Home » » Berikut Mitos dan fakta Seputar Flu yang Perlu Anda Ketahui

Berikut Mitos dan fakta Seputar Flu yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Flu

Semua tahu bahwa penyakit yang identik dengan musim hujan adalah Flu lalu diikuti pula diare, gatal-gatal, demam berdarah, hingga batuk. Tapi mungkin yang paling 'ngetren' dan paling rentan menyerang siapa saja adalah flu, baik itu bayi, dewasa bahkan usia lanjut sekalipun. Ini penyebabnya karena virus flu mudah terbawa oleh angin.

Dengan kerentanan menjangkiti siapa saja virus ini sudah dikenal sejak dulu dan biasanya resep untuk menyembuhkan sakit flu didapat dari turun temurun, dari nenek ke cucu dan seterusnya. Ada yang hanya mitos tapi ada pula yang sesuai fakta.

Mengenai resep yang biasa kita dapat turun temurun tentang penyembuhan sakit flu menurut Dayong Wu M.D, Ph.D, peneliti dari Nutritional Immunology Laboratory di Tufts University, bahwa tidak ada salahnya, namun harus dipastikan apakah hal tersebut bermanfaat atau malah merugikan bagi daya tahan tubuh, kata beliau.

Berikut Mitos dan fakta Seputar Flu yang Perlu Anda Ketahui.

1. Vitamin C adalah faktor terpenting dalam sistem daya tahan tubuh
Sebenarnya ini benar bahwa Vitamin C adalah faktor terpenting dalam sistem daya tahan tubuh tapi bukan berarti hanya vitamin C saja yang menjadi faktor utama atau terpenting bagi daya tahan tubuh karena masih ada vitamin lain lagi yang mampu dan mempunyai fungsi yang sama dengan vitamin C, misalnya saja vitamin D, bahkan Penelitian terakhir yang dilakukan di Australia menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi 2.000 IU vitamin D setiap hari tidak akan mudah terserang penyakit.

2. Segelas jus jeruk setiap hari dapat menjauhkan flu dan batuk
Soal mengatasi sakit flu meminum jus jeruk memang baik tapi bukan yang terbaik.
Sumber-sumber vitamin C bukan hanya pada buah jeruk saja, buah selain jeruk pun ada bahkan sama bagusnya dengan buah jeruk, misalnya saja Buah cranberry, Buah cranberry mempunyai anti-oksidan dan vitamin C sama baiknya seperti jeruk, namun jeruk tidak mempunyai nutrisi yang bernama proanthocyanidins. Nutrisi ini penting untuk membuat sel-sel pertahanan tubuh tetap terjaga.

"Meminum dua gelas jus cranberry setiap hari dapat membuat sel-sel tubuh Anda selalu terjaga. Sehingga dapat bereaksi lebih cepat ketika ada serangan virus atau bakteri," ujar Susan Percival, Ph.D yang melakukan penelitian tersebut.

3. Sup ayam adalah senjata paling ampuh untuk menyembuhkan demam dan batuk ketika flu
Ternyata sup ayam dapat melemahkan neutrophils, tipe sel darah putih yang dapat merangsang penyebaran penyakit, ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Stephen Rennard, M.D dari University of Nebraska Medical Center.

Apabila sup ayam dipadukan dengan sayuran, ayam, dan kuah sup yang bergizi merupakan kombinasi terbaik dalam menyembuhkan deman dan batuk pada flu, berdasarkan penelitian ini.

4. Minuman jahe dapat meredakan mual yang biasanya terjadi ketika flu
Belum ada penelitian yang mempatenkan bahwa jahe dan flu mempunyai hubunggan, tapi para peneliti yakin bahwa jahe mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Menurut peneliti dari University of Rochester, bahwa Satu per empat sendok teh dapat menghilangkan efek mual sebanyak 40 persen.

Sumber:
http://health.detik.com/ (dengan beberapa pengeditan)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook