Home » » Wilayah Al-Tur Siap Disulap Menjadi Taman Nasional Israel

Wilayah Al-Tur Siap Disulap Menjadi Taman Nasional Israel

 
Al-Tur
Niat untuk membuat Taman Nasional segera dilancarkan Israel. Salah satunya meratakan tanah Palestina di lingkungan Yerusalem yakni al-Tur, pada hari Rabu (21/8/2013).

Polisi Israel juga menutup wilayah Khallat al-Ein dan mencegah penduduk setempat mengakses daerah tersebut, sebelum meratakannya dengan buldoser sekitar 20.000 meter2.

Aktivis lokal, Mufeed Abu Ghannam mengatakan kepada Ma’an bahwa langkah tersebut telah mengejutkan warga. Karena penduduk setempat telah mengajukan petisi pengadilan Israel untuk membekukan semua pekerjaan di wilayah al-Tur.

Pada tahun 2011, Komite Perencanaan Distrik Israel untuk Pembagian Wilayah dan Bangunan di Yerusalem mengajukan rencana pembangunan ‘Taman Nasional’. Menurut Koalisi masyarakat Hak Palestina di Yerusalem, taman tersebut akan dibangun di 738 dunam tanah sitaan dari lingkungan Palestina al-Isawiya dan al-Tur.

Pembangunan taman secara efektif memisahkan lingkungan al-Tur dan al-Isawiya, mengurangi kemungkinan ekspansi masa depan untuk desa-desa Palestina di daerah tersebut, dan memfasilitasi hubungan antara Yerusalem dan Maale Adumim dan permukiman Yahudi E1. 

Sumber:
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook