Home » » Inilah Kamera Monster Dengan Resolusi 50 Gigapixel

Inilah Kamera Monster Dengan Resolusi 50 Gigapixel

Kamera Monster Dengan Resolusi 50 Gigapixel
Selama ini dunia fotografi mengenal kamera Hasselblad H4D-200MS sebagai kamera yang memiliki resolusi tertinggi dengan 200 megapixel. Namun, kini ada sebuah kamera yang memiliki resolusi jauh di atas itu. Resolusi kamera yang masih prototip ini mencapai 50.000 megapixel atau 50 gigapixel! Wow...

Para ilmuwan di Duke University dan University of Arizona, AS berhasil mengembangkan sebuah kamera yang merupakan hasil gabungan dari 98 buah kamera mikro.

Kualitas gambar yang dihasilkannya lima kali lebih jelas dibanding yang terlihat oleh mata orang dengan tingkat penglihatan 20/20.

Diklaim, image yang dihasilkannya lewat sekali jepret bakal 1000 kali lebih detail dari sebagian besar perangkat kamera yang ada saat ini.

Dengan kemampuan 'monsternya' tersebut, kamera ini mampu menangkap detail yang terlewatkan oleh mata manusia. Nantinya detail ini bisa dilihat lewat proses pembesaran (zoom) tanpa harus mengorbankan kejernihan.

Sistem optiknya sendiri terdiri dari lensa 6 cm dan 98 buah micro-camera yang masing-masing mengusung sensor 14 megapixel.

"Tiap kamera mikro yang ada menangkap informasi dari area tertentu bidang pandang," ujar David Brady, seorang teknisi dari Duke University seperti dikutip oleh UPI.
Menurut Brady, sebuah prosesor komputer akan menyatukan semua informasi menjadi satu gambar yang sangat detail.

"Di banyak hal, kamera ini akan menangkap gambar yang tak bisa dilihat langsung oleh fotografer,” ujarnya lagi.

Kamera prototip ini memiliki ukuran 75 cm X 50 cm X 50 cm dengan berat total 45 kg. Namun para ahli meyakini bahwa dalam lima tahun ke depan, kamera semacam ini akan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan mungkin akan tersedia untuk khayalak ramai.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

Komentar baru tidak diizinkan.