Home » » KPK dan Negeri Koruptor (Sebuah Nasihat)

KPK dan Negeri Koruptor (Sebuah Nasihat)

KPK dan POLRI
Berita Seputar KPK dan POLRI

Pertanyaan:


Bismillah

KPK dan Negeri Koruptor (Sebuah Nasihat) -- Seperti yang sedang kita dengar, carut-marut media masa dijejali dengan fenomena benturan POLRI dan KPK. Pihak POLRI merasa terancam kemudian mereka berusaha memeja hijaukan Kompol Novel Basweidan. Masalahnya lagi-lagi soal korupsi. Seolah sejak dulu tidak pernah ada habisnya. Bagaimanakah sikap kita sebagai rakyat biasa? Mohon tanggapannya.

Jawaban:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, wa ba’du

Permasalahan yang Anda sampaikan, termasuk pertanyaan kelas besar. Menyangkut stabilitas masyarakat dan negara. Tidak sembarang orang boleh memberikan fatwa dan penilaian. Yang layak memberikan fatwa beserta penjelasan hukumnya adalah mereka yang sudah pada taraf ulama. Memberikan komentar serampangan, yang menyangkut massalah stabilitas nasional, termasuk sikap orang munafik. Allah berfirman:

وَإِذَا جَاءَهُمْ أَمْرٌ مِنَ الْأَمْنِ أَوِ الْخَوْفِ أَذَاعُوا بِهِ وَلَوْ رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَى أُولِي الْأَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ الَّذِينَ يَسْتَنْبِطُونَهُ مِنْهُمْ

“Apabila datang kepada mereka suatu berita menyangkut keamanan atau ancaman ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri).” (QS. An-Nisa: 83)

Isu pemerintahan termasuk masalah besar. Sikap yang tepat adalah menyerahkan kepada yang berhak dan tidak mudah berkomentar. Karena itu, keterangan yang kami sebutkan di sini hanya sebatas nasihat ringan dari seorang muslim kepada saudara muslim yang lain. Semoga bermanfaat dan bisa diterima dengan baik.

Pertama, sesungguhnya pemimpin adalah cermin dari rakyatnya.

Seolah telah menjadi sunatullah, bahwa pemimpin yang ditunjuk untuk mengatur suatu rakyat, sifatnya tidak jauh dari rakyatnya. Karena pada awalnya setiap pemimpin adalah rakyat, yang kemudian dia ditunjuk untuk mengurusi msyarakatnya.

Oleh karena itu, jika kita berharap ingin memiliki pemimpin yang baik, jadilah rakyat yang baik. Sebaliknya, ketika umumnya rakyat adalah masyarakat yang “cacat mental”, hampir bisa dipastikan, pemimpinnya tidak jauh dari sifat itu.

Untuk itu, boleh saja Anda mengatakan: ‘wajar saja banyak petinggi Indonesia yang korup, karena memang rakyatnya juga suka korup dan makan harta haram’

Allah berfirman:

وَكَذَلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِينَ بَعْضًا بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Demikianlah kami jadikan sebagaian orang zalim sebagai pemimpin bagi orang zalim yang lain, disebabkan perbuatan maksiat yang telah mereka lakukan.” (QS. Al-An’am: 129).

Mari kita perhatikan, sebab utama Allah menunjuk orang zalim sebagai pemimpin adalah perbuatan maksiat yang pernah dilakukan oleh rakyatnya. Karena sejatinya, perbuatan maksiat termasuk bentuk kezaliman.

Mengapa Harus Pemimpin yang Zalim?

Ya, keberadaan pemimpn zalim yang menguasai urusan mereka, akan menjadi hukuman dunia bagi rakyatnya yang juga telah melakukan kezaliman dengan berbagai maksiat.

Dari sinilah para ulama mengatakan:

كما تكونون يولى عليكم عمالكم أعمالكم

“Sebagaimana kondisi kalian, maka seperti itulah pemimpin yang akan mengatur kalian. Pemimpin kalian itu sesuai dengan amal kalian.”

Keterangan ini diriwayatkan al-Qudhai dalam Musnad asy-Syihab dari Hasan al-Basri, dari Abu Bakrah al-Anshari, secara marfu’ (dengan mencantumkan nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). Namun yang benar, ini bukan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana keterangan as-Sakhawi dalam al-Maqasid al-Hasanah.

Kalimat ini benar secara makna, meskipun bukan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Disamping itu, dikuatkan oleh beberapa dalil lainnya.

Diriwayatkan al-Baihaqi dari Ka’b al-Akhbar, beliau mengatakan:

إن لكل زمان ملكا يبعثه الله على نحو قلوب أهله ؛ فإذا أراد صلاحهم بعث عليهم مصلحا ، وإذا أراد هلاكهم بعث عليهم مترفيهم

“Sesungguhnya di setiap zaman ada pemimpin yang Allah tunjuk sesuai dengan keadaan hati masyarakatnya. Jika Allah hendak memperbaiki masyarakat ini maka Allah tunjuk pemimpin yang baik. Dan jika Allah hendak membinasakan mereka, Allah tunjuk pemimpin yang zalim. (Syuabul Iman Al-Baihaqi, 9:491).

Ibnul Qoyim dalam Miftah Dar As-Sa’adah mengatakan:

وتأمل حكمته تعالى في أن جعل ملوك العباد وأمراءهم وولاتهم من جنس أعمالهم بل كأن أعمالهم ظهرت في صور ولاتهم وملوكهم فإن استقاموا استقامت ملوكهم وإن عدلوا عدلت عليهم وإن جاروا جارت ملوكهم وولاتهم وإن ظهر فيهم المكر والخديعة فولاتهم كذلك وإن منعوا حقوق الله لديهم وبخلوا بها منعت ملوكهم وولاتهم ما لهم عندهم من الحق وبخلوا بها عليهم

“Renungkanlah hikmah Allah Ta’ala, dimana Dia menjadikan pengusaha para hamba-Nya, pemimpin mereka, yang sejenis dengan amal perbuatan mereka. Bahkan amal perbuatan mereka, nampak dalam sikap pemimpin dan penguasa mereka. Jika para hamba bisa istiqamah, maka pemimpin mereka akan istiqamah, sebaliknya, jika mereka menyimpang maka pemimpin mereka juga akan menyimpang. Jika mereka berbuat zalim, pemimpin mereka juga berbuat zalim, jika rakyat suka menipu maka pemimpin mereka juga sama. Jika rakyat tidak mau menyerahkan hak-hak Allah yang menjadi kewajiban mereka maka pemimpin akan menghalangi mereka untuk mendapatkan hak rakyat dan bersikap bakhil terhadap rakyat…” (Miftah Dar as-Sa’adah, 1:253).

Saatnya memulai perbaikan dari diri kita masing-masing. Jika kita berharap memiliki pemimpin yang bebas korupsi, bebas kezaliman, perhatian terhadap rakyat kecil, aspiratif, berupaya mewujudkan syariat Islam, dan seabreg harapan lainnya, maka hadapkan satu pertanyaan untuk diri Anda. Sudahkah Anda melakukan melakukan hal itu secara personal?

Kedua, perbanyak memohon kepada Allah, agar Dia memberi hidayah dan taufiq bagi pemimpin kita.

Kebiasaan semacam ini telah menjadi ciri ahlus sunah sejak masa silam. Meskipun bisa jadi ada pemimpin mereka yang zalim, mereka berusaha untuk tetap mendoakan kebaikan bagi pemimpinnya.

Imam al-Barbahari mengatakan:

وإذا رأيت الرجل يدعو على السلطان فاعلم أنه صاحب هوى وإذا سمعت الرجل يدعو للسلطان بالصلاح فاعلم أنه صاحب سنة إن شاء الله

“Jika Anda melihat ada orang yang mendoakan keburukan untuk pemimpin, ketahuilah bahwa dia adalah pengikut hawa nafsu (aqidahnya menyimpang). Dan jika Anda melihat ada orang yang mendoakan kebaikan untuk pemimpin, ketahuilah bahwa dia Ahlus Sunah, insya Allah.” (Syarh as-Sunnah, Hal. 51).

Selanjutnya, al-Barbahari membawakan riwayat perkataan seorang ulama besar, Fudhail bin Iyadh rahimahullah, yang memberikan nasihat:

لو كان لي دعوة مستجابة ما جعلتها الا في السلطان

“Andaikan saya memiliki satu doa yang pasti terkabulkan, tidak akan aku ucapkan kecuali untuk mendoakan kebaikan pemimpin.”

Kemudian ada orang yang bertanya, mengapa harus demikian? Beliau menjawab:

إذا جعلتها في نفسي لم تعدني وإذا جعلتها في السلطان صلح فصلح بصلاحه العباد والبلاد فأمرنا أن ندعو لهم بالصلاح ولم نؤمر أن ندعو عليهم وإن جاروا وظلموا لأن جورهم وظلمهم على أنفسهم وصلاحهم لأنفسهم وللمسلمين

“Jika doa itu hanya untuk diriku, tidak akan kembali kepadaku. Namun jika aku panjatkan untuk kebaikan pemimpin, kemudian dia jadi baik, maka masyarakat dan negara akan menjadi baik. Kita diperintahkan untuk mendoakan kebaikan untuk mereka, dan kita tidak diperintahkan untuk mendoakan keburukan bagi mereka, meskipun mereka zalim. Karena kezaliman mereka akan ditanggung mereka sendiri, sementara kebaikan mereka akan kembali untuk mereka dan kaum muslimin.” (Syarh as-Sunnah, Hal. 51).

Allahu a’lam

Ditulis oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina KonsultasiSyariah.com)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 64 Responses so far.

10 Oktober 2012 09.34

sampai kapan para koruptor akan usai di negeri ini... sehingga KPK pun akan di bunuh oleh mereka.... SAVE KPK, SAVE INDONESIA....

10 Oktober 2012 10.41

Penghapusan kkn di indo itu paling sulit klw mnurut saya,,.,, :D
BUTUH KESADARAN MASING2!

10 Oktober 2012 11.19

takut indonesia dibinasakan Allah krn pemimpin/rakyatnya ga jauh sikapnya, suka berbuat jahat (korupsi misalnya)

10 Oktober 2012 15.03

koruptor semakin merajarela, kapan berakhirnya????
ingatlah pada rakyat kecil..

10 Oktober 2012 15.10

KPK adalah alat satu2nya di negera kita untuk membersihkan para koruptor yang masih banyak saat ini :)

10 Oktober 2012 16.39

koruptor akan terus hidup dan semakin merajalela manakala hukum tidak ditegakkan secara adil

10 Oktober 2012 17.29

Semoga kedepannya Indonesia akan bisa jadi lebih baik lagi sahabat aamiin

10 Oktober 2012 19.30

Seandainya pemimpin seperti Umar bin Khattab mungkin korupsi di negeri ini tdk mungkin terjadi ...

apanya cba alasanya pejabat" ini menjadi pemimpin? klo hnya ingin korupsi

10 Oktober 2012 20.19

koruptor..koruptor oh koruptor
sudah menjadi tradisi di negri ini...

11 Oktober 2012 00.31

jadikan indonesia bersih dari korupsi.. siapa yg bisa hayo??

11 Oktober 2012 03.08

semoga saja di negeri kita tercinta bisa menghilangkan sedikit demi sedikit kebiasaan PARA KORUPTOR itu.

11 Oktober 2012 14.37

mulai dari diri sendiri :)

11 Oktober 2012 15.02

ya ALLAH sadarkanlah mereka yang korupsi.. udah berapa bnyak uang rakyat yang dia ambil.. kasihan rakyat yang kurang mampu

11 Oktober 2012 20.23

masalah koruptor, kpk, polri, atau lembaga instansi lainnya yg udah seleweng2an, aku ogah ngoment apa2 ah, urusin aja tuh diut haram.

11 Oktober 2012 20.33

tes..!

11 Oktober 2012 21.22

Save KPK!!!

11 Oktober 2012 22.21

Ane golput ajalah,,kepemimpinan diseluruh negeri islam pada ga ada yang memihak rakyat,,,

12 Oktober 2012 00.59

KPK VS POLISI...sesama jeruk dilarang memeras .....betuk gak gan???//

12 Oktober 2012 11.22

Keren, s0b! Referensinya komplit... Ctrl+D dulu ea... Mau jum'atan ... *smile

12 Oktober 2012 16.15

belum bisa damai juga.

http://baguspost.blogspot.com

12 Oktober 2012 19.20

ngasent lagi nih sob.. :D wah.. form komentnya style baru nih.. :D cuiit cuit :D

12 Oktober 2012 19.26

Melalui blogger kita bisa juga mendukung KPK :)

12 Oktober 2012 19.26

KPK kemana presiden kita :D

12 Oktober 2012 20.36

@Ehwansah Jailanisy gk tau soal 'bunuh-membunuh' tp semoga aja KPK dan polisi bs bekerja sama menumpas Korupsi...! *smile

12 Oktober 2012 20.49

@Blogadexmebenar banget sob.., mulailah dr diri sendiri... *smile

12 Oktober 2012 20.50

@catatan-r10.comiya sob.., smg aja Indonesia bs lbh baik lg setelah kejadian ini.., Aamiin..

12 Oktober 2012 20.52

@Obat Penyakit Kanker Ususiya sob..., smg aja para koruptor bs 'dibasmi' Aamiin...

12 Oktober 2012 20.53

@Abed Saragihiya sob emank KPK sdh terbukti tp KPK gk bs bekerja sendiri, mgkn baikx KPK dan polisi saling menguatkan/bekerja sama..... *smile

12 Oktober 2012 21.23

@muroi-elbarezysetuju sob..! *smile

12 Oktober 2012 21.24

@Blog KeperawatanAamiin3 ya Allah...

12 Oktober 2012 21.25

@Limit Komputeriya sob benar...!, tp msh ada ko pemimpin yg baik walaupun sedikit *smile

12 Oktober 2012 21.25

@Aldio Blogtradisi yg hrs diilangkan..! *smile

12 Oktober 2012 21.26

@Icahbanjarmasinsemoga Aamiin....

12 Oktober 2012 21.26

@Nurmayanti Zainyups...! benar banget.., diri sendiri keluarga akhirx menjalar2 menjadi masyarakat... *smile

12 Oktober 2012 21.27

@Nasyukha FreeStyleAamiin3 ya Allah...

12 Oktober 2012 21.27

@Rudy ArraKPK dan semua elemen yg bs membantu menumpas korupsi...! *smile

12 Oktober 2012 21.28

@rahasia suksesmsh ada tp hny sebagian kecil..! *smile

12 Oktober 2012 21.28

@mahbub ikhsanseharusx saling membantu.., betul gk gan..?? *smile

12 Oktober 2012 21.29

@eksaksilahkan sob..!

12 Oktober 2012 21.29

@Baguspostsemoga bs Aamiin..

mf blogx gk bs kebuka..! *smile

12 Oktober 2012 21.29

@Unlimit -Softthx sdh hadir lg...! *smile

12 Oktober 2012 21.30

@Abed Saragihayoo..! *smile

12 Oktober 2012 21.30

@kaze katesy gk tau heheh...

12 Oktober 2012 21.35

@Paling Asikmulailah dr diri sendiri dan org terdekat kita... *smile

12 Oktober 2012 21.38

@Unlimit -Softberdoa aja lah sob klo gitu...! *smile

13 Oktober 2012 17.22

kalo udah gini mau diapakan lagi ya sob negeri ini? -_-"
cuma bisa geleng-geleng kpala kalo ane :v

14 Oktober 2012 06.38

Ngurusin koruptor itu sama seperti bersihin rumah.. dibersihin eh besoknya dateng lagi... ARRGGGHH

14 Oktober 2012 09.56

absent siang sob.. :D supaya gk telat masuk kelas.. :D

14 Oktober 2012 13.16

kapan negeri kita bebas dari korupsi yah?

14 Oktober 2012 14.43

apa mungkin besok suatu saat, korupsi jadi pelajaran IPS dan PKn yah?

14 Oktober 2012 19.06

semoga kejujuran di negeri ini bisa menghilangkan segala kebatilan yang ada :)

15 Oktober 2012 08.08

@Cirebon-Cyber4rtkita sebagai rakyat gk tau apa2 soal politik dan pemerintahan bisax yg terbaik hny Berdoa.., *smile

15 Oktober 2012 08.09

@Arriyadh Prayugoemank bukan hal sepele ngurisin hal ini jd baikx tetap berdoa aja.. *smile

15 Oktober 2012 08.10

@Unlimit -Softthx ya.. *smile

15 Oktober 2012 08.10

@sewa mobil murahmulai dr diri sediri dlu lah sob.. *smile

15 Oktober 2012 08.11

@Underground404sebeanrx sdh masuk dlm PPKn yaitu pelajran moral... *smile

15 Oktober 2012 08.11

@BlogS of HariyantoAamiin3....

15 Oktober 2012 15.29

Kita yg hanya melihat di layar televisi aja sangat miris sob...
Semoga korupsi di Indonesia secepatnya akan berakhir, agar negeri ini selalu penuh berkah, amin ya Allah.. :)

24 Oktober 2012 12.56

templatenya makin mantap saja sobat, apa sih rahasianya yah, saya jadi kepengin memiliki template seperti ini.

24 Oktober 2012 13.09

@penyuluh perikanantemplate ini sy ambil disini mas..,

http://www.maskolis.com/

langsung aja ke lokasi disana bnyak yg keren2.. *smile

28 Oktober 2012 06.49

keren...

25 November 2012 14.08

Agar mendapatkan pemimpin yang baik sepatutnya kita semua harus mampu memperbaiki akhlak kita dengan baik agar Allah SWT memberikan pemimpin2 yang bijaksana dan adil bagi kita semua. Insya Allah ini akan segera terwujud

2 Desember 2012 19.56

^_^ Indonesia sudah diwarisi kemalasan oleh belanda, jadi kalo usaha itu maunya yang serba instant, terbukti nyuci pun pada banyak yang bermimpi pakai mesin cuci, cara cari uang seperti yang internet marketing atau bisnis online pun maunya yang serba instant seperti bikin blog judi, blog TOGEL, apalagi blog BOGEL, (astagfirulloh).

dan para pemimpinya pun sama ingin instant kalo dapatkan uang itu, rasanya sayang sekali gelar sudah sarjana, S1, S2, S3. tapi malah menggunakan kepintaranya itu untuk kelicikan... untuk yang mungkar. duh kiamat sudah dekat. ketika yang halal diharamkan dan yg halal diharamkan sudah meraja rela...

semoga kita termasuk orang2/golongan yang selamat dunia wa akhirat. aamiin

2 Desember 2012 20.12

@kaze kateAamiin....

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup