Home » » 10 Tips Rahasia Presentasi Spektakuler ala Steve Jobs (Bagian 1)

10 Tips Rahasia Presentasi Spektakuler ala Steve Jobs (Bagian 1)

Steve Jobs
 
Pada tanggal 5 Oktober 2011 lalu, dunia sedang dilanda kehebohan. Penyebabnya bukanlah karena ada gedung di New York atau Palo Alto yang kena bom lagi, tapi karena adanya seorang manusia yang baru saja diambil oleh Allah SWT, yakni Steve Jobs. Betul Steve Jobs memang bukanlah seorang muslim, tapi ada begitu banyak kebaikan yang bisa diambil dari CEO Apple satu ini untuk kebaikan semua muslim, khususnya yang ingin jadi pengusaha. Dan salah satunya adalah cara Steve dalam menyajikan presentasi. Dalam tulisan berikut, penulis mencoba untuk memaparkan beberapa trik yang sering digunakan oleh Steve Jobs dalam memberikan presentasi terkait produk-produk Apple.
 
Bagi Anda yang doyan mengikuti perkembangan Apple dan produk-produk besutannya seperti iPod, iPhone, iPad, Macbook, dan sejenisnya, Anda pastinya tahu kalau salah satu kunci sukses Apple dalam menjual produk-produk di atas adalah karena keren atau fantastisnya sang CEO dalam mempromosikan barang-barang tersebut di acara peluncurannya.
 
1. Gunakan theme slide yang sederhana
Dalam setiap aksinya di acara peluncuran produk-produk Apple, Steve tampaknya selalu menggunakan theme slide yang itu-itu saja, yakni slide presentasi dengan warna atasan hitam dengan siluet biru tua di bagian bawah. Tapi, alih-alih membosankan, slide yang sederhana ini justru membantu para audiense untuk memfokuskan diri pada presentasi produk secara keseluruhan. 
 
Dan ini adalah salah satu nilai plus dari Steve Jobs karena ada beberapa speakers di dalam acara peluncuran produk yang justru malah suka dengan tampilan slide yang rame dan menyibukkan mata. Tergantung dari tujuan dan untuk siapa presentasi yang Anda berikan, sebaiknya Anda memberi perhatian khusus untuk masalah ini.
 
2. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca
Helvetica adalah favorit Steve Jobs, dan begitu juga Apple. Dalam setiap kesempatan presentasinya, Steve tampaknya selalu menggunakan font ini dalam slide-nya. Salah satu keunggulan Helvetica yang sering tidak dijumpai di font lain adalah pada "clarity" atau kejelasannya, baik ketika ditampilkan dalam ukuran yang kecil maupun besar. 
 
Bila Anda adalah seorang amatiran, terkadang Anda tergoda dan tergerak untuk menggunakan font yang terkini dan seaneh mungkin dengan tujuan untuk menarik perhatian pendengar. Padahal ini bukanlah sesuatu yang bisa dibenarkan.
 
3. Gunakan kata-kata yang bersifat "hiperbola"
Pernahkah Anda mendengar Steve Jobs mengeluarkan kata-kata berikut secara berulang-ulang dalam acara peluncuran produknya; "Amazing", "Fantastic", "Awesome", "Magical", "Blown me away", dan sejenisnya. Yup, Anda benar. Steve memang sering sekali menggunakan kata-kata atau ungkapan di atas untuk melukiskan betapa hebatnya fitur yang dimiliki oleh produk besutan Apple. Dan terkadang kata-kata jenis inilah yang Anda butuhkan untuk menanamkan keyakinan kepada pendengar atau calon pelanggan Anda tentang kehebatan produk Anda. Tentunya dengan harapan bahwa para pendengar itupun nantinya akan meniru-niru Anda ketika menceritakan produk ini kepada teman-temannya. "Oh yeah, this new iPhone just blown me away. I just couldn't speak no more." 
 
4. Ulangi dan ulangi lagi
Agar efek kata-kata hiperbolis tadi semakin mengena di hati dan neuron calon pelanggan Anda, jangan sungkan untuk mengatakannya secara berulang-ulang. Agar tidak terkesan membosankan, Steve biasanya mengulangi kata-kata hiperbolis ini dalam rentang waktu sekitar 5 menit atau setelah berakhirnya video atau penjelasan dari partnernya. Cara ini diharapkan mampu menghindari penonton dari rasa bosan gara-gara Anda sering mengulangi kata-kata sakti tadi. 
 
Ingat selalu kata-kata ini: "Amazing", "Fantastic", "Awesome", "Magical", "Blown me away". Dalam bahasa Indonesia, kita juga mempunyai padanannya. Tidak percaya? Coba ucapkan kata-kata ini; keren, heboh, menakjubkan, ajaib, aneh tapi nyata, dan luar biasa. Untuk membuatnya lebih "heboh" lagi, Anda tidak dilarang untuk mengganti "luar biasa" menjadi "luuuuuuuuuarrrrr biasa". Hehehe, "ajaib" bukan? 
 
5. Minimalisir kuantitas teks, maksimalkan di pernyataan
Dalam setiap slide yang Steve tampilkan, pria kelahiran tahun 1955 ini cenderung untuk menggunakan sesedikit mungkin teks. Teks di dalam slide hanya berfungsi sebagai pengingat saja. Sementara penjelasannya ada di dalam kepala dan ujung lidah Steve sendiri. Dengan demikian, penonton pun akan sulit memalingkan perhatiannya dari Steve. Hal ini berbeda bila Anda menggunakan teks di dalam slide yang tampil dalam porsi besar dan banyak sehingga akan membuat penonton bosan karena mereka menganggap Anda lebih kelihatan seperti orang yang sedang membacakan alih-alih menjelaskan. 
 
Hei, kalau membaca saja semua orang bisa bukan? Mending lakukan di rumah saja. Tidak perlu repot dan buang-buang waktu untuk pergi ke event peluncuran produk Anda. Betul tidak? 
 
Oke, untuk saat ini, sampai di sini dulu trik sukses presentasi ala Steve Jobs. Di bagian kedua dari tulisan ini, penulis akan mencoba untuk mengangkat beberapa trik lagi yang tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan. Bila Anda adalah seorang pendiri perusahaan atau seorang CEO, Anda sebaiknya tahu seni dalam memberikan presentasi. 
 
Sumber : http://www.pengusahamuslim.com
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 57 Responses so far.

18 Oktober 2011 13.34

wah memang ruarrrr biasa gan tipsnya...salam santap siang gan..

18 Oktober 2011 13.42

Wah tips yang sangat menarik sekali :)
patut dicoba!

18 Oktober 2011 19.19

Saudara achamd taher@
salam Ukhuwah.., syukran dah mampir & komen yaa *smile

Saudara uchank@
Betul sob.., patut dicoba..,
syukran dah mampir & komen yaa *smile

21 Oktober 2011 15.02

tips yang keren! sangat bermanfaat sekali... ^^

21 Oktober 2011 18.57

saudari@
Hana Nuraini..,makasih dah mampir n komen...

24 Oktober 2011 13.27

Tips ini yang menjadikan pendiri Apple menjadi spektakuler,
selalu ada tips dan posting yang spektakuler disini....
trimakasih tipsnya....

24 Oktober 2011 18.34

hahaha kalo hiperbola, aku jagonya :p

tapi kalo mengulang... er-r, kadang malah gak bagus menurutku.. bisa bisa malah tampak membosankan >_< walau ada selang 5 menit sih.. tapi bagus kalau lebih variatif

24 Oktober 2011 19.48

aku tiruin coba,,!!

25 Oktober 2011 04.32

saudara Zaenal Blog@
iya Inysa Allah.., ini postingan pertama ntr Insya Allah postinga keduanya..,Thx dan mampir & komen

Saudari Nurmayanti Zain@
lebay gk selama tercela hhehe.., mgkn mengulangx perlu dikarenakan yg hadir dlm presentase sangat bnyak, ditambah lg dgn daya tangkap org yg beda2, jadi pengulangan i2 bisa sj sangat efektif...,Thx dan mampir & komen

Sauarai Putrie Jrs@
coba aja *smile,Thx dan mampir & komen

25 Oktober 2011 19.03

rasanya tips di atas itu relatif ya untuk digunakan. kurang bisa menjadi standar penggunaan karena masih harus disesuaikan dengan sikon presentasi yang akan dijalani.
tapi, ada manfaat yang bisa kita ambil sebagai referensi.
nice share gan. :)

25 Oktober 2011 21.57

Saudara panduan belajar blog@ klo disimak scr seksama tips2 diatas hampir scra Umum digunakan dlm semua tema Presentase & tentux dgn sedikit variasi2 dr sang pembawa Materi berdsarkan sikon..

Thx dan mampir & komen *smile

26 Oktober 2011 23.49

Tip marketing dan promosi yang sempurna,semoga jadi acuan kita untuk berbisnis.Agar kita bisa sukses seperti Aplle.Nice post sob,thank ya.Happy blogging.

27 Oktober 2011 17.23

wah, manfaat banget tulisannya.
anyway, syukron ya, sudah mampir di blog saya :)

29 Oktober 2011 09.30

sederhana tpi mudh dimengerti.... benar benar luar biasa almarhum Steve Jobs ini...

29 Oktober 2011 16.14

dari semua itu, yg bisa aku tangkap, intinya pencapaian kepada sasaran. Tidak harus bikin orang melongo takjub namun gagasan tidak tersampaikan.

31 Oktober 2011 13.48

Saudara Er'end@
emank tips diatas layak dicoba. apalgi dah terbukti keampuhanx, liat aja apple.., *smile
Thx dan mampir & komen *smile

31 Oktober 2011 13.49

Rizki Khotimah@
afwan.., sama.,
Thx dan mampir & komen *smile

dexamaker.blogspot.com@
iya sob..,
Thx dan mampir & komen *smile

31 Oktober 2011 13.50

Keluarga Sakinah@
Betul panilaianx Sob.,
Thx dan mampir & komen *smile

1 November 2011 02.52

oke tipsnya ni

2 November 2011 13.18

steve jobs pinter bnget ya, tapi orangnya simpel...

18 November 2011 15.09

semoga saya bisa jadi orang besar kayak steve jobs suatu hari nanti :D doakan saja. Nice Post

19 November 2011 18.11

follow ane yahhh.,

19 November 2011 19.11

senantiasa belajar@
Thx dan mampir & komen *smile

Windows 7 Blog@
iya bro..,Thx dan mampir & komen *smile

19 November 2011 19.16

Yahyagan Blog@
semoga sisi kepintaran steve jobs ini bs di pelajari & di amalkan dlm dunia bisnis syariah..
Thx dan mampir & komen *smile

A7X@
sip gan *smile
Thx dan mampir & komen *smile

21 November 2011 15.17

terimakasih kawan sudah berbagi tips presentasi yang sangat menarik ini, layak dicontoh, terutama bagi saya :)

21 November 2011 20.32

kamu lulusan Ilkom UGM ya? aku angkatan pertama. datengin dong blogku ada foto waktu pameran di UI ini linknya http://ratnawatiutami.blogspot.com/2011/11/pe-er-11-tentangku-dari-riu.html

22 November 2011 14.24

ah ini dia nih, thank u yah u share nya. eh nama benernya sapa sih rohis FB?

22 November 2011 14.52

mbak Ami@
iya aq dah kunjungi blogx mbk.., smg sukses selalu ya mbk Aamiin...
Thx dan mampir & komen *smile

puteriamirillis@
panggil aja naufal...,
Thx dan mampir & komen *smile

22 November 2011 17.03

mantap tipsnya sob

22 November 2011 17.20

rumput dan ilalang@
Thx dan mampir & komen *smile

22 November 2011 21.35

blogwalking sob,

btw, nice post juga nih. ^^

28 November 2011 12.17

mantab bro yang ini nih menjadi pelajaran dan semangat baru buat yang sederhana, karena yang sederhana biasa dikembangkan ke arah yang lebih maju. makasih atas infonya dan semoga bermanfaat bagi yang lain. keep spirits and do the best

28 November 2011 12.44

Share Our Knowledge@
Thx dah mampir & komen *smile

bloekoetoek@
Betul sob...
Thx dah mampir & komen *smile

28 November 2011 13.30

wahh.
ternyata
font Helvetica yang saya sukai ternyata menjadi favorit si Steve Jobs dan Apple juga yah.
pantesan kalau di Safari, font standarnya Helvetica.

Stay Foolish, Stay Hungry

28 November 2011 15.55

Kevin@
iya Pak itu juga font favorit sy.., & emank bnyk org yg suka...makasih infox pak..*smile

Thx dah mampir & komen *smile

1 Desember 2011 18.30

tips yang luar biasa dan sungguh saya suka
mantab sekali... :)

1 Desember 2011 19.53

wiiihhh bener juga ya,
waktu aku presentasi kmarin kemarin, kalimat di slidenya panjang banget, bikin audiens malah lebih fokus ke slide, bukan ke pematerinya..
bisa ditambahin juga slide khusus tayangan gambar/video. itu bagus bwt narik perhatian audiens dan bikin mereka nggak jenuh.
hhe

3 Desember 2011 09.31

hii salam kenal iya dari vira .. :)
jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
SALAM BLOGER INDONESIA..:)

4 Desember 2011 18.45

tipsnya keren mas, salam kenal ya sukses selalu

4 Desember 2011 18.56

anisayu@smg bermanfaat...
Thx dah mampir & komen *smile

srrriii@
smg bermanfaat...
Thx dah mampir & komen *smile

vira@
insya Allah.., salam ukhuwah....
Thx dah mampir & komen *smile


Wahid Sahidu@
salam...,insya Allah...
Thx dah mampir & komen *smile

9 Desember 2011 13.43

wah baguz juga nih tips dari alm. steve mksih gan uda berbagi

9 Desember 2011 13.46

Baguz Juga Nih tips dari alm. steve, makasih gan udah berbagi

9 Desember 2011 14.02

Zh!nTho@
sama2 bro..,thx dah mampir & komen *smile

9 Desember 2011 16.30

:) keren tipsnya

10 Desember 2011 20.38

mantabs nih. mmg sedikit banyaknya, suksesnya presentasi berbanding lurus dgn pencapaian. :)

12 Desember 2011 18.14

kunjungan balik sobb.,

13 Desember 2011 14.53

Tip & trik dari seorang hebat... Siapa yang meragukan? :D

13 Desember 2011 16.18

pri crimbun@
Thx sob..

Accilong@
iya cz presentasw sama aja dgn iklan

Candra@
thx..

Zico Alviandri@
iya dah terbukti ko'... *smile

16 Desember 2011 21.54

hadir bang.,

ditunggu kunjunganya.,

klo bisa di follow yaaaa.,

18 Desember 2011 06.30

Yups, memang perlu segala persiapan untuk presentasi dengan hasil yang maksimal untuk mendapatkan perhatian audience ....

18 Desember 2011 23.38

kesederhanaan tapi konsistensi yang tinggi memang kunci sukses dengan didukung inovasi ,aple tetap terdepan, trims tulisannya bermanfaat paling tidak jadi motivasi...belajar memang dari mana saja dan dari siapa saja asal positip..sukses selalu ...salam kenal

19 Desember 2011 10.28

aye, gan..
semoga kita bisa meng ATM (amati, tiru, modifikasi) hal2 yang positif yg dilakukan oleh tokoh2 besar..
salam kenal, salam persahabatan.. :)

19 Desember 2011 20.52

Outbound Malang@
salam Ukhuwah... *smile

23 Desember 2011 20.17

kalimat yang terlalu hiperbola juga kadang membuat para penyimak presentasi menjadi malas karena terkesan berlebihan. gunakan saja yang sewajarnya. bila memang ada penekanan, jangan terlalu berlebihan. :)

26 Desember 2011 01.43

wah,, makasih mas rohis share nya tentang pak Steven ini. Mudah-mudahan persentasi saya lancar,, haha

1 Januari 2012 10.22

Tips yang bermanfaat
terima kasih ya

1 Januari 2012 11.52

SAZLINA COMP@
sama2.. *smile

Resolusi Juara 2012@
sama2...semoga lancar2 sj ya.. *smile

Inspirasi Kecilku@
iya mas..,kita ikuti sj langkah2 Stteve job diatas., soalx dah terbukti sih.. *smile

Posting Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup