Home » , » Hukum Shalat Jumat Pada Hari Ied

Hukum Shalat Jumat Pada Hari Ied

Share this post on:
 Bila hari Ied Jatuh pada Hari Jum’at
Hukum Shalat Jumat Pada Hari Ied - Telah kita ketahui bersama bahwa Islam memiliki tiga hari raya, yakni: Idul Fithri, Idul Adha, dan hari raya pekanan, yakni hari Jum’at.

Sesuai dengan hasil sidang Itsbat yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Oktober 2012 bahwa Idhul Adha jatuh pada hari Jumat tanggal 26 Oktober 2012 ini berarti dua hari raya tepat bersamaan, lalu bagaimana Islam memandang hal ini, apa hukum-hukumnya apabila dua hari raya bertemu terkhusus Hukum shalat Jumat.

Terdapat beberapa hadits yang berbicara mngenai hal ini, disini admin hanya menukilkan sebagian dari hadits-hadits tersebut. Antara lain : 

Pertama, hadis Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu, bahwa Muawiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhu pernah bertanya kepadanya: “Apakah anda pernah mengikuti hari raya yang bertepatan dengan hari jumat di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?” “Lalu apa yang beliau lakukan?” Jawab Zaid:

صلى العيد ثم رخص في الجمعة، فقال: من شاء أن يصلي فليصل
“Beliau shalat id, dan memberi keringanan untuk tidak shalat jumat. Beliau berpesan: ‘Siapa yang ingin shalat jumat, hendaknya dia shalat.’” (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasai, ibn Majah, Ad-Darimi).

Kedua, hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

قد اجتمع في يومكم هذا عيدان، فمن شاء أجزأه من الجمعة، وإنا مجمعون
“Pada hari ini terkumpul dua hari raya (jumat dan id). Siapa yang ingin shalat hari raya, boleh baginya untuk tidak jumatan. Namun kami tetap melaksanakan jumatan.” (HR. Abu Daud, Ibn Majah, Ibnul Jarud, Baihaqi, dan Hakim).

Ketiga, hadis dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan:

اجتمع عيدان على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم فصلى بالناس ثم قال: من شاء أن يأتي الجمعة فليأتها ومن شاء أن يتخلف فليتخلف
Pernah terkumpul dua hari raya dalam sehari di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau mengimami shalat id, dan berkhutbah: “Siapa yang ingin jumatan, silahkan datang jumatan. Siapa yang ingin tidak hadir jumatan, boleh tidak hadir.” (HR. Ibn Majah).

Keempat, dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa terkumpul dua hari raya di hari jumat, beliau berkhutbah setelah shalat id:

من أراد أن يجمع فليجمع، ومن أراد أن يجلس فليجلس
“Siapa yang ingin menghadiri jumatan, silahkan datang. Siapa yang ingin tetap di rumah, silahkan duduk di rumahnya (tidak berangkat jumatan).” (HR. Ibn Abi Syaibah dan Abdur Razaq).

Kesimpulan.
Berdasarkan beberapa hadis diatas, beserta keterangan dan praktek sejumlah sahabat radhiyallahu ‘anhum, serta pendapat yang dianut oleh mayoritas ulama, maka ada 7 (tujuh) point hukum shalat Jumat adalah sebagai berikut:
 
1. Orang yang telah menghadiri shalat id, mendapat keringanan untuk tidak menghadiri jumatan. Dan dia wajib shalat dzuhur setelah masuk waktu dzuhur. Akan tetapi jika dia tidak mengambil keringanan, dan ikut shalat jumat maka itu lebih utama.

2. Orang yang tidak menghadiri shalat id maka tidak termasuk yang mendapatkan keringanan ini. Karena itu, kewajiban jumatan tidak gugur baginya, sehingga dia

3. Wajib berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat jumat. Jika di masjid tempatnya tidak ada shalat jumat maka dia shalat dzuhur.

4. Wajib bagi takmir masjid atau petugas jumatan untuk mengadakan jumatan di masjidnya, untuk menyediakan sarana bagi mereka yang tidak shalat id atau orang yang ingin melaksanakan jumatan. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam khutbahnya: “Namun kami tetap melaksanakan jumatan” sebagaimana disebutkan dalam hadis-hadis di atas.

5. Orang yang shalat id dan mengambil keringanan untuk tidak jumatan, dia wajib shalat dzuhur setelah masuk waktu dzuhur.

6. Tidak disyariatkan mengumandangkan adzan di hari itu, kecuali adzan di masjid yang diadakan shalat jumat. Karena itu, tidak disyariatkan melakukan adzan dzuhur di hari itu.
 
7. Pendapat yang menyatakan bahwa orang yang shalat id maka gugur kewajibannya untuk shalat jumat dan shalat dzuhur pada hari itu, adalah pendapat yang tidak benar. Oleh sebab itu, para ulama menghindari pendapat ini, dan menegaskan salahnya pendapat ini, karena bertentangan dengan ajaran dan menganggap ada kewajiban yang gugur tanpa dalil.
 

Khusus untuk Point 2 dibaca lanjut ke point 3
Semoga bermanfaat.

Diringkas dari :
http://www.konsultasisyariah.com/kesimpulan-hukum-untuk-hari-raya-di-hari-jumat/#axzz2AGoFh9dOallallahu ‘alaihi wa sallam, keterangan dan praktek sejumlah sahabat radhiyallahu ‘anhum, serta pendapat yang dianut oleh mayoritas ulama, maka Lajnah Daimah memutuskan hukum berikut:
  1. Orang yang telah menghadiri shalat id, mendapat keringanan untuk tidak menghadiri jumatan. Dan dia wajib shalat dzuhur setelah masuk waktu dzuhur. Akan tetapi jika dia tidak mengambil keringanan, dan ikut shalat jumat maka itu lebih utama.
  2. Orang yang tidak menghadiri shalat id maka tidak termasuk yang mendapatkan keringanan ini. Karena itu, kewajiban jumatan tidak gugur baginya, sehingga dia
  3. wajib berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat jumat. Jika di masjid tempatnya tidak ada shalat jumat maka dia shalat dzuhur.
  4. Wajib bagi takmir masjid atau petugas jumatan untuk mengadakan jumatan di masjidnya, untuk menyediakan sarana bagi mereka yang tidak shalat id atau orang yang ingin melaksanakan jumatan. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam khutbahnya: “Namun kami tetap melaksanakan jumatan” sebagaimana disebutkan dalam hadis-hadis di atas.
  5. Orang yang shalat id dan mengambil keringanan untuk tidak jumatan, dia wajib shalat dzuhur setelah masuk waktu dzuhur.
  6. Tidak disyariatkan mengumandangkan adzan di hari itu, kecuali adzan di masjid yang diadakan shalat jumat. Karena itu, tidak disyariatkan melakukan adzan dzuhur di hari itu.
  7. Pendapat yang menyatakan bahwa orang yang shalat id maka gugur kewajibannya untuk shalat jumat dan shalat dzuhur pada hari itu, adalah pendapat yang tidak benar. Oleh sebab itu, para ulama menghindari pendapat ini, dan menegaskan salahnya pendapat ini, karena bertentangan dengan ajaran dan menganggap ada kewajiban yang gugur tanpa dalil.
Allahu a’lam, wa shallallahu ‘ala nabiyyina muhammadin wa aalihii wa shahbihii wa sallam..


Read more about Ibadah by www.konsultasisyariah.com
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 157 Responses so far.

25 Oktober 2012 12.34

ulasannya mantaf stadz..... :)

25 Oktober 2012 13.11

@cii yuniatysmg bermanfaat.., mf sy bukan ustadz... *smile

25 Oktober 2012 13.52

sebagai laki2 tetap saja waktu sholat wajib musti ke masjid, jadi besok tinggal ngikut masjidnya ngadain sholat jumat/dzuhur

25 Oktober 2012 14.34

jadi boleh gak jumatan tapi harus melakukan sholat dzuhur dong gitu ya :)

25 Oktober 2012 15.10

owh, dulu juga pernah hari raya idul fitri bertepatan hari jum'at, tapi lebih dianjurkan shalat jum'at ya ???

25 Oktober 2012 15.45

@catatan-r10.comklo shalat dhuhur emank tetap wajib dikerjakan beda klo jumat ada keringan cz telah mengikuti shalat ied..., wallahu a'lam....

25 Oktober 2012 15.46

@Limit Postbenar sob..! *smile

25 Oktober 2012 15.47

@Yousake NKRIshalat jumat boleh tetap dikerjakan dan boleh jg tdk hrs dikerjakan yg wajib itu adalah shalat dhuhurx, wallahu a'lam *smile

25 Oktober 2012 15.49

bermanfaat sekali nih sob infonya, jujur saya juga rada2 bingung, mengenai hukum shalat jumat yg bertepatan dengan hari ied

"nice share dan selamat hari raya idul adha 1433"

25 Oktober 2012 16.06

@bocah kampoenkselamat hari raya idul adha 1433 H"
“taqabbalallahu minna wa minkum”. *smile

25 Oktober 2012 17.32

jd walaupun ga ikut sholat jumat ga apa2 ya kawan. tp wajib melaksanakan sholat dzuhur ya..

makasih infonya kawan...

25 Oktober 2012 19.00

wah makasih infonya ya sobat..

25 Oktober 2012 19.59

jadi tau sekarang..thanksinfonya sob..
"happy blogging"..

25 Oktober 2012 21.16

kalo saya sih tetep sholat jum'at sob :)

25 Oktober 2012 21.25

@Nakusaniya sob...,sama2... *smile

25 Oktober 2012 21.30

@Herman Bagussama2 kawan, makasih jg sdh mampir *smile

25 Oktober 2012 21.31

@tovasama2 kawan, makasih jg sdh mampir *smile

happy blogging...

25 Oktober 2012 21.32

@Cirebon-Cyber4rtiya sob itu emank lbh utama... *smile

25 Oktober 2012 22.29

Met Hari Raya Idul Adha aja dech, lam kenal and happy blogging!!!

26 Oktober 2012 02.40

Manteb sobat...

selamat hari raya idul adha 1433 H

26 Oktober 2012 05.11

oh begitu yah, tapi walaupun boleh tidak shalat jum'at sebaiknya tetap melaksanakan shalat jum'at biar tambah banyak pahalanya.

26 Oktober 2012 07.34

balik lagi mas sekedar mengucapkan

Selamat hari raya idul adha 1433 H :D

26 Oktober 2012 07.55

Haditsnya shahih kan bang?....Alhamdulillah sya dpt pencerah ....

Asyik bleh donk bjalana ....

terima kasih bnya nch bang, artikel ini sngat membantu ...


Selamat hari ray idul adha ...

26 Oktober 2012 08.15

Mantap postnya, nambah pengetahuan lagi neh!

26 Oktober 2012 09.08

Selamat hari raya idul adha sobat, mohon maaf lahir batin... :)

26 Oktober 2012 09.33

wahh,, banyak belajar disini pak,, selamat hari raya idul adha 1433 H

26 Oktober 2012 10.00

Klw di tp sy,karena perayaan hari raya qurban jatuh bertepatan di hari jumat... Penyembelihan hewan qurban nya di lakukan esok...ada sebagian yg melakukan hari ini...

Di karenakan masjid pd hari ini...di pakai utk ibadah shalat jumat.. :)

Info yg bermanfaat sob... :)
Selamat hari raya idul adha 1433 h..mohon mav lahir n bathin :)

26 Oktober 2012 10.07

makasih ya kawan.. jadi selalu bertambah ilmu ane selalu datang kesini... tentang islam...

26 Oktober 2012 10.13

gan itu yang noomr 2 sama 3 nyambung apa kepisah ya heheh sory klo protes
thx infonya, Selamat Hari Raya idul Adha :D

26 Oktober 2012 10.14

@Sukses Berbisnis Affiliasi
Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

"Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

“Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

*smile

26 Oktober 2012 10.15

@Bang Dayat
Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

"Taqabbalallahu minna wa minkum,
*smile

26 Oktober 2012 10.15

@Mr.DHIiya benar banget..! *smile

26 Oktober 2012 10.15

@Limit Postsama2 sob..

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

"Taqabbalallahu minna wa minkum

*smile

26 Oktober 2012 10.16

@Limit Komputershohih..! *smile

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

Taqabbalallahu minna wa minkum

*smile

26 Oktober 2012 10.16

@Ady Blinksemoga bermanfaat ya.. *smile

26 Oktober 2012 10.17

@vmediakomsama2 sob..!

Rohis Facebook mengucapkan..

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

Taqabbalallahu minna wa minkum

*smile

26 Oktober 2012 10.17

@Contoh Desain Spanduksama2 sob..!

Rohis Facebook mengucapkan..

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

"Taqabbalallahu minna wa minkum,

*smile

26 Oktober 2012 10.18

@budi os 19
Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

"Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

“Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

*smile

26 Oktober 2012 10.18

@Ehwansah Jailanisama2.., terima kasij jg sdh mampir.... *smile

26 Oktober 2012 10.20

@Benny Dwibenar banget son.., point 2 dan 3 itu nyambung...m mf klo penukisanx kurang jelas.., thx ya.. *smile

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

Taqabbalallahu minna wa minkum,

26 Oktober 2012 11.05

Baik, terima kasih telah menyegarkan ingatanku Mas.

Maaf hanya ingin menegaskan saja, Point No.2 itu nyambung dengan Pont No.3 ya Mas?, takutnya saya salah paham soal ini. Sekali lagi saya mohon maaf atas pertanyaan saya ini.

Selamat Hari Raya Idul Adha.

26 Oktober 2012 11.07

artikel yang sangat hebat bang.. :D

selamat hari raya idul adha 1433 H .. maafkan kesalah jika tertoreh dalam pengucapan lewat tulisan :)

26 Oktober 2012 12.10

bener bgt sobat, umat islam bagi para pria yag sudah baliqh, tidak diwajibkan sholat jum'at ketika hari raya..?

26 Oktober 2012 12.24

@Rudy Arrasama2.., terima kasih jg sdh mampir.., iya sob emank nyambung, sdh sy edit diatas... *smile

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum,

26 Oktober 2012 12.38

Mau punya bisnis sampingan? Kerja jadi kendala? Ini solusinya

http://www.polman-tab.co.cc/2012/10/bisnis-sampingan-bagi-karyawan.html?m=1

26 Oktober 2012 13.06

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.

Wassalam

26 Oktober 2012 14.24

Jadi kita semuah dapat keringanan gitu ya.. Jika hari Ied jatuh bersamaan di di hari jumat

26 Oktober 2012 14.37

taqabbalallahu minna waminkum.. selamat hari raya idul adha. wah saya telat membaca ini dan belum memberitahukannya ke bapak dan adek tapi setidaknya ingin kushare. terima kasih infonya

26 Oktober 2012 15.15

terima kasih atas ilmunya sob..
Alhamdulillah saya bertambah ilmu..
wassalam..
smile...

26 Oktober 2012 15.27

gan link udah saya pasang di halaman home blog saya..... cek ya...

26 Oktober 2012 15.46

@sigoblogxsalam hangat jg sob..! *smile

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum,

26 Oktober 2012 16.10

@masnadysmg bermanfaat ya... *smile

26 Oktober 2012 16.13

@TAB Polman ASTRAthx infox ya.. *smile

26 Oktober 2012 16.23

@BlogS of Hariyantowaalaykumsalam warohmatullahi wabaraktuhu..

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum,

26 Oktober 2012 16.24

@cik awiiya sob.. *smile

26 Oktober 2012 16.25

@cik awiiya sob.. *smile

26 Oktober 2012 16.26

@hima-rainTaqabbal ya kariim..., sama2... *smile

26 Oktober 2012 16.26

@lukman hakimsama2 sob.., terima kasih jg sdh mampir *smile

26 Oktober 2012 16.27

@Blog Lumajangthx ya linkx sobat jg sdh aq psang*smile

26 Oktober 2012 16.43

@Cirebon-Cyber4rtsama bang :))

26 Oktober 2012 17.04

saya tidak jum'atan bos!!! tp td sholat 'id :D

26 Oktober 2012 17.17

berhubung perempuan, jadi ga ikutan jumatan :)

26 Oktober 2012 17.32

Selamat Idul Adha Mas :)

Maaf lahir dan batin :)

26 Oktober 2012 17.43

. . widichhhhh,, baru tau aq tentang kayak ginian. tenkz ya udah berbagi ilmu. oia blognya makin ocae nich. tambah beath dech. he..86x . .

26 Oktober 2012 19.30

wah saya tadi sholat jum'at tapi tidak ramai seperti biasanya.
selamat idul adha

26 Oktober 2012 19.31

wah ,
jadi sunnah ya ?
aku tadi ga jum'atan berarti ga salah ya :D
Makasih Infonya sobat :D
Selahat Hari Raya Idul Adha 1433H

26 Oktober 2012 19.36

@Beben Kobengpp Bos...!!! *smile

26 Oktober 2012 19.37

@diniehzadik perempuan sy jg gk jumatan *smile

26 Oktober 2012 19.37

@Abed SaragihSelamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum, *smile

26 Oktober 2012 19.38

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥sama2.., terima kasih jg sdh mampir.., makasih jg pujianx *smile

26 Oktober 2012 19.39

@Aguskiyeniya sob sy liat jg td gitu.., mgkn sebagian pd Pulkam kali..

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum, *smile

26 Oktober 2012 19.40

@Rosyd Zoneiya gk salah tp lbh baik tetap shalat jumat

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum, *smile

26 Oktober 2012 19.51

taqobbalalloh minna wa minkum,
semoga takbir, sholat dan qurban kita berbuahkan ampunan dan hasanah yang berlipat ganda, aamiin...

26 Oktober 2012 20.06

@Nedi ArwandiTaqabal ya kariim..., Aamiin,,,,

26 Oktober 2012 20.06

Kalau kita lihat dari hadits tersebut artinya kita boleh melaksanakan dua-duanya ya sob, andaikata tidak melaksanakan jum'at itu berarti keringanan, jadi tinggal kita sendiri yg harus memiliki sikap, apa yg terbaik saja.
boleh juga sobat, dapat menambah pengetahuan saya
terima kasih

26 Oktober 2012 22.29

trima kasih udah share sob..

bermanfaat bnget infonya..

sekalian mngycapkan selamat hri raya idl adha 1433 h..

mohon maaf lhir btin

26 Oktober 2012 23.54

jadi boleh nggak shalat jumat untuk kasus tadi. cuma kalo saya, sayang aja meski ada rukshah begitu.

27 Oktober 2012 04.53

Alhamdulillah, Alloh maha atas segalanya, yang selalu memberikan kemudahan pada hambaNya. Ini juga berlaku ketika jamaah haji wukuf di arofah. Disana cukup shalat dhuhur yang dijamak dengan asar, tanpa melakukan shalat jum'at. Karena pelaksanaan kutbah wukuf bersamaan degan pelaksanaan shalat jum'at

27 Oktober 2012 09.02

@zachflazzrukshah/keringanan ini dtgnya dr Allah jd terima aja..., yg shalat jumat dpt pahala dan yg tdk shalat jumat pun tdk berdosa.. *smile

27 Oktober 2012 09.03

@Djangan Pakiesiya pak..., Alhamdulillah.. *smile

27 Oktober 2012 09.04

@Nuzulul Akbarterima kasih jg sdh mampir sob... *smile

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum,

27 Oktober 2012 09.06

@Nuzulul Akbarterima kasih jg sdh mampir sob... *smile

Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H
Taqabbalallahu minna wa minkum,

27 Oktober 2012 09.07

@Penyuluh Perikananbenar Pak...! *smile

terima kasih jg sdh mampir...

27 Oktober 2012 09.42

emang begitu seharusnya sobat...
mantab sharenya terima kasih....

27 Oktober 2012 10.44

kemaren gara2 capek jadi panitia kurban, hampir aja gue gak sholat jum'at, eh.. tenyata boleh toh.. bari tau.. :)
syukron, sob..!

27 Oktober 2012 11.24

oo gitu skrng sy dah mengerti ttg shalat hari raya 2 kali..
kemaren aja sy sholat idul adha lalu sholat jumat...
jdi gpp kan

27 Oktober 2012 12.51

milih yg aman saja :D
udah lama nih ak maen ke sini :D

27 Oktober 2012 16.15

tadi sempat debat dengan guru tentang ini sob,

27 Oktober 2012 16.17

info yg manfaat bro, met idul adha ya, mohon maaf lahir dan bathin :)

27 Oktober 2012 20.01

Baru sempat mampir dan baru mbaca ini.
Kemarin saya sudah terlanjur shalat jum'at dan gak shalat dhuhur.. yah :/

27 Oktober 2012 20.11

syukron tausiyah nya sob,
memang rukshah ini masih menjadi polemik, kalo ane pribadi sih mendingan ikut jum'atan aja dari pada ragu... toh sama2 diperbolehkan :)

27 Oktober 2012 21.25

@tasbih cantikInsya Allah postingan diatas sdh sangat jelas jd gk perlu lg Ragu.., *smile

28 Oktober 2012 02.11

kembali lg ksni sambil baca2 isi blog kawan....

28 Oktober 2012 03.47

kembali hadir bersilaturahmi guna mempererat ukhuwah islamiyah sesama blogger.

#salam terhangat dari Mr.DHI

28 Oktober 2012 07.07

walaupun diringankan untuk ga jum'atan tapi kayanya sayang deh kalau dilewatkan *smile

28 Oktober 2012 07.44

kebetulan waktu id juga kemarin kita sibuk potong hewan qurban, jadi sholat zuhur saja, makasih sobat....

28 Oktober 2012 09.11

aku sholat jumat,dan untuk masalah tsb aku baru tahu setelah baca artikel mas hukum'a dsb.Thanks mas,atas pencerahannya

28 Oktober 2012 11.13

wah saya pernah denger, tapi jadi jelas di sini. untung ente menekankan untuk solat duhur, coba kalau di anggap bonus aja solat jumatnya tapi ga solat duhur, wah berabe tu.

28 Oktober 2012 13.43

sayang yah , sekali ya kalo gak jum'at an :(

kunjungi http://tinkerwan.blogspot.com

28 Oktober 2012 15.54

aku mengambil sholat jumatnya juga :D
daripada di rumah ngegeje :D

28 Oktober 2012 17.35

Trims atas pencerahannya pak..... :)

28 Oktober 2012 17.46

tapi saya pernah denger hadis yang menyarankan agar kaum laki2 harus waib solat jumat. apabila tidak mengerjakan solat jumat selama 3 kali berturut2 berarti termasuk golongan kafir. bener gak ya.

28 Oktober 2012 17.48

tetep sholat jumat, coz kalau dirumah rasanya gimana gitu hehe

28 Oktober 2012 17.54

wah.saya setuju dengan hadis-hadis diatas,karena beberapa tahun lalu pernah hari raya idul adha bertepatan dg hari jum'at dan kami tidak melaksanakan sholat jum'at karena proses penyembelihan kurban belum selesai.tapi ada sebagian yang tetap melaksanakan sholat jum'aat.

28 Oktober 2012 19.47

mending shalat jum'at juga sekalian kalau sempat, misalnya gak sempat berarti gak di permasalahkan mungkin ada uzur di perjalanan atau hal lainnya.

28 Oktober 2012 19.58

@Rohis Facebook. . ich,, aq bukan mujji loch. namun itu kenyataan nya. huhh . .

28 Oktober 2012 21.43

hukumnya jadi sunnah ya sob

tapi tetap di ganti dnegan sholat dzuhur

gitu ceritanya

28 Oktober 2012 21.56

Memang banyak Ikhtilaf dalam hal ini,
bahkan ada yang beranggapan, "masa shalat sunah dapat menggugurkan yang wajib?".
tapi saya setuju dengan pendapat bahwa, Shalat jumat menjadi sunah, namun imam Ied dan takmir masjid wajib mempersiapkan shalat jumat jika ada jamaah yang hendak melaksanakan shalat jumat...

28 Oktober 2012 21.57

Penjelasan yang sangat padat dan jelas,
sangat bermanfaat bagi sebagian besar umat yang membutuhkan informasi mengenai hal ini....
jazakallah khairan katsiran

29 Oktober 2012 00.06

met mlm genk. kta ktmu lgi,ni heheh..
dtng genk buat ngeramein xixiix.
mlm2 pra blogger pda kluyuran hahahah.
mndng kluyuran di warung kopi wkwkkwkwk..

29 Oktober 2012 08.09

@ants kakathx ya...

29 Oktober 2012 08.10

@eksaksyukran jg sdh mampir... *smile

29 Oktober 2012 08.14

@Ahmad Rizal Samsiiya gpp...

29 Oktober 2012 08.16

@Bayu Handonoiya sob, sy jg sdh lama gk main ke tempat sobat.., thx ya sdh mampir.. *smile

29 Oktober 2012 08.16

@Bayu Handonoiya sob, sy jg sdh lama gk main ke tempat sobat.., thx ya sdh mampir.. *smile

29 Oktober 2012 08.16

@Bayu Handonoiya sob, sy jg sdh lama gk main ke tempat sobat.., thx ya sdh mampir.. *smile

29 Oktober 2012 08.17

@Yousake NKRIkasi aja artikel diatas sob.., insya Allah gurux ngerti.., lagian pembahasanx simple ko'..*smile

29 Oktober 2012 08.17

@waroeng coffeesama2.., thx sdh mampir.. *smile

29 Oktober 2012 08.18

@Hanan Muhardiansyahiya gpp cz shalat Jumat adalah pengganti shalat dhuhur.. *smile

29 Oktober 2012 08.19

@Nakusan Computerthx ya...

29 Oktober 2012 08.19

@Mr.DHIthx ya...

29 Oktober 2012 08.20

@NFiya benar Bun.., tp sekali2 gk shalat jumat pd hr raya pun gk masalah.. *smile

29 Oktober 2012 08.21

@Muro'i El-Barezyoke thx jg sdh mampir.., jd panitia atw tukang Jagal ni hhehe...

29 Oktober 2012 08.22

baru tahu hadist tentang ini sob, ternyata boleh ya meninggalkan sholat jum'at bila paginya sudah kemasjid untuk solat hari raya meskipun lebih utama untuk tetap sholat jum'at, terima kasih

29 Oktober 2012 08.22

@Andythx jg sdh mampir... *smile

29 Oktober 2012 08.25

@cerita anak kostlebih berabe lg klo menyuruh gk usah shlat dhuhur, jumat dan Ied hhhehehe...

29 Oktober 2012 08.26

@Muhammad Riidwangk jg sh.., cz emank ada perintahx.., *smile

29 Oktober 2012 08.28

@Iskandar Dzulkarnainsilahkan sob.., *smile

29 Oktober 2012 08.30

@alaika abdullahsama2 bu.., trims jg sdh mampir., btw sy blom jd Bapak tp pengen sh... *smile

29 Oktober 2012 08.32

@Fazriiya benar sob!, Tapi sesuai topik diatas.., bhw yg kita bicarakan ini adalah Shalat Jumat yg Jatuh pd Hari Raya.. *smile

29 Oktober 2012 08.38

@randy yang penting shareiya sob silahkan. *smile

29 Oktober 2012 10.25

salam sukses selalu gan,,makasih pencerahanya

29 Oktober 2012 11.56

@rahasia suksessama2 sob..! *smile

29 Oktober 2012 11.57

@Thanjawa arifbenar sob..! *smile

29 Oktober 2012 11.58

@TUTORIAL BLOGGERmakasih yaa.., td aq sdh mampir ke blogx sobat tp blogx berat banget.., *smile

29 Oktober 2012 11.59

@TUTORIAL BLOGGERmakasih yaa.., td aq sdh mampir ke blogx sobat tp blogx berat banget.., *smile

29 Oktober 2012 11.59

@zaenal Blogsyukran wajazakallahu khoiran.. *smile

29 Oktober 2012 12.00

@daftar haji khususbenar pak..! *smile

29 Oktober 2012 12.00

@Em Albarbenar...! *smile

29 Oktober 2012 12.01

@Qoreaderbenar sob..! *smile

29 Oktober 2012 12.01

@agriculturproductthx ya dah mampir.. *smile

29 Oktober 2012 22.36

Afwan, Makasih infonya... Menambah ilmu baru... Kemarin pas Hari Ied juga bertepatan dengan hari Jum'at...

29 Oktober 2012 22.38

Assalamu'alaikum...
Cuma mau bilang, artikelnya bermanfaat... tahun ini Hari Raya Ied bertepatan dengan hari jum'at semua... makasih ya afwan...
Wassalamu'alaikum...

30 Oktober 2012 00.37

nanti info ini akan saya sampaikan pada suami mas, TFS yaaa

30 Oktober 2012 00.45

Yg poin satu: kalau sdh sholad Id maka gak wajib sholat JUmat...ini paling di hapal teman-teman saya dulu, sampai luar kepala..

DAn utk poin yg kedua, ini berlaku buat laki-laki kan? Setahu saya, sholat Jum'at gak wajib utk wanita

30 Oktober 2012 10.10

lancar dan sip serta sehat selalu ya kawan :D ....Salam Blogger Indonesia....

30 Oktober 2012 15.23

Jadi sinnah ya ?
wah, saya kemaren ga solat, jadi gapapa rupanya :D
udah lama ga kemari jadi kangen kang Rohis :D

30 Oktober 2012 21.17

hadir kembali menikmati pencerahan..trimakasih sudah diingatkan kawan...salam :)

31 Oktober 2012 06.23

@ROHIS SMAN Banyumassyukran sdh mampir ya... *smile

31 Oktober 2012 06.23

@Rizal Nurhidayatwaalaykumsalam.., sykran sdh mampir *smile

31 Oktober 2012 06.24

@mimi RaDiAlsilahkan BUn.., smg bermanfaat.. *smile

31 Oktober 2012 06.24

@Ririe Khayaniya mbk benar...! *smile

31 Oktober 2012 06.25

@Aditya PratamaAamiin.., smg sobat jg demikian *smile

31 Oktober 2012 06.26

@Bukan Masteriya gpp.., thx ya dah mampir... *smile

31 Oktober 2012 06.27

@BlogS of Hariyantookeyy..! thx ya. *smile

31 Oktober 2012 15.09

wahhh,, nambah pengetahuan lagi nih tentang agama :))

25 November 2013 13.10

jadi gituya hukumnya baru ngerti ane -_-

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup