa yang mulai mempopulerkannya. Istilah ini menyebar secara viral dan dikenal luas karena dianggap mencerminkan sejumlah remaja zaman sekarang.

Cabe-cabean adalah sebutan bagi remaja putri yang senang keluyuran malam dan nongkrong di balapan liar. Usia mereka umumnya sama, kisaran SMP dan SMA.

Berikut cara mengenal atau mengidentifikasi Gadis Cabe-cabean.

3B: Behel, Blackberry dan Berponi
Ciri untuk mengenali Gadis Cabe-cabean dan Terong-terongan adalah 3B, Behel, Blackberry dan Berponi. Behel yang asalnya digunakan untuk merapikan gigi bagi mereka behel hanya sekedar gaya. Nekatnya lagi mereka memakai behel ala kadaranya saja tidak melalui konsultasi dokter gigi, maklum konsultasi ke dokter gigi cukup mahal. B yang kedua adalah Blackberry bagi mereka Blackberry dipakai untuk gaya dan sekedar update status BBM tanpa memahami apa kegunaan asli Blackberry.

Make up salah waktu, kadang muka lebih putih dari leherModel make up gadis cabe-cabean terkesan dipaksakan. Saking ngebetnya pengen makeup berlebih dan tidak jarang kulit muka berbeda dengan warna kutil leher dan badan. 

Boncengan bertiga, sambil main HP, ngebut buat cari perhatian
Diantara sekian ciri yang disebutkan diatas, ciri yang satu ini terbilang cukup berbahaya, mereka suka berkendara sepeda motor dengan membonceng lebih dari dua orang, misalnya tiga orang, bisa juga sampai empat orang, jangan ditiru!. Alih-alih membawa motor dengan hati-hati, mereka justru doyan ngebut dengan harapan dianggap keren oleh orang yang melihatnya. Lucunya lagi, gadis cabe-cabean kerap kali melewati segerombolan pria nongkrong dengan memacu kencang motornya demi menarik perhatian.

Enggak pernah mengaku cabe
Gadis cabe-cabean tidak pernah mengakui dirinya sendiri.

Kegiatan wajib hari ini: update status
Kegiatan wajib yang tidak boleh terlewat dari gadis cabe-cabean adalah update status di media sosial dan instant messaging. Bahkan biasanya memberi kabar yang penting seakan banyak orang yang peduli. Belum lagi pemakaian kata-kata yang berlebihan dengan susunan huruf angka dicampur. 

Pacaran di sembarang tempat
Mereka akan banyak “bertebaran” di keramaian, kadang bersembunyi di tempat-tempat gelap. Mereka dengan santai memarkir motor di pinggiran jembatan layang dan duduk berdempet dengan sang kekasih sambil menikmati lampu malam kota. 
Tentang pacaran bisa disimak, Jomblo Shalihah? so What gitu lohh

Pasang foto editan
Di foto profil Facebook atau Avatar Twitter akan terlihat cantik, saat ditemui akan jauh berbeda. Mereka seringkali mengedit foto diri menjadi lebih putih, lebih mulus dan lebih imut demi menarik perhatian lawan jenis dan agar bisa bertemu.

Berbaju Minim di Banyak Tempat
Seperti ditulis kapanlagi.com, Jumat (27/12/2013), baju ketat dan celana pendek adalah ciri khas gadis cabe-cabean terutama jika naik sepeda motor. Memamerkan paha mereka adalah hal yang biasa. Kerap kali gadis cabe-cabean begitu percaya diri memakai baju serba minim dan ketat meskipun tidak cocok.

Komentar Kak Seto (psikolog anak)
Kak Seto menegaskan cabe cabean adalah fenomena yang umum terjadi. “Usia muda sekitar SMP SMA itu karena hasrat seksual libidonya itu tinggi. Karena banyak ditahan perasaannya sehingga mereka menyalurkannya ke perilaku berisiko seperti cabe-cabean,” kata Kak Seto sepeti dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (4/1/2014).

Untuk menghindari hal tersebut Kak Seto menyarankan orangtua perlu menyalurkan perasaan terpendam lewat hal-hal positif. “Seharusnya orang tua cabe-cabean itu menyalurkan emosi anaknya dengan melibatkan anak ke hal-hal positif misalnya ikut les. Libatkan mereka ke dalam kegiatan positif selain itu kasih sayang dan perhatian jangan sampai berkurang. Sesibuk-sibuknya orangtua harus tetap memperhatikan dan mencurahkan kasih sayang,” ujarnya.

Penyebab adanya Gadis Cabe-cabean dan Terong-terongan
Banyak faktor yang menyebabkan fenomena ini muncul. Setidaknya ada tiga faktor utama yang memiliki andil khusus.

Pertama, faktor media. Tak dapat dipungkiri, tayangan di televisi tidak banyak memberikan tuntunan yang mendidik dan membangun. Khususnya pada segmen remaja. Gaya hidup yang diperlihatkan dalam sinetron-sinetron atau drama-drama impor sedikit banyak mempengaruhi remaja kita untuk menirunya. Lihat saja bagaimana cara berpakaian dan gaya hidup mereka dijiplak habis oleh remaja putri dalam komunitas cabe-cabean ini.

Kedua adalah faktor keluarga, dalam hal ini adalah orang tua. Pengawasan orang tua terhadap aktivitas anak tidak boleh lepas begitu saja. Kebutuhan seorang anak tidak hanya sekedar materi namun juga kasih sayang dan perhatian. Salah satu mengapa fenomena ini muncul adalah banyaknya remaja-remaja broken home yang mencari pelampiasan dengan cara-cara negatif.

Ketiga, faktor lingkungan. Lingkungan terdekat dari remaja adalah sekolah dan teman-teman bergaulnya.

Kita semua sepakat bahwa fenomena ini perlu mendapatkan perhatian. Tak ada yang menginginkan generasi muda Indonesia menjadi generasi yang hidupnya sia-sia. Di sisi lain masa remaja menyimpan potensi yang sangat besar untuk pembentukkan karakter di usia dewasa. Banyak peran yang bisa kita lakukan dan kita bisa mulai bergerak dari sekarang.

Pertama, peran keluarga. Dari keluargalah penanaman nilai-nilai agama dimulai. Anak-anak disadarkan bahwa dia diciptakan di dunia ini dengan tujuan khusus, yakni taqwa. Orang tua menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya.

Kedua, lingkungan. Masyarakat perlu ikut andil dalam menjaga lingkungan sekitarnya dari hal-hal semacam ini. Sikap individualis dan apatis harus dibuang jauh. Tindakkan amar ma’ruf nahyi mungkar tak boleh disepelekan. Ketiga, peran negara. Perlu ada regulasi atau kebijakan yang menjaga remaja kita. Dari mulai siaran media, lingkungan, pendidikan, dsb. Jangan sampai kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut.

Kita pun harus menyadari bahwa masalah ini adalah efek domino dari sistem kapitalisme yang diterapkan. Persoalan ekonomi, politik, hukum, pendidikan, sosial, semuanya adalah mata rantai yang saling berkaitan. Karena itu upaya jangka panjang yang tak boleh terlupakan adalah mengganti sistem yang ada dengan sistem yang lebih baik. Islam misalnya. 

Sumber:
http://www.islampos.com
http://www.solopos.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 40 Responses so far.

8 Januari 2014 19.41

duh saya berarti kudet kurang update masalah dunia alay bahkan cabe dan terong ini baru saya dengar dari tulisan sampean Kang

8 Januari 2014 19.46

anak abg jaman sekarang ada-ada aja ya mas rohis. untung aja saya udah nggak abg lagi hehehe :D

8 Januari 2014 19.58

@Djangan Pakiessy jg baru tau bbrp hari yg lalu pak.. *smile

8 Januari 2014 19.59

@Wahyu Eka Prasetiyarinikita sama2 bukan ABG lg *smile

8 Januari 2014 20.16

oh ada istilah baru toh,baru tahu sayamah hehe ada-ada saja yah hehe

8 Januari 2014 20.22

@Dede Theatahun baru istilah baru, biasa itu... *smile

8 Januari 2014 21.34

wah rupanya lagi musim cabe-cabean ya, cabee dehhhh

9 Januari 2014 01.32

Mantap Gan Artikelnya Bermanfaat ^_^
Salam kenal Juga Dari Lirik-gila.blogspot.com

Blogwalking dari Gila Lirik Lagu

9 Januari 2014 03.43

Cabe-cabean, Terong-terongan, kacang-kacangan he...
Ada ada saja ulah ABG jaman sekarang. Ancur....

9 Januari 2014 04.46

boleh juga ini cewek cabe-cabean nya xixi..

9 Januari 2014 06.35

masyarakat dan fenomena, begitu juga dgn gadis cabe2an yang masih usia ABG. Masa labil, puber dan pencarian jati diri...begitu.....hehehe...

9 Januari 2014 07.10

Selamat pagi dan selamat beraktifitas sobat...
Jujur aja saya malah gak tau mas dengan istilah cabe-cabean ini dan baru sekarang tahu setelah baca postingannya mas Rohis... aya-aya wae eta barudak nya :D

9 Januari 2014 07.10

Kasihan ya dengan gadis cabe-cabean, menyimpang dari agama.

9 Januari 2014 08.36

biasanya cabe cabean bnyak d kota besar ya mas. kalo di desa cabe sayuran hehe..

Salam
OBi Blogger

9 Januari 2014 08.53

dikota saya banyak cewe "Cabe cabean" pacaran dimana aja alias udh ga punya rasa malu!

9 Januari 2014 09.27

aduh... ada-ada saja remaja zaman sekarang. mungkin ga lama lagi bakal muncul gadis bawang-bawangan, umbi-umbian, dst...

9 Januari 2014 11.04

Baru denger mas gadis cabe-vcabean ini heheh dan baru ngerti maksudnya :D

9 Januari 2014 11.34

apakah cabe-cabean itu menyadari bahwa kelakuan mereka itu bisa berakibat sangat pedis bila mereka tak segera menyadarinya..baik didunia dan diakhirat..pedis seperti cabe yang sebenarnya...
keep happy blogging always..salam :-)

9 Januari 2014 12.35

Cabe-cabean istilah buat cewe nakal ya, kalau terong-terongan..? apa buat remaja cowo labil..?

9 Januari 2014 17.39

Ada-ada saj nih istilah jaman sekarang :)

9 Januari 2014 18.24

@Achmad Fazriiya benar...

9 Januari 2014 21.50

Terong dan cabe-cabean
kalo ditumis enak

Tp ko jadi istilah remaja tak Baik

10 Januari 2014 13.14

cabe cabean adalah istilah buat mereka yg nakal, merekanya bisa saya kutip "CEWE"

10 Januari 2014 13.17

istilah jaman sekarang aneh aneh , , :D

10 Januari 2014 22.54

hahahaha... gue pernah baca ini dari KPL :D

tp oke sih infonya buat yang beloom tau,
biar ngga terjebak sama yang namanya cabe2an

11 Januari 2014 05.34

Muncul lagi istilah baru Mas Rohis, gadis cabe-cabean. Ada-ada aja.

11 Januari 2014 06.25

wah anak anak jaman skrg

11 Januari 2014 10.20

memakai bekel tanpa konsultasi dokter sangat berbahaya karen justru kuman kuman akan bersarang dicelah celah gigi. Apalagi orangnya malas untuk membersihkannya. Kalau ditempatku di sebut gadis atau cewek cilikan.

11 Januari 2014 11.20

@Djangkaru Bumibener banyak yg make behel tanpa anjuran dokter

12 Januari 2014 16.54

Iya Mas, tadi coba browsing nemu di situs ternama ternyata Gadis Cabe-cabean lagi ngetren nih

12 Januari 2014 20.31

@Rohis Facebook
bener juga yah tahun baru jadi serba baru termasuk istilah cabe cabeaaaaaan itu hehehe

13 Januari 2014 14.50

Wkwkwkwk.. Hayo siapa yang kerjaan wajibnya update status. Hayo cabe cabean loh ha ha ha ha

13 Januari 2014 17.18

@Mas Nadyayo ngaku mas nandy! hhhehe...

13 Januari 2014 19.00

Selamat sore Mas Rohis. menarik istilah untuk anak Gadis yang
Menginjak Remaja dengan istilah Cabe-cabean yah? info menarik
Jadi tahu walaupun kita bukan Remaja lagi yah Mas Rohis :)

14 Januari 2014 03.41

Ada aja tingkah anak muda...selama ini sering dengar istilah "cabe-cabean" tapi gak tau iru apa, makhlum udah gak ABG lagi jadi gak tau istikal-istilah anak muda

14 Januari 2014 14.45

Itu sih di tempat saya banyak, yang suka ke bengkel pakaian nya pun kurang sopan lagi

15 Januari 2014 01.15

perkembangan jaman :)

15 Januari 2014 09.35

kirain cabe-cabean tuh apaan, saya kemarin didatangi orang liberal dan saya dikatai cabe2an + di fitnah anti non islam di link ini : https://www.facebook.com/Kaze.Kate/posts/646793238695912 wkwkwk parah

btw mampir balik ya ke http://downloadsatujari.blogspot.com/

29 Januari 2014 15.48

ane aja abru tau pas nonton di acra dahsyat istilah gituan.. ane kira bumbu masakan eh ternyata ginian artinya

1 Juni 2015 13.41

Mengatasi penyakit gondok dengan perpaduan dari kulit manggis dan daun sirsak dalam kemasan obat penyakit gondok yaitu Ace Maxs, yang sangat ampuh aman dan cepat tidak menimbulkan efek samping apapun.

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup