Home » » Menjadi Muslim Cerdas di dalam Ramadhan. bag. 02

Menjadi Muslim Cerdas di dalam Ramadhan. bag. 02

Cerdas di dalam Ramadhan

Oleh:
Ust. Ahmad Zainuddin. Lc.
Sabtu, 24 Sya’ban 1433H, Dammam KSA
بسم الله الرحمن الرحيم, الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين, أما بعد

Menjadi Muslim Cerdas di dalam Ramadhan. bag. 02 -- Semakin tahu berkahnya Ramadhan, semakin bersemangat untuk mendapatkannya. Tetapi sekali lagi…kemampuan terbatas dan semangat naik turun…

Sehingga meskipun kemampuan terbatas dan semangat naik turun tetap mendapatkan berkahnya Ramadhan, dan kalau bisa 100%!!

3. Mengenal dengan baik bahwa tujuan puasa adalah agar kita bertakwa 

{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ} [البقرة: 183]
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”QS Al Baqarah: 183.
Jika menahan makan dan minum serta yang halal lainnya karena berpuasa, tetapi tidak menahan mata, telinga dan mulut serta anggota lainnya dari hal lainnya dari hal yang diharamkan, maka tidak ada nilai dari puasa.

Puasa tidak bertakwa = Puasa hanya dapat lapar dan haus = serendah-rendahnya puasa.
Puasa tidak menahan dosa mata, dosa telinga, dosa mulut dan anggota lainnya = puasa hanya dapat lapar dan dahaga.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ وَرُبَّ قَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ قِيَامِهِ السَّهَرُ ».
Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Berapa banyak seorang yang berpuasa bagiannya dari puasanya hanya lapar dan dahaga, dan berapa banyak seorang yang beribadah di malam bagiannya dari puasanya hanya begadang.” HR. Ahmad.

عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الأَكْلِ وَالشُّرْبِ ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهِلَ عَلَيْكَ فَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ ، إِنِّي صَائِمٌ .
Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bukanlah berpuasa dari menahan dari makan dan minum, sesungguhnya berpuasa menahan sikap sia-sia dan rafats (perkataan dan perbuatan keji, porno, kotor yang berhubungan dengan syahwat lelaki kepada perempuan dan sebaliknya-pent), jika ada seorang yang mencelamu atau berbuat semena-mena kepadamu, maka katakanlah: “Sesungguhnya saya seorang yang berpuasa, sesungguhnya saya seorang yang berpuasa.” HR. Ibnu Khuzaimah.

Berkata Ibnu Rajab rahimahullah:
قال بعض السلف:((أهون الصيام:ترك الطعام، والشراب))
Artinya: “Berkata sebagian ulama salaf (terdahulu): Serendah-rendahnya puasa adalah meninggalkan makan dan minum.”

وقال جابر - رضي الله عنه - :((إذا صمت فليصم سمعك، وبصرك، ولسانك، عن الكذب، والمحارم، ودع أذى الجار، وليكن عليك وقار وسكينة يوم صومك، ولا تجعل يوم صومك ويوم فطرك سواء))
Berkata Jabir radhiyallahu ‘anhu: “Jika Anda berpuasa maka berpuasalah pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu dari dusta atau perkara-perkara yang diharamkan, janganlah menyakiti tetangga, dan berlakulah penuh ketenangan dan wibawa pada hari puasamu dan JANGAN JADIKAN HARI PUASAMU SAMA DENGAN HARI BERBUKAMU.” Lihat kitab Lathaif Al Ma’arif, ha. 292.

Apa rahasianya sehingga puasa tetapi tidak takwa = puasa hanya dapat lapar dan dahaga saja?!?

Mari perhatikan perkataan Ibnu Rajab rahimahullah:
((وسرُّ هذا أن التقرّب إلى الله تعالى بترك المباحات لايكمل إلا بعد التقرب إليه بترك المحرمات،فمن ارتكب المحرّمات ثم تقرّب بترك المباحات كان بمثابة من يترك الفرائض ويتقرّب بالنوافل))
 Artinya: “Dan rahasia ini adalah, bahwa mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan meninggalkan hal-hal yang diperbolehkan tidak sempurna kecuali setelah mendekatkan diri kepadanya dengan meninggalkan hal-hal yang diharamkan, maka barangsiapa mengerjakan hal-hal yang diharamkan kemudian mendekatkan diri dengan meninggalkan hal-hal yang diperbolehkan, maka ini seperti seorang yang meninggalkan hal-hal yang diwajibkan tetapi mengerjakan hal-hal yang sunnah.” Lihat kitab Lathaif Al Ma’arif, hal. 292.

4. Mengilmui fikih Beribadah di dalam Ramadhan.

DI BAWAH INI AKAN DISEBUTKAN BEBERAPA POIN TENTANG FIKIH BERIBADAH AGAR IBADAH LEBIH BERMAKNA DAN TENTUNYA LEBIH BERPAHALA DEMI MERAIH BERKAHNYA RAMADHAN!

- Beribadahlah sesuai dengan sunnah, karena yang tidak sesuai sunnah pasti ditolak!
عن عَائِشَة أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ ».
Artinya: "Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: " Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang mengamalkan amalan tidak ada contohnya dari kami maka amalannya tertolak." HR. Muslim.

- Dahulukan yang wajib sebelum yang sunnah
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « إِنَّ اللَّهَ قَالَ مَنْ عَادَى لِى وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ »
Artinya: "Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta'ala: "Barangsiapa yang memusuhi wali-wali-Ku maka Aku umumkan peperangan dengannya dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan dirinya kepada-Ku dengan sesuatu yang paling Aku cintai dibandingkan apa yang telah Aku wajibkan atas mereka, dan masih saja hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sampai Aku mencintainya." HR. Bukhari

- Ukur kemampuan, jangan ngoyo, yang penting until the end
عَنْ عَائِشَةَ - رضى الله عنها - قَالَتْ كَانَتْ عِنْدِى امْرَأَةٌ مِنْ بَنِى أَسَدٍ فَدَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فَقَالَ « مَنْ هَذِهِ » . قُلْتُ فُلاَنَةُ لاَ تَنَامُ بِاللَّيْلِ . فَذُكِرَ مِنْ صَلاَتِهَا فَقَالَ « مَهْ عَلَيْكُمْ مَا تُطِيقُونَ مِنَ الأَعْمَالِ ، فَإِنَّ اللَّهَ لاَ يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا » .
Artinya: "Aisyah radhiyallahu 'anha bercerita: "Pernah suatu ketika ada seorang wanita dari Bani Asad di tempatku, lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menemuiku, beliau bertanya: "Siapakah ini?", aku menjawab: "Si Fulanah, ia tidak tidur di malam hari", Aisyah menceritakan tentang perihal shalatnya perempuan, beliau bersabda: "Lalu kenapa?, hendaknya kalian berbuat apa yang kalian mampui, karena sesungguhnya Allah tidak akan bosan sampai kalian bosan." HR. Bukhari.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « سَدِّدُوا وَقَارِبُوا ، وَاعْلَمُوا أَنْ لَنْ يُدْخِلَ أَحَدَكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ ، وَأَنَّ أَحَبَّ الأَعْمَالِ أَدْوَمُهَا إِلَى اللَّهِ ، وَإِنْ قَلَّ »
Artinya: "Aisyah radhiyallahu 'anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Berusahalah berbuat benar dan mendekat kepada kebenaran, dan ketauhilah bahwa amalan kalian tidak akan memasukkan kalian ke dalam surga, dan ketauhilah sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah yang selalu dikerjakan terus menerus, meskipun sedikit." HR. Bukhari.

عن سهلِ بنِ سعدٍ ، عنِ النَّبيِّ - صلى الله عليه وسلم - قال« وَإِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالْخَوَاتِيمِ »
Artinya: "Sahl bin Sa'ad radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya amalan-amalan sesuai dengan akhirnya." HR. Bukhari.

Bersambung insya Allah bag. 3
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 23 Responses so far.

31 Juli 2012 01.29

nice share sobat..

31 Juli 2012 04.02

Sungguh disayangkan orang yang puasa tapi tdk bertaqwa.

31 Juli 2012 11.13

Good share, cess! Happy fasting aja, ea... :-)

31 Juli 2012 12.08

semoga puasa di bulan ramadhan ini dapata berjalan dengan lancar dan diterima Allah SWT.
amin :)

31 Juli 2012 13.06

hadir di siang hari yang cerah ini...
wahh, manteb nih sobat tulisannya

31 Juli 2012 13.14

Sudah sepantasnya sbg umat islam kita harus cerdas dalam segala hal.
Cerdas itu penting.

31 Juli 2012 13.51

na'am, semoga khazanah kebaikan dan keutamaan Ramadhan yang kita lalui akan menjadikan pribadi-pribadi yang taqwa

1 Agustus 2012 13.17

artikel yg bermanfaat.....^_^

1 Agustus 2012 17.20

Semoga artikel ini dapat menambah semangat bagi kita semuah dalam menjalan kan ibadah puasa dan penambah wawasan bagi kita semuah tentunya.

1 Agustus 2012 20.19

sayang banget ya kalo puasa cuma dapet lapar dan haus. na'udzubillaah.

2 Agustus 2012 01.06

Sangat manfaat sobat.. semoga bulan penuh rahmat ini benar-benar menjadikan kita umat Islam menjadi lebih baik dipandang Allah dibandingkan dengan tahun kemarin. Hijrah dari yang belum baik menjadi lebih baik. Nice posting sobat..

2 Agustus 2012 04.11

siiip boooosss

2 Agustus 2012 07.25

Mampir lagi sob.

2 Agustus 2012 09.04

ehm. saya belajar lagi di sini, ok gan, belajar agama.

2 Agustus 2012 19.49

qwahhh hadir lagi nih sobat untuk baca-baca...

salam silaturrahim yah :)

3 Agustus 2012 05.53

Kunjungan pagi. :D

3 Agustus 2012 13.09

ehm... berniat mencari artikel yang baru nie gan. :D

3 Agustus 2012 13.27

maaf ya sob ane baru kesini

5 Agustus 2012 11.14

trimakasih sahring artikelnya sobat, happy blogging

5 Agustus 2012 11.21

ane aga bingung sobat, artikel yang terbaru yang mna yah?

5 Agustus 2012 12.28

@Muro'i El-Barezyartikel barux itu yg disebelah Kumpulan artikel ramadhan.., tp gpp ko silahkan berkomentar dimana aja.., Happy Blogging *smile

5 Agustus 2012 20.26

wahhh manteb nih sobat...

selamat menjalan kan ibadah puasa

7 Agustus 2012 15.52

Dahulukan Yang wajib baru sunah. Penegasan kalaimat yang saya sukai.

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup