Home » » Turki Luncurkan Ensiklopedi Islam

Turki Luncurkan Ensiklopedi Islam

Ensiklopedi Islam Turki

Ensiklopedi Islam ini luncurkan oleh Negara Turki, dibawah kementerian Islam Turki, acara peluncuran diadakan di di Pusat Kongres Haliç, Istanbul Sabtu (25/01/2014). Dihadiri Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, Wakil Perdana Menteri Prof. Dr. Emrullah Işler, serta Menteri Agama Prof. Dr. Mehmet Görmez.

Acara peluncuran Ensiklopedi Islam ini bersamaan dengan memberikan penghargaan terhadap 3 karya besar dunia akademik Turki abad ini.

Dalam kesempatan ini akan diperkenalkankan 3 karya besar yang dipandang layak mendapatkan penghargaan sebagai karya terbesar abad ini.

Karya-karya tersebut yaitu ‘Islam Ansiklopedisi’ (Ensiklopedi Islam) yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Ilmu-ilmu Keislaman, ISAM, yang bernaung di bawah Kementrian Agama. Karya bervolume 44 jilid dengan 17.000 entri ini telah menelan waktu seperempat abad dengan para kontributor berupa ribuan akademisi dari dalam dan luar Turki. Karya kedua, ‘Istanbul Kadi Sicilleri’ (Catatan Qadhi Istanbul), karya setebal 44 jilid yang selesai dalam waktu 8 tahun. Kemudian sebuah karya 7 jilid berjudul ‘Hadislerle Islam’ (Islam Lewat Hadis) yang telah diselesaikan dalam waktu 10 tahun.

Penghargaan akan diserahkan langusung kepada mereka yang banyak berjasa dalam menelurkan karya-karya ini oleh Perdana Menteri Erdogan. Acara pemberian anugerah ini juga disertai acara launching website Ensiklopedi Islam, sehingga bisa diakses dengan mudah dan disediakan secara gratis.

Sumber:
http://www.hidayatullah.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook