Home » » Musim Hujan telah Tiba, Itulah Kesempatan Emas Untuk Berdoa

Musim Hujan telah Tiba, Itulah Kesempatan Emas Untuk Berdoa

Musim Hujan telah Tiba
Sebagian orang tatkala memperhatikan hujan, ada yang sampai gelisah. Apalagi jika turunnya hujan dirasa mengganggu aktivitasnya, mungkin ada meeting, janji atau yang lainnya. Sehingga yang terjadi adalah mengeluh dan mengeluh. Padahal jika kita merenung dan memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, waktu hujan turun adalah saat mustajabnya do’a, artinya do’a semakin mudah terkabulkan.
Ibnu Qudamah dalam Al Mughni[1]mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallambersabda,
اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ
Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.[2]
Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ
Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.”[3]
Do’a yang amat baik dibaca kala itu adalah memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Do’a yang dipanjatkan adalah,
اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً
Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].
Itulah yang Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ucapkan ketika melihat turunnya hujan. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,
إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ « اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”.[4]
Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.”
Al Khottobi mengatakan, ”Air hujan yang mengalir adalah suatu karunia.”[5]
Semoga dengan turunnya hujan semakin membuat kita bersyukur, bukan malah mengeluh. Manfaatkanlah moment tersebut untuk banyak memohon segala hajat pada Allah Ta’ala menyangkut urusan dunia dan akhirat. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendoakan kebaikan diri, istri, anak, kerabat serta kaum muslimin lainnya.
Wallahu waliyyut taufiq.
Panggang-Gunung Kidul, 18 Jumadal Ula 1432 H (21/04/2011)
www.rumaysho.com

[1] Al Mughni2/294.
[2] Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shohihul Jaami’ no. 1026.
[3] HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078.
[4] HR. Bukhari no. 1032, Ahmad no. 24190, dan An Nasai no. 1523.
[5] Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5/18.


Admin Rohis Facebook : Judul Asli dari Artikel diatas 'Saat Hujan Turun Kesempatan Emas Untuk Berdoa'
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 11 Responses so far.

2 November 2011 13.28

Alhamdulillah...Nay suka banget ma ujan, kesannye romantis gitu :)

2 November 2011 13.59

Semoga dengan turunnya hujan semakin membuat kita bersyukur, bukan malah mengeluh. <--- kata2 ini yg perlu di tekankan sobat,, karena byk org malah mengeluh akan banjir dan tdk bisa berangkat beraktivitas, segala macam alasan den keluh kesah

2 November 2011 14.27

penulisnya Muhammad abduh tuasikal..

sudara sekampung di ambon..! saya suka sekali baca2 blognya dia di rumasyo.com

dai muda yg luar biasa..!

2 November 2011 14.36

selamat datang musim hujan.. musim pernuh rahmat berlimpah...
semoga hujan selalu bermanfaat..

amin...

3 November 2011 10.49

bener banget, aku inget kata ayah kalo pas hujan harusnya kita seneng karena doa jadi mustajab.
terima kasih udah diingetin =)

3 November 2011 11.53

si mata bulan Naya Elbetawi@
iya aq juga.., pas dgn PP fb sy 'Laki2 yg sedang kehujanan', *smile
makasih yaa dah mampit & komen

3 November 2011 11.59

Saudara al kahfi@
iya mas smg aja yg baca jadi tersadar..,
makasih yaa dah mampit & komen *smile

Saudara ROe Salampessy@
ohhh..baru tau klo ust. Muhammad abduh tuasikal org Ambon, iya pace sy jg salut ma beliau.., sebagian besar artikel2 islam disini sy ambil di situs beliau..
makasih yaa dah mampit & komen *smile

3 November 2011 12.00

Andini Mokodompit@
اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً
“Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].”
Aamiin3 ya Allah..

makasih yaa dah mampit & komen *smile

3 November 2011 12.01

rahma@
sama2..,
makasih yaa dah mampit & komen *smile

yurita Vivi Yani
17 November 2012 14.23

Alhamdulillah, jadi lebih bersyukur dan berdo'a dengan datangnya hujan.

5 Desember 2013 06.16

Ya Allah, berkatilah kami dengan curah hujan yang baik dari tangan-tangan manusia yang merusak alam pemberianMU agar tumpahan curah hujan tidak menjadi musibah bagi kami. Aamiin.

Posting Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup