Home » » FIQIH NONGKRONG

FIQIH NONGKRONG


Istilah nongkrong, kongkow-kongkow (dalam bahasa Betawi) atau majlas (dalam istilah warga keturunan Arab) tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita terutama bagi kaula muda. Budaya ini hampir tidak bisa dilepaskan dari keseharian masyarakat Indonesia. Kata orang jawa “Mangan ra mangan waton kumpul” artinya apapun kondisinya mau makan ataupun tidak yang penting ngumpul. Soal tempat bisa dimana saja, mau di pinggir jalan, kafe, warung kopi, kosan dll semuanya bisa. Hanya saja aktifitas ini -pada umumnya- cenderung tidak memberikan manfaat apa-apa, bahkan tak jarang aktifitas ini tanpa disadari berubah menjadi ladang dosa.

Agar nongkrongnya bisa menjadi ladang pahala, sebaikanya fahami dan amalkan fiqih dan adab-adab nongkrong di bawah ini.

1. Pastikan niat nongkrongnya ikhlas karena Allah, yaitu semata-mata ingin bertemu saudara fillah dan duduk sejenak mengingat Allah. Sebagaimana ajakan Muadz kepada sahabatnya:
إجلس بنا نؤمن ساعة
"Marilah duduk sejenak bersama kita untuk beriman sesaat."

2. Jaga lisan dari ucapan sia-sia yang mengandung dusta dan kebathilan apalagi sampai melukai lawan bicara. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq alaihi)

الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ
“Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya.” (HR. Bukhari)

3. Jauhi Ghibah dan Namimah.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ قِيلَ أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِي أَخِي مَا أَقُولُ قَالَ إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُولُ فَقَدْ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ
Artinya: Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tahukah kalian, apakah ghibah itu? Para sahabat menjawab, ‘Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.’ Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘(ghibah itu) engkau membicarakan sesuatu yang terdapat dalam diri saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai. Salah seorang sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah.., bagaimana pendapatmu jika yang aku bicarakan benar-benar ada pada diri saudaraku? Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjawab, jika yang kau bicarakan ada pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mengghibahinya. Sedangkan jika yang engkau bicarakan tidak terdapat pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah memfitnahnya. (HR. Muslim)

4. Jauhi canda yang dusta. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ
“Celakalah bagi orang yang berbicara lalu berdusta untuk membuat orang lain tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)

5. Pilih topik pembicaraan yang mengandung manfaat.
Imam Al-Mawardi -rahimahullah- mengatakan: “Ketahuilah.. Sebuah pembicaraan memiliki syarat-syarat dimana seorang pembicara tidak akan selamat dari kesalahan kecuali dengan merealisasikan syarat-syarat tersebut. Syarat-syarat tersebut ada empat:

Pertama: Hendaklah pembicaran tersebut karena suatu keperluan, baik untuk mengambil manfaat atau mencegah keburukan.

Kedua: Pembicaraan tersebut sebaiknya disampaikan pada tempatnya dengan memperhatikan sikon yang tepat.

Ketiga: Berbicara seperlunya

Keempat: Memilih bahasa yang tepat saat berbicara. (Adab Ad-Dunya Wa Ad-Din: 275)

6. Bagi porsi bicara dengan kawan nongkrong anda, jagan hanya mau di dengar saja, jadilah pendengar yang baik juga.

7. Jangan berbicara pada sesuatu yang bukan keahlian kita.

8. Jangan berlama-lama saat nongkrong, sebab terkadang waktu nongkrong yang lama dapat menyeret kita pada hal-hal yang dilarang. Imam Az-Zuhri mengatakan,

إذا طال المجلس كان للشيطان فيه نصيب

“Bila waktu bermajelis mulai panjang, maka syaithan punya bagian dalam majelis tersebut” (Al-Hilyah)

9. Ingat.. Semua yang kita ucapkan tercatat rapi disisi-Nya dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban. Allah azza wa jalla berfirman:

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
‘Tiada suatu kalimat pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.’ (QS: Qaf :18)

إنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُوولًا
‘Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggung-jawaban.’ (QS: Al-Isra’:36)

10. Bagi yang biasa nongkrong di jalanan ingat sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berikut ini:
إيـــاكم والجـلـوس على الطرقات, قــالـوا : يا رســـول الله, مـالنـا بد من مجلسنا, نتحدث فيها, قال فأما اذا ابيتم فأعـطـوا الطـــــريق حقه. قالوا : وما حقه؟ قال : غض البصر, وكف الاذى, وردالسلام, والامر بالمعــــروف, والنهــــي عن المنكر
Artinya: “Jauhkanlah oleh kalian duduk di jalan-jalan.” Mereka berkata: ya Rasulullah! Kami tak punya pilihan lain. Tepi jalan itu adalah tempat majelis kami dimana kami dapat berbincang-bincang disana”. Rasulullah menjawab: "jika kamu enggan, maka berilah kepada jalan itu haknya". Mereka bertanya: apakah haknya? Rasul menjawab : menundukan pandangan, tidak mengganggu (pengguna jalan), membalas salam serta melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar. (HR. Bukhori)

Dari hadits nabi diatas dapat kita simpulkan bahwa nongkrong atau duduk-duduk ditepi jalan itu dibolehkan bila memenuhi syarat-syarat berikut ini:

1 menundukan pandangan
2 tidak mengganggu pengguna jalan
3 menjawab salam
4 memerintahkan kepada kebaikan
5 melarang kemungkaran
Catt: Bagi sahabat fillah yang belum bisa memenuhi kriteria diatas sebaiknya jangan nongkrong di tepi jalan.
11. Jauhi Ikhtilath (campur baur antara laki-laki dan wanita)
12. Nah biar nongkrongnya lebih sempurna, tutup dengan membaca do’a kaffaratul majelis. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan oelha Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ’anhu bahwa “Bila Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam hendak beranjak dari suatu majelis beliau membaca:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah dan segala puji bagiMu, aku bersaksi bahwa tiada ilah selain Engkau aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu". Seorang sahabat berkata: “Ya Rasulullah, engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engkau baca?” Beliau menjawab: “Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis.” (HR Abu Dawud)

Sekian, semoga bermanfaat. ..
_______________
Madinah 25 Dzulqa'dah 1435 H
ACT El-Gharantaly

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

Posting Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup