Home » » 10 Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi

10 Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi

Arab Market
10 Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi -- Ibadah haji akan segera melewati puncaknya pada minggu-minggu ini. Dengan dilewatinya puncak haji, para jamaah haji juga bersiap-siap meninggalkan Arab Saudi untuk kembali ke tanah air. Namun, kesempatan berada di Arab Saudi tentu tidak disia-siakan oleh para jamaah haji, terutama jamaah haji wanita, untuk membeli oleh-oleh bagi sanak saudara di kampung halaman. Berikut ini ada 10 tempat wisata belanja di Mekkah, Madinah, dan Jeddah sebagai rekomendasi berburu oleh-oleh bagi para jamaah haji.

1.      Pasar Bab Mekkah
Meski namanya Pasar Bab Mekah, lokasi pasar ini terletak di Suhaifa, di salah satu sudutkotaJeddah, Arab Saudi. Pasar tradisional ini buka setiap pagi dan tutup menjelang shalat Dzuhur. Pasar ini merupakan lokasi favorit untuk memborong oleh-oleh karena selain barang-barang yang dijual lengkap, harganya pun murah dibandingkan dengan pasar atau pusat perbelanjaan lain.

Pasar Bab Mekkah dapat dijangkau dengan mobil dari pusatkota, jaraknya hanya 10 menit. Semua harga barang yang dijual di Pasar Bab Mekkah terjangkau dan termasuk murah dibandingkan dengan di tempat lain. Oleh karena itu, pastikan Anda mencatat semua kebutuhan Anda sebelum membeli sehingga tidak menguras isi dompet Anda.

Sebagai perbandingan harga, parfum yang dijual di Pasar Bab Mekkah misalnya, parfum Ted Lapidus, ukuran 100 ml dijual seharga 50 Riyal atau sekitar Rp150 ribu, padahal di Indonesia biasa dijual di atas Rp500 ribu. Sementara, parfum yang sama dijual di Corniche dengan harga paling murah 60 Riyal. Selain parfum, kurma nabi atau Kurma Ajwa dijual 60 Riyal per kilogram. Harga tersebut lebih murah 25% daripada yang dijual di Madinah dan Mekkah yang seharga 80 Riyal. Begitu pula dengan pewarna kuku yang seharga 15 sampai 20 Riyal, surban seharga 10 Riyal.

2.      Pasar Kurma Madinah
Jika Anda ingin berbelanja busana atau peralatan elektronik, jangan berbelanja di Madinah karena harga yang ditawarkan termasuk mahal. Akan tetapi, jika Anda mencari kurma, Madinahlah tempat yang tepat. Di Pasar Kurma Madinah dijual berbagai jenis kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 Riyal sampai 90 Riyal. Selain kurma, Anda juga dapat menemukan biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma di pasar ini. Pasar Kurma Madinah terletak sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar ini dibuka sejak pukul 7 hingga 23 malam waktu setempat pada musim haji.

3.      Pasar Zakfariah
Pasar `borong` atau Pasar Zakfariah terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Pasar tradisional ini menjual berbagai keperluan ibadah, termasuk perhiasan emas, jam tangan, dan barang-barang elektronik berupa telepon genggam.

Parapedagangnya rata-rata dapat menggunakan bahasa Indonesia walaupun dengan logat Arab. Tawar-menawar juga lazim dilakukan di pasar yang tepat waktu sholat langsung tutup dan digelar karpet untuk alas sholat di lorong-lorong jalan pasar itu.

Pasar Zakfariah disebut juga sebagai pasar `borong` karena para pembeli yang umumnya jamaah haji banyak yang berbelanja dengan memborong barang sebagai oleh-oleh dan harganya umumnya relatif di bawah harga eceran di pasar lainnya.

4.      Pusat perbelanjaan Bin Dawood
Pusat perbelanjaan ini terletak di daerah Aziziyah, Misfalah, Sulaymaniyah, dan Ajyad. Berbagai barang dan kebutuhan dijual di tempat tersebut dengan harga yang bersaing.
Seperti halnya di supermarket diIndonesia, diskon menarik bisa didapatkan di tempat belanja ini apabila Anda membeli barang dalam jumlah besar. Jika satu potong gamis yang dijual di toko-toko busana di sekitar Masjidil Haram dibanderol dengan harga 40 riyal, Anda dapat membeli satu kodi (20 potong) baju yang sama di Bin Dawood dengan harga 20 riyal per potong.

5.      Pasar Seng
Lokasi belanja yang dapat memuaskan pengunjung yang tengah mencari cindera mata berupa emas dan perak dikenal di antara jamaah haji asal Indonesiadengan nama Pasar Seng. Pasar ini terletak di dekat Masjidil Haram. Orang Arab sering menyebut pasar ini dengan nama Suqudz Dzahab. Namun, kabarnya karena perluasan Masjidil Haram, pasar ini ikut digusur.

6.      Pasar Ukaz
Pasar Ukaz banyak menjual berbagai jenis buah kurma. Pasar ini terletak dikotaMekkah. Dulu, Pasar Ukaz merupakan pusat perdagangan masyarakat Mekkah yang selalu ramai. Namun sekarang pasar ini agak sepi pengunjung. Luas Pasar Ukaz lebih kecil dibandingkan dengan Pasar Aziziyah.

7.      Balad
Salah satu kawasan yang bisa menjadi surga bagi pebelanja adalah Balad. Selain memiliki pusat perbelanjaan kelas tinggi yang menawarkan produk terbaru dari merek fesyen ternama dariMilandanParis, kawasankotatua di Jeddah ini juga dipadati pedagang tradisional dan pasar terbuka yang menawarkan aneka produk fesyen dan souvenir dengan harga relatif murah.

Pada malam hari, pusat perbelanjaan ini padat oleh pengunjung. Kepadatan pusat perbelanjaan yang terletak di daerah Corniche ini memuncak selama musim haji karena jamaah haji biasanya menyempatkan diri mampir ke Jeddah untuk membeli buah tangan.
Karpet, abaya, aneka merk minyak wangi dengan kemasan unik, tasbih, sajadah, jam tangan, aneka produk kulit, kerudung, pasmina, hingga celak mata dan hena bisa dibeli di pusat perbelanjaan yang setiap waktu shalat tiba ditutup beberapa saat ini.

Sebagian besar barang yang dijual di pasar ini diimpor dari negara lain sepertiIndia,Pakistan,Bangladesh, dan tentu saja, Cina. Hampir semua produk suvenir yang dijual di pasar Balad, termasuk tasbih dan kaligrafi, merupakan barang impor dari Cina. Barang-barang impor dari Cina ini rata-rata dijual grosiran dan harganya sangat murah. Harga satuan tasbih batu aneka warna hanya 1 riyal dan harga satuan aneka dompet kulit hanya antara 10 hingga 15 riyal.

Di Balad, harga jual setiap produk sangat bervariasi sesuai dengan kualitasnya dan bisa ditawar. Sebagian pedagang juga bisa berbahasaIndonesiameski terbatas pada angka-angka sehingga pengunjung asalIndonesiayang tidak bisa berbahasa Arab tetap bisa melakukan tawar menawar harga.

Di antara toko-toko di Balad, Toko Ali Murah merupakan toko yang paling banyak didatangi jamaah hajiIndonesia. Meski namanya Ali Murah, namun harga barang yang dijual di toko ini sebenarnya relatif lebih mahal dibandingkan harga barang di toko yang lain. Jamaah hajiIndonesiarata-rata lebih memilih berbelanja di toko ini karena transaksi bisa dilakukan dengan bahasa Indonesia dan pembayaran dapat dilakukan dengan Rupiah. Semua pelayan di toko ini orangIndonesia, si empunya toko pun fasih berbahasaIndonesia.

8.      Haraj al-Sawarikh
Selain Balad, pusat belanja murah juga ada di kawasan Haraj Al-Sawarikh, sebuah los pasar panjang yang menjual aneka barang baru dan bekas. Karpet, lampu kristal, barang pecah belah, kosmetik, barang elektronik, produk fesyen dan souvenir banyak dijual di kawasan ini. Jika pandai menawar dan memilih, Anda dapat mendapatkan barang bagus dengan harga murah di sini.

9.      Tahlia street
Tahlia Streetberada di tengah Kota Jeddah. Anda dapat berbelanja di pusat perbelanjaan dan butik yang menjual produk-produk fashion ternama dunia seperti Prada, Gucci, dan Giorgio Armani. Harganya tentu ratusan hingga ribuan riyal per item. Kawasan ini disebut-sebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di Arab Saudi.

10.  Falestin street
Jika Anda ingin berbelanja produk elektronik,Falestin Streettempatnya. Di kanan kiri jalan ini berjajar toko-toko yang menjual aneka merk telepon genggam, kamera, MP3, MP4, MP5 dan komputer jinjing beserta aksesorisnya.

Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga barang elektronik di tanah air. Selisih harganya berkisar antara puluhan ribu rupiah hingga Rp1 juta.

Senangnya berbelanja oleh-oleh untuk sanak saudara di tanah air dapat menjadi momen istimewa bagi Anda. Sampaikanlah kebahagiaan tersebut dengan mengirimkan foto atau sekadar berkomunikasi oleh-oleh apa yang tepat untuk kerabat Anda.

Untuk memudahkan komunikasi Anda dengan keluarga dan rekan di tanah air, Anda dapat menggunakan layanan Indosat Haji. Dengan Indosat Haji, roaming di tanah suci, tak perlu khawatir. Anda dapat dengan mudah dan murah mengakses internet, Blackberry, telepon dan SMS.

Promo tarif menarik dapat Anda nikmati mulai dari Gratis 1 Menit setelah Nelpon 2 Menit, Akses Blackberry dan internet hanya Rp19.000/hari.
Dengan menggandeng operator STC (Saudi Telecom Company) yang merupakan jaringan terluas di Arab Saudi, Indosat memastikan komunikasi Anda dengan keluarga di tanah air lancar tanpa hambatan. Program Indosat Haji berlaku untuk pelanggan prabayar dan pascabayar dan untuk mengaktifkannya, Anda perlu melakukan setting secara manual HP, smartphone, atau tablet Anda. Setelah mensetting, Anda harus memilih jaringan ALJAWAL/STC/KSA01/420-01 setelah berada di Arab Saudi.

Selain kemudahan dalam berkomunikasi, Anda juga dapat menikmati berbagai informasi dan serba-serbi haji secara GRATIS dengan mengakses  *123# atau *122*1*3#  dengan tarif Rp2000/minggu. Layanan ini dapat diaktifkan pada saat berada di Arab Saudi atau Indonesia.

Selain kemudahan dalam berkomunikasi, Anda juga dapat menikmati berbagai informasi seputar ibadah haji secara GRATIS dengan mengakses  *123# atau *122*1*3#  dengan tarif Rp2000/minggu. Layanan ini dapat diaktifkan pada saat berada di Arab Saudi atau Indonesia.

Selamat berbelanja dan semoga kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur.

Sumber : 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 4 Responses so far.

11 November 2012 pukul 09.12

wuih,,,saya pesen kurma sama air zam-zam donk sob,,,hehehee...jangan lupa ya....

11 November 2012 pukul 09.24

@ants kakasy minta uang transporx gan heheh...

11 November 2012 pukul 13.35

wah jadi pengen kesana

15 November 2012 pukul 00.50

1 lagi yang musti di kunjungi apalagi nyari buat oleh-oleh keluarga, di toko ali murah,. di jamin harganya terjangkau

Posting Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup