Home » » Hamas Desak Mesir Buka Perbatasan dan Terowongan Darurat

Hamas Desak Mesir Buka Perbatasan dan Terowongan Darurat


Hamas dilaporkan telah mendesak Mesir untuk segera membuka kembali perbatasan dan terowongan yang ditutup menuju Gaza. Penutupan ini dilakukan Mesir setelah terjadinya serangan terhadap polisi Mesir dekat perbatasan awal pekan ini, worldbulletin melaporkan pada Kamis (22/8).

Hamas memerintah Gaza sejak 2007 dan memiliki hubungan kurang baik dengan pemerintahan baru Mesir yang didukung militer. Militer Mesir telah menggulingkan presiden terpilih Muhammad Mursi, sekutu Hamas, pada bulan Juli lalu. Kairo menuduh Hamas telah mencampuri urusan dalam negeri Mesir, dan menyarankan bahwa Palestina mungkin membantu kelompok-kelompok bersenjata yang aktif di semenanjung Sinai.

Tentara Mesir, yang telah lama curiga terhadap Hamas, juga telah memblokir terowongan penyelundupan barang-barang kebutuhan hidup warga Gaza yang berada di bawah perbatasan antara Mesir dan gurun Gaza.

“Orang-orang Palestina, rakyat Gaza, tidak harus membayar harga untuk setiap masalah atau perbedaan  di Mesir,” kata Ghazi Hamad, wakil Menteri Luar Negeri Hamas.

Sumber:
http://www.islampos.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook