Home » » Tidak punya cadangan BBM, Jika Indonesia Perang, Paling Hanya Bertahan 3 Hari

Tidak punya cadangan BBM, Jika Indonesia Perang, Paling Hanya Bertahan 3 Hari

Susilo Siswoutomo

Jika suatu saat Indonesia perang dengan negara lain, hanya akan bertahan paling lama 3 hariPernyataan andai ini datang dari Susilo Siswoutomo, Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Tentu bukan tanpa alasan pernyataan ini beliau lontarkan, berhubung ternyata Indonesia tidak memiliki cadangan BBM yang disimpan secara khusus.    

Alasan Susilo, kenapa hanya mampu bertahan tiga hari, karena Indonesia tidak memiliki ketahanan energi yang cukup baik. Susilo mengungkapkan Indonesia tidak punya cadangan BBM yang disimpan secara khusus jika terjadi hal darurat seperti bencana alam atau terjadi perang. "Cadangan BBM kita nol! Bandingkan dengan Malaysia yang punya 30 hari, Jepang dan Korea 50 hari, Singapura 50 hari," tegas dia.

Indonesia hanya punya cadangan Susilo cadangan operasional yang digunakan setiap hari, yang disediakan badan usaha yang menyalurkan BBM subsidi, tersebar di SPBU-SPBU dan Depo BBM. Lanjut Susilo. 

"Cadangan operasional itu pun hanya 17 hari, bandingkan dengan Malaysia yang punya 25 hari, Singapura 50 hari, Korea 50 hari," tandasnya.

Sumber:
http://finance.detik.com (dengan editan)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook