Home » » Kumpulan Tips-tips Seputar Musim Kemarau, cara Merawat Kulit, cara memilih baju buat sang Bayi dan lain-lain

Kumpulan Tips-tips Seputar Musim Kemarau, cara Merawat Kulit, cara memilih baju buat sang Bayi dan lain-lain

Tips-tips Seputar Musim Kemarau

Kami akan terus meng-update artikel ini apabila didapat tips-tips yang lain seputar musim kemarau, Insya Allah....
 
Merawat Kulit saat Kemarau Versi. 1

Musim boleh saja berubah, tapi tidak dengan kulit Anda.

Panas menyengat sepanjang hari adalah ciri khas musim kemarau. Selain panas sinar matahari, debu dan kotoran juga lebih banyak di musim kemarau. Jadi jika kulit tidak mendapatkan perlindungan yang maksimal, bisa menimbulkan efek negatif pada kulit seperti berikut:

EFEK PADA KULIT

1. Jerawat

Suhu udara yang meningkat di musim kemarau bisa memicu peningkatan produksi minyak. Ditambah debu yang jumlahnya lebih banyak, membuat jerawat dan komedo lebih mudah muncul.

2. Tinea Alba

Paparan sinar matahari yang cukup tinggi dan tidak adanya perlindungan bisa memicu timbulnya tinea alba. Tinea alba adalah bercak putih di pipi yang membuat kulit wajah terlihat belang-belang.

3. Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari pada dasarnya merangsang pigmen. Namun ketika paparan itu terlalu sering dan lama, maka akan merangsang pigmen kulit lebih banyak sehingga muncullah melasma, freckles, yang tentu saja akan mengganggu keindahan kulit.

4. Perubahan Tekstur Kulit

Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan kulit mengencang dan rapuh. Umumnya kondisi ini ditemui pada kulit yang keriput, terutama di punggung dan leher. Tanda-tanda yang terlihat adalah keriput kasar dan munculnya warna kuning pada kulit

5. Penuaan Dini

Penuaan dini (photoaging process) akan terjadi lebih cepat bila kulit sering terpapar sinar matahari. Sebab, kulit jadi kering, keriput, mengelupas, pori-pori membesar dan mulai muncil hiperpigmentasi. Tanda-tanda itu akan makin jelas bila kulit tidak dirawat dengan baik.

PERAWATAN DAN PERLINDUNGAN
Agar paparan sinar matahari yang berlebihan di musim kemarau tidak mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit, maka harus ada perawatan yang dilakukan secara intensif setiap harinya.

1. Membersihkan kulit

Kulit yang bersih adalah kunci dari kesehatan kulit. Banyaknya produksi minyak dan keringat ditambah debu yang menempel membuat kulit kotor. Untuk itu kulit harus dibersihkan lebih rutin. Boleh menggunakan susu pembersih atau sabun. Tergantung tebal tipisnya riasan dan jenis kulit. Jangan lupa menggunakan pelembab atau toner sehabis mencuci wajah agar wajah segar dan kelembabannya terjaga

2. Sunblock

Pengolesan sunblock harus lebih sering di musim kemarau. Sebab, matahari berada pada posisi tegak lurus sehingga paparannya terasa langsung. Dianjurkan memilih sunblock dengan SPF-30 ke atas untuk daerah tropikal yang panas.

3. Serum, Krim pagi, Krim malam dan Vitamin

Krim dan serum dapat meresap cepat ke jaringan kulit dan menutrisi kulit dari luar. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk jenis kulit anda dan produk apa yang cocok di pasaran.

4. Air Putih

Air putih adalah solusi dalam setiap kondisi, termasuk untuk perlindungan kulit di saat kemarau. Air putih menghindarkan diri dari dehidrasi, sehingga kulit tetap segar. Minumlah air putih sebanyak mungkin, atau setidaknya dua liter setiap harinya.

5. Asupan Gizi

Kulit sehat bisa diperoleh lewat perawatan dari luar maupun dalam. Dari dalam, konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin, mineral dan sumber-sumber antioksidan sangat dianjurkan. Hal ini untuk mengurangi radikal bebas yang semakin banyak di musim kemarau.

Merawat Kulit Saat Kemarau Versi. 2

MUSIM kemarau tiba. Cuaca yang dingin berubah menjadi panas. Itu adalah hal biasa bagi kita yang hidup di negara beriklim tropis.

Biasanya, pergantian musim kerap membuat banyak persoalan bagi para penghuni alam tropis ini. Salah satu contoh yang paling sering dialami adalah permasalahan kulit. Perubahan suhu dari rendah ke tinggi atau sebaliknya akan membuat kulit menjadi tidak nyaman. Tak jarang kulitpun menjadi terasa kering dan kusam.
Walaupun penyebab kulit kering dan kusam bukan mutlak karena pergantian musim, setidaknya hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab. Kulit kering atau kusam bisa dicirikan dengan permukaan kulit yang terlihat pecah-pecah dan kasar. Sudah pasti kusamnya kulit karena kurangnya cairan yang bisa melembapkan lapisan kulit.

Terlebih pada saat musim kemarau seperti sekarang. Suhu yang panas akan lebih mudah menstimulasi tubuh untuk mengeluarkan cairan. Lantas bagaimana agar kulit tetap terlihat oke? Berikut beberapa tip yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

Tidak BerendamSebisa mungkin Anda tidak merendam tubuh saat cuaca sangat panas. Kalaupun Anda sangat tidak tahan, jangan merendam tubuh terlalu lama. Itupun sebaiknya Anda lakukan dengan air hangat.
Karena wajah adalah bagian tubuh yang paling lama terpapar sinar matahari, usahakan jangan terlalu sering membasuh wajah dengan air. Lakukan sekali saja pada malam hari. Meskipun mandi akan terasa sangat menyegarkan buat Anda, tetap saja Anda hanya dianjurkan mandi sehari dua kali.

Bersihkan Sisa SabunIni yang biasanya kurang diperhatikan. Biasakan Anda mencuci muka di wastafel yang dilengkapi dengan kaca. Sehingga Anda tahu benar apakah wajah sudah bersih atau belum? Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel di wajah Anda. Sisa sabun bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Perbanyak Minum Air PutihUntuk menghindari dehidrasi yang berlebihan pada tubuh Anda, saat kemarau biasakanlah memperbanyak minum air putih. Dehidrasi adalah faktor penyebab terbesar pada kasus kulit kering dan kusam. Selain air putih, jangan lupa juga untuk menambah asupan buah dan sayur-sayuran.

Hindari Paparan AC
Satu lagi, dengan kinerjanya yang hanya memutar balik udara di ruangan, membuat kondisi udara tidak bisa dijamin bersih. Coba perhatikan, pernahkah Anda merasa ruangan terasa dingin tapi terasa kering di kulit? Kondisi seperti itulah yang bisa menyebabkan kulit Anda semakin kering. Memang tidak ada larangan bagi Anda untuk memasuki ruangan ber-AC. Usahakan jangan terlalu lama terpapar di ruangan AC.

Gunakan PelindungKalau Anda harus bersentuhan atau bersinggungan langsung dengan bahan yang bersifat iritan, jangan lupa gunakan sarung tangan atau pelindung lainnya. Misalnya, gunakan sarung tangan saat Anda menyentuh detergen karena kulit Anda sangat sensitif terhadap detergen

Olahraga Rutin
Mungkin ini adalah tip yang paling standar. Tapi percayalah dengan olahraga akan sangat membantu untuk mengatasi kekeringan dan kekusaman pada kulit Anda. Bukan tanpa alasan loh! Dengan olahraga kan berarti aliran darah akan menjadi lancar. Dengan demikian suplai nutrisi kekulit akan terpenuhi.

Gunakan PelembapPastilah Anda wajib menggunakan pelembab kalau tak mau kulit Anda terlihat seperti ribuan hektar lahan yang retak-retak layaknya bongnkahan-bongkahan tanah kering. Oleskan pelembab setelah Anda mandi. Pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda. Cirinya, tidak meninggalkan rasa berminyak saat Anda gunakan.(Genie/Genie/nsa) 
Sumber : http://wardah-cimahi.blogspot.com/2009/08/7-cara-agar-kulit-tidak-kusam-saat.html


Merawat Kulit saat Kemarau Versi. 3

Sudahkah Anda siap menyambut cuaca panas yang bakalan terasa panjang dan menyengat?
KapanLagi.com - Biasanya, saat musim kemarau tiba, yang benar-benar kita pikirkan hanyalah bagaimana meredakan kegerahan. Tapi, alangkah baiknya, saat musim yang gerah itu datang, Anda juga memikirkan bagaimana merawat kulit supaya tetap indah, jauh dari pengaruh sinar matahari yang merusak. Anda bisa mencoba beberapa tips yang kami berikan ini untuk perawatan kulit selama cuaca panas:

- Menurut para ahli cara terbaik membuat kulit Anda siap menyambut cuaca panas adalah melakukan exfoliating (pengelupasan) secara teratur. Menyingkirkan kulit mati dan sel kulit kering. Gunakan waslaf, kain, buff puff atau peralatan semacamnya yang banyak dijual di toko-toko. Basahi seluruh tubuh Anda di kamar mandi atau shower. Olesakan lulur atau produk semacamnya diwaslaf, lalu gosok, lakukan dengan lembut dengan gerakan melingkar.

- Setelah melakukan exfoliating (pengelupasan) secara teratur, memberikan pelembab pada kulit merupakan kunci kedua perawatan saat cuaca panas. Jika kulit Anda hanya sedikit kering, Anda bisa menggunakan pelembab yang agak cair dan jika sangat kering, pilih pelembab berbentuk krim. Gunakan setelah melakukan pengelupasan kulit mati, bercukur, dan mandi. Pada dasarnya memberi pelembab setelah bercukur membantu kulit tetap segar sampai tubuh Anda dapat melakukannya sendiri.

- Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat kulit tetap bagus, tapi yang paling penting dilakukan pada musim ini adalah perlindungan dari sinar matahari. Seberapa tingginya kandungan sun protection factor (SPF) yang Anda butuhkan tergantung seberapa putihnya kulit Anda. Pilih tabir surya dengan SPF 15 yang dilengkapi dengan label broad spectrum protection atau UVA protection. Pilih tabir surya berlabel nonacnegenic atau noncomedogenic untuk menjaga supaya bebas komedo.

- Kita semua tahu sinar matahari merusak kulit, tapi tahu kah Anda itu juga memberi pengaruh pada masalah mata? Lindungi wajah dan mata Anda dengan topi dan kaca mata yang memberikan perlindungan 100% pada sinar UV matahari.

- Beberapa pengobatan, seperti obat jerawat atau pil KB punya efek meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Jadi, jika Anda menggunakan obat ini, tambah perlindungan matahari yang Anda gunakan.

- Jangan lupa mengoleskan tabir surya kapan pun Anda akan keluar dan menentang matahari, pastikan mengoleskan tabir surya dengan SFP 30 pada bekas luka, karena sinar matahari dapat membuat bekas luka Anda semakin gelap.

Selamat menyambut musim kemarau, dan jangan lupa merawat kulit saat Anda mengusir gerah. (wo/erl)

Cara Merawat AC Saat Musim Kemarau

Beberapa orang berpendapat, bahwa AC yang dingin dalam kendaraan sangat berpengaruh terhadap emosi anda saat berkendaran

Merawat AC sebenarnya mudah dan dapat dilakukan sendiri. Tidak perlu ke tempat jasa service AC. Untuk menjaga agar AC awet dinginnya, periksalah AC secara periodik setahun sekali. Sebagai langkah penghematan, sebaiknya matikan switch AC agar tidak terbuang percuma saat mesin dinyalakan. Berikut ini bagian-bagian alat elektronik AC yang perlu diperhatikan dalam langkah perawatan :

1. Selang AC / Hose AC: Periksalah selang / hose apakah ada kebocoran atau tidak karena kebocoran dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

2. Receiver / Dryer: Periksalah apakah receiver/dryer masih layak pakai atau harus diganti. Perhatikan indikatornya. Bila terjadi kerusakan dan tidak cepat diganti, lama kelamaan kerusakan akan merembet ke alat lain seperti expansion valve, kompresor, dll.

3. Pelumas : periksalah apakah pelumasnya perlu ditambah.

4. Condensor : sebagai tempat heat exchange / tempat sirkulasi udara panas berpindah, bagian ini harus dibersihkan. Kotoran yang menumpuk dapat mengurangi udara dingin.

5. Unit pendingin : Periksalah unit pendingin apakah ada kebocoran. Bila kotor segera bersihkan, karena jika bagian ini kotor, daya dingin tidak dapat tembus keluar karena dinding unitnya dilapisi kotoran tebal. Kalau sudah begitu dapat menimbulkan karat dan bila suatu saat dibersihkan dapat terjadi kebocoran. Di AC Service Center beberapa hal di ataslah yang dilakukan.

6. Periksalah: apakah gas dan freon kurang. Pengisian freon jangan berlebihan dan jangan kekurangan. Untuk mengisi freon / gas harus diperiksa terlebih dahulu oleh bengkel service AC.

7. Evavorator : periksa juga bagian ini dan bersihkan dari kotoran.

sumber : http://domba-bunting.blogspot.com/2009/05/cara-merawat-ac-saat-musim-kemarau.html

Baju Bayi Ketika Musim Panas

Ketika musim kemarau tiba, Anda perlu cermat dalam memakaikan jenis pakaian yang sesuai dengan buah hati Anda. Tipe pakaian yang bagaimanakah yang sesuai digunakan? Mari kita lihat di bawah ini.
  • Terusan
Pakaian model terusan merupakan jenis pakaian bayi yang paling umum untuk digunakan. Model jenis pakaian ini beragam, mulai dari yang berbentuk celana panjang, celana pendek, lengan panjang, dan lengan pendek.

Anda dapat mengenakan model lengan pendek dan celana pendek kepada buah hati Anda. Selain itu, Anda juga perlu memastikan jenis bahan pakaian tersebut. Sebab akan lebih baik jika berbahan dasar 100% katun. Bahan ini sangat nyaman untuk digunakan dan tidak panas.

Disamping itu, pastikan juga bahwa ukurannya pas dengan buah hati Anda, sehingga ia dapat bergerak dan bernapas dengan baik. Karena pada musim kemarau, matahari akan sangat terik, maka gunakanlah warna-warna yang terang dan hindari penggunaan pakaian dengan warna-warna yang dapat menyerap sinar matahari.
  • Topi
Jika Anda berencana untuk membawa buah hati Anda keluar, jangan lupa kenakan topi kepada mereka. Topi dapat mencegah kulit wajah buah hati Anda terekspos oleh sinar matahari. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mengenakan buah hati Anda dengan krim tabir surya yang sesuai untuk usia mereka.
  • Jaket tipis dan Selimut tipis
Apabila Anda berencana untuk membawanya keluar di malam hari, buah hati Anda dapat menggunakan jaket namun yang tipis dan ringan. Untuk itu Anda dapat dengan cermat memperhatikan bahan dasar dari jaket tersebut. Sehingga ketika digunakan tidak menimbulkan rasa gerah pada buah hati Anda. Selimut tipis juga dapat Anda jadikan pilihan dalam melindungi tubuh mereka dari terpaan angin malam.
  • Celemek
Ketika Anda berpindah dari suhu temperatur yang berbeda bersama buah hati Anda, tubuh mereka akan bereaksi dan memungkinkan mereka terkena pilek. Hal ini sangat umum terjadi ketika musim kemarau. Celemek dapat menjadi sangat berguna untuk mencegah mereka bersin dan mengotori pakaiannya.

sumber : http://bayi-lucu.com/baju-bayi-ketika-musim-panas.html

Kemarau Datang, Gatal Jamur Menyerang

Gatal JamurKemarau identik dengan cuaca yang panas, bikin gerah, dan membuat kita terus-terusan berkeringat. Jangankan di siang hari, bahkan di malam hari pun suhu masih terasa panas. Jika Anda kebetulan berada di ruangan yang menggunakan AC (/Air Conditioner/), mungkin situasi seperti ini tidak begitu mengganggu. Tapi, di ruangan tanpa AC, dan / atau hanya mengandalkan kipas angin, maka serta merta keringat pun keluar membasahi tubuh. Ini membuat kulit rawan terserang gatal jamur. Dan sering kali
pencegahan aktif dibutuhkan untuk mengatasi problem ini.

Jamur (dalam medis disebut /Tinea, Eczema/ atau Eksim) tumbuh pada  daerah yang basah dan lembab, dan semakin subur jika daerah tersebut tertutup oleh lipatan tubuh dan terhindar dari cahaya matahari. Keberadaan jamur ini akan menimbulkan rasa gatal pada daerah setempat. Jika digaruk, maka luka di tempat garukan itu pun akan menjadi media yang sangat bagus tempat tumbuhnya jamur. Tidak hanya jamur, juga berpotensi muncul infeksi kulit lain seperti /cellulitis/ yang biasanya berasal dari bakteri anaerob yang menempel pada kuku. Ini salah satu sebab utama mengapa gatal karena jamur tidak boleh digaruk.
 
Dalam dunia kedokteran, jamur ini biasanya disebut sebagai Tinea. Tinea ini diambil dari bahasa latin yang berarti Worm atau Larvae. Disebut juga sebagai ringworm. Tidak ada hubungannya dengan worm (cacing) sama sekali. Ini merupakan sebutan untuk ruam kulit yang memerah, bersisik, gatal, dan terlihat memiliki lingkaran merah (halo) yang mengelilinginya. Istilah yang lebih tepat untuk penyakit kulit karena jamur adalah Dermatophytosis yang artinya penyakit kulit yang disebabkan oleh biota seperti Trichophyton rubrum, Trichophyton tonsurans, Trichophyton interdigitale, Trichophyton mentagrophytes,
Microsporum canis, dan Epidermophyton floccosum. Penggunaan istilah Tinea biasanya diikuti dengan menunjukkan lokasi kulit yang terinfeksi, contohnya Tinea Capitis yaitu infeksi jamur yang menyerang kepala, Tinea Cruris yaitu infeksi jamur yang menyerang lipatan kulit, dan sebagainya.
 
Sebenarnya, resiko terserang jamur ini tidak hanya pada daerah yang bertemperatur tinggi. Pada daerah yang bertemperatur rendah pun, jamur juga bisa tumbuh. Perbedaannya adalah jika Anda bekerja pada daerah yang bertemperatur tinggi, maka resiko terserang jamur meningkat hingga 4x lipat dibandingkan dengan daerah yang bertemperatur lebih rendah.

Gatal di kulit karena jamur tentunya membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Apalagi rasa gatal itu begitu tak tertahankan sehingga tidak jarang penderitanya tidak sadar menggaruknya, bahkan di depan umum sekalipun. Jika keadaan ini berlanjut, maka akan menyebabkan kesan jorok pada mereka yang menderita jamur, padahal istilah ‘jorok’ jelas kurang cocok untuk menggambarkan situasi ini. Jamur itu tumbuh pada lokasi yang lembab, tidak peduli apakah lokasi itu bersih atau jorok.

sumber : http://careandhealed.com/2010/05/kemarau-datang-gatal-jamur-menyerang/

Merawat Tanaman Saat Kemarau

KOMPAS.com - Teriknya kemarau yang masih berlangsung saat ini bukan alasan untuk tidak merawat tanaman dan kesegaran taman di rumah Anda. Tanpa disadari, taman hijau mampu menyegarkan tubuh panasnya sengatan matahari.

Taman bisa dirawat pada waktu matahari dalam masa-masa "aman", yakni pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore hari setelah pukul 17.00. Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat taman di saat itu:

Menyiram secara teratur
Menyirami tanaman dan rumput di taman secara teratur sangatlah penting. Apabila tidak rutin, tanaman cepat mengering dan kemudian mati, karena di musim kemarau panjang tanaman dan rumput membutuhkan kelembaban lebih tinggi melalui penyiraman. Misalnya, Anda melakukan penyiraman sekali sehari pada pagi atau sore hari.

Manfaatkan kerikil atau batu alam
Jika telanjur rumput mengering dan mati, maka akan terlihat area yang gundul. Untuk itu, segera manfaatkan area gundul tersebut dengan menata kerikil atau batu-batuan di atasnya. Dengan begitu, lahan gundul tersebut tetap bermanfaat, yaitu sebagai stepping stone ketika Anda berada di taman sehingga meminimalkan rumput terinjak-injak.

Merapikan taman
Rumput liar sangat mengganggu pertumbuhan rumput, sehingga Anda harus menyempatkan diri mencabutnya. Jika dirasa perlu, rumput yang meninggi juga perlu dipangkas agar tampil rapi. Pohon-pohon di taman juga wajib dirapikan, caranya dengan mengambil yang berdaun tua dan bersihkan dari batang.

Tanam yang tahan panas
Sedih rasanya melihat tanaman mati karena kepanasan. Karena itu, cobalah menanam tanaman yang tahan dengan sengatan panas matahari. Jenis tanaman tersebut terutama tanaman tropis, seperti palem, begonia, walisongo, puring, dan lain-lainnya.

Sumber :http://properti.kompas.com/index.php/read/2011/09/15/13373913/Kemarau.Bukan.Alasan.Menyiksa.Tanaman 

Menyiapkan Mobil Di Musim Kemarau

Jakarta - Musim kemarau akan segera tiba. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan musim kemarau di beberapa daerah di Indonesia akan dimulai bulan Mei dan Juni 2011.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan kendaraan kita untuk bisa mengarungi perjalanan dengan nyaman di bawah teriknya matahari.

"Sebenarnya memang tidak terlalu signifikan dalam merawat kendaraan kita di saat musim panas seperti ini atau pada musim hujan. Namun memang ada beberapa yang harus lebih diperhatikan di saat musim panas," kata Parman Suanda, Service Manager dari Plaza Toyota, Jakarta, ketika berbincang dengan detikOto.

Yang sebaiknya Anda perhatikan pada kendaraan kita di saat musim panas adalah:

1. AC (air conditioner). Dimulai dari freon hingga keluarnya udara sejuk yang berasal dari lubang AC Anda, dan jangan lupa untuk mengecek AC anda setiap 20.000 km atau enam bulan sekali.

2. Perhatikan oli dan air radiator kendaraan Anda. Karena suhu yang dihasilkan oleh kendaraan Anda di saat musim kemarau tentunya akan lebih panas dari sebelumnya. Gunakanlah oli yang sesuai dengan standar pabrik atau minimal gunakanlah oli yang multigrade (bisa digunakan untuk cuaca apapun), atau memiliki kapasitas 5W-30. Dan lakukanlah pemeriksaan secara rutin tentunya.

3. Bukalah kaca terlebih dahulu sebelum menyalakan kendaraan anda. Agar terdapat sirkulasi atau pergantian udara dan bisa menghilangkan bau zat kimia plastik dari dashboard yang terkana langsung cahaya matahari di dalam kendaraan anda.

4. Periksalah kondisi rem anda agar berfungsi dengan baik. Karena suhu panas bisa menyebabkan debu yang berlebih pada rem Anda, yang bisa menyebabkan cakram kurang pakem. Debu-debu tersebut juga bisa mengeras dan bisa menyebabkan tergoresnya piringan cakram mobil Anda. Dan yang terakhir bisa menimbulkan bunyi yang akan terdengar jelas di saat Anda sedang berkendara.
 

Sumber : http://us.oto.detik.com/read/2011/04/05/152130/1609025/641/menyiapkan-mobil-di-musim-kemarau 

Menggunakan AC Mobil yang Tepat di Musim Kemarau

Jakarta - Musim kemarau yang panas membuat AC mobil semakin berat kerjanya. Namun tahukah Anda bahwa AC pun bisa berbahaya untuk kesehatan jika Anda tidak mengetahui cara yang baik dalam menggunakannya.

Seperti yang diungkapkan Parman Suanda, Service Manager dari Plaza Toyota, Jln. Kapten Pierre Tendean, Jakarta.

"Menggunakan AC dalam kendaraan dalam waktu yang lama di area parkir dan disinari cahaya matahari secara langsung itu memang berbahaya. Karena di dalam kendaraan seperti dashboard dan jok itu dibuat dengan menggunakan bahan kimia seperti penggunaan bahan plastik yang bisa berbahaya jika langsung terhirup oleh kita," ungkap Parman saat ditemui detikoto, Selasa(5/4/2011) di kantornya.

Parman pun menjelaskan bagaimana caranya untuk mengantisipasinya. Di saat kita menghidupkan kendaraan, kita jangan langsung menghidupkan AC.

"Sebelum menghidupkan AC kita harus membuka jendela terlebih dahulu agar terdapat sirkulasi udara yang baik," katanya.

Baru setelah itu kita bisa langsung menghidupkan AC agar mendapatkan udara yang sejuk.

"Namun setelah kita menghidupkan AC kita jangan terlalu sering membuka jendela. Karena ini bisa menyebabkan udara kotor masuk yang bisa membuat mampet saringan AC-nya," ujarnya.

Parman juga menambahkan untuk tidak menaruh makanan di dalam kendaraan karena itu juga bisa menyebabkan bau yang tak sedap didalam kendaraan.

"Kalau ini sering terjadi maka ini akan menyebabkan evaporator (sarang tawon) bisa menjadi jamuran dan lama kelamaan akan menjadi rusak karena itu," tutupnya.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2011/04/05/183057/1609304/641/menggunakan-ac-mobil-yang-tepat-di-musim-kemarau

Terinspirasi dari panasnya kota Makassar....

Tulisan lainnya yang berkaitan dengan musim kemarau:

http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/09/foto-foto-kekeringan-sawah-di-musim.html
http://rohis-facebook.blogspot.com/2011/09/foto-foto-kemarau-yang-unik.html
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 5 Responses so far.

13 Oktober 2011 17.24

Thx ya gan buat tips and info yg menarik

13 Oktober 2011 17.27

tipsnya bagus-bagus dan sesuai banget dengan kondisi di daerah ane

15 Oktober 2011 16.38

Kiat Bahagia@
sama2..,smg bermanfaat.
makasih juga dah mampir dan komen

Makhasin@
iya sesuai jg dgn kondisi kota saya makassar....,smg brmanfaat ya Pak..., *smile

20 November 2011 23.55

nice for post "I LIKE IT" :D

21 November 2011 00.07

Aditya Harviansyah@
makasih sob dah mampir dan komen *smile

Posting Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup