Home » » Bawang Putih Mahal, Bawang Putih Super Gizi

Bawang Putih Mahal, Bawang Putih Super Gizi

Bawang Putih Mahal

Bawang Putih atau pun bawang merah Selain bumbu dasar dari hampir segala jenis masakan ternyata mempunyai nilai manfaat kesehatan yang sangat tinggi jadi tidak berlebihan kalau harga bawang putih agak mahal. 

Berikut ini beberapa khasiat bawang putih bagi kesehatan yang dirangkum http://health.detik.com dari beberapa situs seperti Zeenews, Care2, WebMD dan BBC.

1. Menurunkan kolesterol
Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ekstrak bawang putih bisa menurunkan kadar kolestrerol jahat di dalam darah. Khasiat ini sekaligus mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung akibat terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh endapan kolesterol.

2. Membangkitkan gairah seks
Konon di Tibet, para biarawan tidak boleh sembarangan masuk kuil setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih. Aturan ini cukup msasuk akal jika dikatikan dengan manfaat lain dari bawang putih, yakni sebagai aprodisiak atau pembangkit gairah seks. Bagaimana bisa khusyuk beribadah kalau sedang 'bergairah'?

3. Antioksidan pencegah kanker
Ilmu pengobatan tradisional China sudah lama menempatkan bawang putih sebagai penangkal berbagai penyakit. Tidak lain karena bumbu ini mengandung allicin, sejenis antioksidan penangkal imflamasi atau radang. Berbagai penyakit serius seperti gangguan jantung dan pembuluh darah, dan bahkan kanker seringkali bermula dari radang atau imflamasi.

4. Antimikroba
Khasiat lain dari bawang putih adalah sebagai antiseptik, antijamur dan penguat sistem pertahanan tubuh. Bahkan sebagian ahli meyakini, senyawa alami yang bisa menangkal virus juga bisa ditemukan dalam bawang putih meski hingga kini belum ada bukti kuat yang mendukungnya.

5. Penangkal sakit jantung
Selain menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab sakit jantung, bawang putih secara langsung juga mencegah penyakit jantung itu sendiri. Senyawa tertentu dalam bumbu ini bisa diolah oleh darah untuk dijadikan hidrogen sulfida (H2S), yang dibutuhkan untuk membuat pembuluh darah melebar. Aliran darah menjadi lancar, kerja jantung lebih ringan dan lebih terlindung dari kerusakan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook