Home » » Ketok Magic Berbau Mistis?, Cara Kerja Ketok Magic dan Sejarah Ketok Magic

Ketok Magic Berbau Mistis?, Cara Kerja Ketok Magic dan Sejarah Ketok Magic

Ketok_Magic_Jasa_Jin

Ketok Magic Berbau Mistis, Benarkah?

Sudah menjadi pemandangan yang umum kalau setiap bengkel yang melayani ketok Magic pasti ruangannya tertutup rapat, ditempatkan pada ruangan yang khusus dan para pemilik kendaraan dilarang masuk atau melihat proses perbaikan.

Ditambah lagi dengan sebagian para penjual jasa ketok magic yang mewanti-wanti para pelanggannya agar selama proses ketok magic berlangsung tidak boleh ada yang melihat, resikonya kalau dilanggar maka akan terjadi kecelakaan/tabrakan di titik yang sama.

Mungkin keadaan itulah yang melahirkan presepsi miring dikalangan masyarakat, bahwa Ketok Magic berbau Mistis. Untuk memperbaiki bagian pelat atau body yang penyok menggunakan jasa jin atau makhluk-makhluk halus lainnya. 

Lalu apakah memang benar demikian, melibatkan jin?. Berikut ini tanggapan dari Bapak H. Bimo Susatyo salah seorang penggelut bisnis ketok magic yang diwawancarai oleh tim detikOto disebuah bengkel Ketok Magic Shark di jalan H. Nawi Raya No. 42 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Pak Bimo Susatyo mengatakan, “Enggak ada yang namanuya ilmu-ilmuan dan jin. Yang ada ilmu membetulkan bodi mobil, dan itu yang mengerjakan tangan manusia. Kita sendiri terbuka pada konsumen kalau ada yang mau lihat, tidak ditutupi”.

Tanggapan beliau mengenai mengenai peraturan ketok magic yang membuat peraturan ‘konsumen tidak boleh melihat’, menurut pak Bimo Susatyo itu hanyalah trik usaha, agar sistem atau pengerjaan tidak ada yang tahu dengan tujuan agar tidak ada yang bisa meniru.

Beda ditempat-tempat ketok magic pada umumnya, di ketok magic milik pak Bimo Susatyo konsumen diperbolehkan untuk melihat, jadi menurut beliau, Jika dibandingkan ketok magic yang tertutup pada konsumen dan ketok magic yang terbuka dengan konsumen itu sama. Tidak ada bedanya," ujarnya. "Semua ketok magic yang tertutup itu karena peralatannya tidak ingin diketahui orang. Dan satu lagi yaitu keahlian dia memperbaiki mobil. Makanya ditutupi," papar Bimo Susatyo.

Pendapat Pak Bimo Susatyo mengenai masih adanya sebagian ketok magic yang melarang para konsumen untuk melihat, menurut Bimo itu tidak masalah karena masing-masing usaha ketok magic butuh privasi usaha. "Sampai sekarang masih ada yang tetutup. Tapi sebenarnya tidak ada yang perlu dirahasiakan," lanjut Bimo.

Bagaimana Cara Kerja Ketok Magic?
Mungkin masih menjadi tanda tanya besar disebagian masyarakat tentang bagaimana cara kerja
ketok magic, semakin penasaran akibat sebagian ketok magic merahasiakan cara kerjanya. 

Yang jelasnya perbaikan bukan hanya pada bodi mobil penyok tapi tulang dan Komponen casis, tidak sembarang ketok karena kalau tidak hati-hati malah menghancurkan. 

Diketahui bahwa ketok magic tidak menggunakan peralatan yang mahal atau canggih, cukup dengan peralatan yang sederhana, namun hasilnya cukup memuaskan para konsumen. ditambah lagi dengan ongkos kerja yang tidak mahal, semahal bengkel resmi. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pemaparan Bos Ketok Magic Shark, H. Bimo Susatyo
ketika ditemui detikOto di bengkelnya di jalan H. Nawi Raya No. 42 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurutnya hasil tergantung keahlian si tukang ketok. Semakin memiliki keahlian khusus maka semakin sempurna hasil pengerjaannya. Jadi bukan berdasarkan mistis.

“Seperti mengembalikan bodi penyok. Dia si tukang ketok tidak sembarang ketok. Harus tahu trik bagaimana dan dari mana dia mulai mengetok. Salah-salah bisa tambah hancur bodi mobil," ungkap Bimo.

Dia menjelaskan ada beberapa alat yang membantu kerja si tukang ketok. Dalam ini keahlian dan alat dipertemukan untuk menghasilkan kerja yang baik. Di sisi lain, lamanya proses pengerjaan tergantung kerusakan bodi.

“Kalau hancur banget sampai kena tulang akan semakin lama. Soalnya harus bongkar bodi mobil,” imbuhnya.

Nah, dia menjabarkan ketok magic tidak sebatas tulang dan bodi mobil. Komponen casis yang bengkok pun bisa diperbaiki hingga ke bentuk awal. Dalam proses pengerjaan ini jelas-jelas pakai keahlian si tukang ketok dan tidak ada unsure mistis.

“ Seperti casis bengkok eggak bisa pakai magic. Cara pengerjaannya, casis itu harus dipanaskan terlebih dahulu, setelah itu tarik dan mulai ketok. Kita tidak sembarang ketok, ada tekniknya.” tutupnya. 

Ketok Magic Sudah Ada Sejak Setengah Abad Lalu
Seperti diungkap oleh salah seorang pebisnis ketok H. Bimo Susatyo bahwa ketog magic mulai dikenal sejak awal tahun 60-an, “ketok magic sudah lama ada, mungkin awal 60-an. Saya pernah menggunakan jasa ketok magic pada 1980. Mobil saya terbalik di Sudirman dan hancur 70 persen. Waktu itu saya ingin cepat dan pilih ketok magic,” kata pemilik Ketok Magic Shark. “Kerusakan mobil 70 persen dan kelar dalam sebulan. Bayangkan tahun itu pengerjaannya sudah cukup rapih,” ungkap pria yang kini membuka usaha ketok magic.

Sumber:
Disadur dari http://oto.detik.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 30 Responses so far.

19 Februari 2014 12.07

kalau sudah setengah abad lalu berarti sudah lama banget ya...

19 Februari 2014 14.16

wah saya malah baru tahu mas tentang ketok magic ini :)

19 Februari 2014 19.37

Begitu ya Kang, kalau melihat hasil ketokannya mustahil kang, koq bisa cat mobilnya ga lecet.

19 Februari 2014 20.22

@Beranda Kataiya, sy jg gk nyangka, ternyata dah cukup lama... *smile

19 Februari 2014 20.23

@Wahyu Eka Prasetiyarinikelamaan tinggal di luar negeri kali mbk, makax baru tahu... *smile

19 Februari 2014 20.25

@Cahyo Kusumoterlihat mustahil, tp gk mustahil bagi tangan2 trampil, 100% ulah manusia... *smile

20 Februari 2014 07.58

Kalo belum melihat sendiri cara kerjanya kadang suka penasaran...
Ternyata ngak pake Magic ya....

20 Februari 2014 08.40

@Heri Assidiqiiya sob! blom puas rasax klo blom liat langsung.. *smile

20 Februari 2014 10.35

Sudah jadul banget mas ketok magic ya?

20 Februari 2014 14.06

namanya juga usaha..terkadang dibumbui dengan aroma mistis agar jadi tambah laris, tapi saya melihat rawan juga kalau chasis bengkok harus dipanaskan dulu agar bisa diluruskan...bila memang demikian,,maka daya tahan dan kualitas chasis itu semakin berkurang karena mengalami pemuaian akibat dipanaskan...dan ini bisa berakibat buruk, karena fungsi chasis adalah penopang utama body mobil.....salam :-)

20 Februari 2014 18.11

@Cah Dabloengiya sob, sejaman dgn bapak gw *smile

20 Februari 2014 18.25

@BlogsOf Hariyantoentalah..., sy bukan ahlinya.., tp mgkn sj pemuaiannya hny temporer/sementara, pemuaiannya selama proses pemanasan berlangsung, setelah dingin maka besi kembali normal, entahlah.., hny nebak *smile

21 Februari 2014 02.16

saya pernah dengar isu kalau udah servis di ketok magic udah gk bisa ke bengkel lain lagi, saya gk tau itu benar atau tidak sih...

21 Februari 2014 17.18

@Yobert Paraimungkin yg awalx sdh parah banget sebaikx gk di ketok magic tuk ke dua kali, takutx terjadi apa2.., yg pastix 100% gk ada hubunganx dengan mistis *smile

21 Februari 2014 19.01

saya kira hanya memakai kekuatan magic dibantu Jin ,eh ternyata menggunakan alat seperti bengkel biasa yah,yang membedakan hanya namanya saja ,Nama Ketok Magic nya ituloh yang membuat pikiran orang menjadi berpendapat lain hehehe

21 Februari 2014 22.19

Hmmm.. ditempat gue jarang sih ketok magic, dulu ada tapi tiba2 gak ada lagi.. bengkel murah tapi kerja oke masih banyak kok..

22 Februari 2014 13.25

owh, ternyata seperti itu ta..sering saya berpikir, ketok magic itu bengkel apa to?, ternyata gitu.

22 Februari 2014 15.43

baru tahu saya..[adahal selama ini otak dan pikiran saya di dogma bahwa ktok magik seperti ini identik dengan yang berbau gaib.

22 Februari 2014 17.24

Namanya juga rasia dagang mas.. yang penting itu gimana kita bisa ketok kepala tukang magic itu, agar masyarakat ga bisa mereka bodohi lagi,, bagus artikelnya mas :)

24 Februari 2014 05.24

Saya pikir ketok magic itu ada hubungan dengan supranatural Kang ? He,, he,, he,,, ternyata setalah memabca artikel obrolan ringan ini jadi lebih tahu. Trims atas liputannya Kang.

Salam

24 Februari 2014 21.11

owh saya baru tahu tentang ini sob, trims infonya....
ternyata namanya saja yang magic yah hehe...

25 Februari 2014 22.30

saya malah baru tahu nih mas :D

26 Februari 2014 13.16

ternyata oh ternyata begitu..tp ngmong2 soal jin saya sih tetap percaya,,tp kalau maslah jin yg mengerjakan mah tergantung bengkelnya.. hee

27 Februari 2014 16.23

ketok pintu dirumah orang :D ,jadi sejarah ketok magic begitu yah,, makasih mas rohis

27 Februari 2014 21.40

Ya sebaiknya isu-isu yang bertebaran dimasyarakat harus diseleksi terlebih dahulu. Apagunanya kita mengikuti kabar burung jika belum pernah mengetahui dengan mata kepala sendiri. Bisa jadi itu hanya trik usaha, agar konsumen semakin penasaran kemudian banyak yang datang ke ketok magic

28 Februari 2014 00.40

klu dilihat dari namanya aja udah kaya mistis ya mas...tp kenyataanya keahlian yg khusus itulah mungkin jadi rahasia agar orang lain ga bisa meniru...jdi seolah2 keliatan mistis

1 Maret 2014 11.03

Saya malah tidak percaya kalau pakai jin.
Kalau pakai jin bisa-bisa di pergokin sama orang lain, hehe

Udah saya follback gan, sering-sering mampir ke blog ane ya :D

2 Maret 2014 04.52

@Gilang Ardyainsya Allah sy akan selalu mampir.., kebetulan sdh sebulan lebih ini lg malas blogwalking, makasih *smiele

2 Maret 2014 12.59

denger namanya ketok megic sih dah lama mas.. tapi melihat atau mendatangi tempatnya belum pernah saya.. lagian apa yang mau saya perbaiki... muka saya sudah lumayan soalnya wkwkwkwkwk

3 Maret 2014 07.17

@Mas Nadykita sama sob! sama2 muka luamayan, lumayan hancur maksudx hehe..

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup