Home » » Ingin Menjadi Penulis, Inilah Langkah Sederhananya

Ingin Menjadi Penulis, Inilah Langkah Sederhananya

Cara_gampang_menjadi_penulis

Kalau dilihat dari Deskripsi blog saya (Latihan Menulis, Mencari-cari Perbendaharaan Kata) pasti sudah paham bahwa Admin sedang latihan/belajar menulis, belajar mencari-cari perbendaharaan kata, kalau dapat, mengumpulkannya dan merangkai-rangkainya hingga menjadi sebuah paragraf atau beberapa paragraf.

Dilihat dari judulnya: Ingin Menjadi Penulis, Inilah Langkah Sederhananya, seakan mengesankan bahwa Admin adalah seorang penulis, sehingga memberi tips kepada pembaca agar bisa menjadi seorang penulis, padahal tidak demikian. Admin bukan penulis, tapi setelah artikel ini selesai ditulis maka Admin adalah seorang Penulis. Percaya diri saja!

Jangan minder dengan tulisan sendiri, percaya dirilah!
Ada perasaan geli setelah membaca tulisan sendiri, merasa ada kalimat-kalimat yang lebay lah, merasa susunan katanya amburadul lah, merasa tanda baca tidak teratur lah dan setumpuk kata dari diri sendiri yang membuat diri sendiri tidak percaya diri.

Seharusnya tidak demikian, jangan mematikan potensi diri sendiri. Ingat, lain kepala lain pula isinya. Lebay menurutmu penilaianmu belum tentu lebay menurut penilaian orang lain, penilaian tiap-tiap orang bisa beda.

Ada banyak cara untuk memunculkan rasa percaya diri dalam menulis, misalnya, jangan terlalu banyak mengeluh. Terlalu banyak mengeluh justru memberi efek negatif pada diri, hingga akhirnya 'tinta masih penuh tapi belum ada tulisan yang selesai', padahal belum mencoba sudah mengeluh, bagaimana bisa jadi penulis?.

Memotivasi diri sendiri, misalnya, biasakan untuk selalu berpikir positif, ingat kegiatan menulis itu bukan milik golongan tertentu, bukan milik orang berpendidikan tertentu, bukan milik strata sosial tertentu, semua bisa jadi penulis, selama ada kemauan disitu ada jalan.

Cara yang berikutnya adalah hargai jerih payahmu sendiri. Ini termasuk memotivasi diri sendiri, kalau kamu tidak bisa menghargai hasil tulisanmu sendiri bagaimana bisa kamu percaya diri menampilkan tulisanmu ke khalayak ramai?

Menulis saja walaupun jadinya hanya satu paragraf.
Prinsip diatas juga bagian dari adanya rasa percaya diri, setelah seharian berusaha menjabarkan ide tapi dapatnya hanya bisa menulis satu paragraf itu adalah sebuah proses, hargai proses tersebut, mungkin hari ini saya hanya bisa menulis satu paragraf tapi kemudian hari mungkin bisa bertambah, dua, tiga empat dan seterusnya. Selalu berpikir positif!.

Sebagai orang yang sedang belajar harusnya tidak usah buru-buru untuk meraih predikat 'bisa/mampu', yang penting semua proses pembelajaran harus sabar dijalani.

Ide itu Terkadang Datang tiba-tiba
Jangan biarkan ide itu berlalu begitu saja, begitu ide itu datang biasakan lah untuk langsung mencatatnya, jangan percaya diri untuk menghafal ide karena ide itu bisa hilang tiba-tiba, sama seperti datangnya yang tiba-tiba pula.

Sedikit tips agar ide menulis tidak berlalu percuma, siapkan notes kecil yang bisa dibawa kemana-mana atau kalau punya smartphone bisa gunakan aplikasi penyimpan catatan, yang fungsinya untuk menyimpan ide-ide kamu.

Biasanya datangnya ide beriringan dengan bayang-bayang penjabaran dari ide tersebut, jadi jangan ditunda, segeralah menulis, secepatnya tuangkan ide dan penjabarannya dalam postingan blog.


Seperti saya tulis diatas, admin bukan penulis, tapi setelah artikel ini selesai ditulis maka Admin adalah seorang Penulis. Percaya diri saja!, Berpikir positif saja!.

Mungkin kedepannya tulisan diatas akan ada perbaikan. (Penulis Kancing)

Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

Komentar baru tidak diizinkan.