Home » » Perahu Kuno Berhasil Diangkat dari Bengawan Solo

Perahu Kuno Berhasil Diangkat dari Bengawan Solo

Perahu Kuno

Akhirnya setelah berjuang selama lebih sepekan atau tepatnya sepuluh hari sebuah perahu kuno berhasil diangkat ke tepi dari dasar sungai Bengawan Solo, di Desa Desa Ngeraho, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Perahu besi dengan panjang 22 meter yang diduga berasal dari era kerajaan Majapahit ini sebenarnya telah lama diketahui keberadaannya oleh masyarakat setempat, tapi karena mereka tidak berani mengambilnya, selain mengandung unsur sejarah juga perahu ini dianggap sebagai benda pusaka.

Setelah melihat isi perahu warga menemukan beberapa uang logam yang dibuat pada tahun 1810 Masehi, diduga logam tersebut terdapat kandungan emas dan bertuliskan huruf China. Perahu yang terbuat dari besi dengan panjang sekitar 22 meter dan lebar lima meter ini terlihat berkarat dan sebagian sudah rusak. 

Keterangan dari pak Kasdi, warga Desa Ngeraho, setelah perahu kuni ini diangkat, selanjutnya perahu kuno ini akan ditempatkan di balai desa. 

Sumber:
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook