Home » » Dosen FISIP Universitas Udayana: Miss World hanya untungkan elit politik

Dosen FISIP Universitas Udayana: Miss World hanya untungkan elit politik

 Miss World 2013

Pengamat hubungan internasional Universitas Udayana (Unud) Denpasar Bali Idin Fasisaka MA menilai penyelenggaraan kontes kecantikan “Miss World” tidak menguntungkan bagi Indonesia secara ekonomis. 

“Ajang itu hanya menguntungkan elite politik tertentu yang memiliki kaitan langsung dengan pebisnis atau penyelenggara,” kata dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unud itu di Denpasar, Senin. 

Peraih gelar master Departement of Political Science University of Delhi itu melihat ajang tersebut hanya akan memosisikan Indonesia dikenal sebagai negara liberal. 

“Walaupun pemerintah dan tim penyelenggaraan ‘Miss World’ mengatakan kegiatan itu untuk mempromosikan pariwisata, dampaknya sangat kecil,” kata lulusan Universitas Darul ‘Ulum, Jombang, Jawa Timur, itu. 

Idin menilai kontes tersebut lebih mengedepankan eksploitasi fisik kaum perempuan dari berbagai negara peserta. 

Menurut dia, tidak ada aktivitas yang dapat mengedukasi masyarakat dari para kontestan selain memamerkan keindahan fisik kaum hawa. 

“Jika para kontestan itu digembar-gemborkan oleh pemerintah sebagai ajang promosi pariwisata, semestinya para tokoh masyarakat Bali harus komplain kepada pemerintah kalau memang hasilnya tidak ada,” ujar Idin.

Sumber:
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook