Home » » Mengapa Islam Melarang April Mop, Ini Jawabannya

Mengapa Islam Melarang April Mop, Ini Jawabannya

April_Mop
Salah satu perayaan yang cukup dikenal dunia terkhusus pada bulan April ini adalah April Mop. Bukan hanya anak muda saja yang merayakannya tapi sebagian orang-orang tua turut memeriahkannya. cukup ironis memang, orang tua yang seharusnya jadi panutan kebaikan bagi anak-anaknya ini malah memberi contoh yang buruk.

Apa itu April Mop
April Mop bagi sejumlah orang yang merayakannya dikenal sebagai hari ‘lelucon yang termaafkan’, artinya bisa membuat lelucon atau kehobongan, tetapi dimaklumi.

Tak ada yang tahu siapa pembawa budaya April Mop. Intinya, tiap April Mop, setiap orang bebas berbohong kepada keluarga, musuh, teman, bahkan tetangga sendiri, dengan tujuan untuk mempermalukan orang tersebut.

Ada banyak tipuan yang tidak membuat orang shock, namun ada juga tipuan yang membuat orang shock, dan hampir mati. (iberita.com dan liputan6.com)

Jadi intinya April mop adalah hari dimana dusta atau tipu-menipu itu dilegalkan/dihalalkan, tak peduli siapa dia, apa jabatannya maka ada kemungkinan dikerjai. 
 
Sepintas lalu kita bisa dengan mudah mengambil kesimpilan bahwa April Mop ini penuh dusta dan kedzaliman/kekejaman. Baca 11 Jebakan April Mop Yang membuat orang shock, dan hampir mati.

Mengapa Islam Melarang April Mop, Ini Jawabannya


Mengandung Dusta/bohong
Dalam islam sudah sangat jelas bahwa Dusta/bohong itu dosa besar

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَرَّ عَلَى صُبْرَةِ طَعَامٍ فَأَدْخَلَ يَدَهُ فِيهَا فَنَالَتْ أَصَابِعُهُ بَلَلاً فَقَالَ  مَا هَذَا يَا صَاحِبَ الطَّعَامِ. قَالَ أَصَابَتْهُ السَّمَاءُ يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ  أَفَلاَ جَعَلْتَهُ فَوْقَ الطَّعَامِ كَىْ يَرَاهُ النَّاسُ مَنْ غَشَّ فَلَيْسَ مِنِّى

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati setumpuk makanan, lalu beliau memasukkan tangannya ke dalamnya, kemudian tangan beliau menyentuh sesuatu yang basah, maka pun beliau bertanya, “Apa ini wahai pemilik makanan?” Sang pemiliknya menjawab, “Makanan tersebut terkena air hujan wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Mengapa kamu tidak meletakkannya di bagian makanan agar manusia dapat melihatnya? Ketahuilah, barangsiapa menipu maka dia bukan dari golongan kami.” (HR. Muslim no. 102).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

مَنْ غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا، وَالْمَكْرُ وَالْخِدَاعُ فِي النَّارِ


“Barangsiapa yang menipu, maka ia tidak termasuk golongan kami. Orang yang berbuat makar dan pengelabuan, tempatnya di neraka” (HR. Ibnu Hibban 2: 326. Hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani dalam Ash Shahihah no. 1058).


Lelucon yang dibuat  pada 1 April (April Mop) adalah lelucon yang penuh kedustaan. Intinya hanya ingin membuat orang lain tertawa karena kebodohan orang lain. Dan ini pun menyakiti dan menakut-nakuti orang yang dicandai.

Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

وَيْلٌ لِلَّذِى يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ


“Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. Kecelakaan untuknya.”  (HR. Abu Daud no. 4990 dan Tirmidzi no. 2315. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan). Lihatlah orang yang membuat cadaan, lawakan dikatakan celaka. Ini adalah ancaman baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi para pelawak yang hanya ingin membuat penonton tertawa.

Kadang candaan dan lelucon yang dibuat dengan mengambil lalu menyembunyikan barang orang lain. Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

لاَ يَأْخُذَنَّ أَحَدُكُمْ مَتَاعَ أَخِيهِ لاَعِبًا وَلاَ جَادًّا


“Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud no. 5003 dan Tirmidzi no. 2160. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).


Orang yang mengambil hendaklah mengembalikannya,

وَمَنْ أَخَذَ عَصَا أَخِيهِ فَلْيَرُدَّهَا


“Siapa yang mengambil tongkat saudaranya, hendaklah mengembalikannya” (HR. Abu Daud no. 5003) 

Membuat orang lain takut walau maksudnya bercanda termasuk dosa.
Pernah di antara sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan bersama beliau, lalu ada seseorang di antara mereka yang tertidur dan sebagian mereka menuju tali yang dimiliki orang tersebut dan mengambilnya. Lalu ia pun khawatir (takut). Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يُرَوِّعَ مُسْلِمًا


“Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.”  (HR. Abu Daud no. 5004 dan Ahmad 5: 362. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).


Kita sering dahulu melihat ada yang melakukan seperti itu. Ada yang sengaja menyembunyikan sendal temannya di masjid . Ketika ia keluar, ia pun kebingungan. Nah, ketika sudah pada puncak kebingungan setelah sejam mencari, barulah barang miliknya dikembalikan. Hal ini tidaklah dibolehkan. Sampai-sampai Imam Abu Daud (Sulaiman bin Al Asy’ats As Sajistaniy) membuat bab tersendiri dalam kitab sunannya dengan membawakan hadits-hadits yang penulis sebutkan di atas. Beliau membuat judul bab, “Siapa yang mengambil barang orang lain dalam rangka bercanda.”

Yang dahulu pernah melakukan seperti itu, maka minta maaflah pada saudaranya dan banyaklah bertaubat.

Intinya, april mop yang dirayakan adalah suatu yang diharamkan di dalam Islam. Tanpa kita menilik pada sejarah munculnya perayaan ini, intinya seorang muslim tidak boleh melegalkan bohong dan dusta pada saat April Mop, juga di hari lainnya. (http://muslim.or.id) 

Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 24 Responses so far.

2 April 2014 22.46

kunjungan malam sob..wahhhh...ane kemana aja sob..beru denger istilah gituan...al kahmdulillah sob tenpat ku gak musim istilah seperti itu sob...

2 April 2014 22.54

luar biasa mas informasinya sangat mencerahkan. Thanks atas share nya ya :)

3 April 2014 14.17

sudah saatnya kita meninggalkan budaya barat yang merusak aqidah ini..trims sudah saling mengingatkan...

3 April 2014 17.42

walaupun tahu dosa ya tetap saja dilakukan sob, hehehe, mungkin cuma kebiasaan aja tiap tahunnya :D

3 April 2014 19.33

Zaman muda saya dulu kok g kenal april mob ya mas? Hehehehe
Anak desa .... G ada mas....
Harus tetap waspada... Lama2 bisa merambah di kelyarga kita smua

3 April 2014 21.36

memang sejatinya April MOP itu menyesatkan.....jadi sangat dianjurkan untuk tidak larut dalam jebakannya dan ikut2an melaksanakannya.....keep happy blogging always...salam :-)

4 April 2014 08.49

toh berbohong saja sudah tidak boleh ya dalam Islam mas, sebenarnya tanpa lebih jauh melihat sejarahnya dll...tidak boleh berbohong saja sudah bisa jadi pegangan kita kalau kita tidak boleh mengikutinya

4 April 2014 16.30

Ternyata ada yang namanya budaya April Mop,saya baru tahu mas,memang benar Agama Islam melarang berbuat kebohongan,apalagi sampai mencelakan orang lain.Subhanalloh ko ada-ada saja yah.....

4 April 2014 19.47

Perlu adanya saling mengingatkan, budaya-budaya dari negara lain yang sekiranya bisa merusak akidah generasi muslim kita..

Terima kasih sharenya sobat..

Salam..

5 April 2014 19.00

tuh kan udah jelas ada hadist atau ayat yang melarang itu semua.. tapi mengapa kita selalu latah yah.. hmmm walaupun itu bercanda tapi itukan enggak baik juga,,, :)

5 April 2014 22.28

Terimakasih sob atas pencerahannya.. jadi nambah ilmu nih

6 April 2014 05.50

wah dapat pencerahan nih, makasih mas :D

6 April 2014 06.28

baru tahu adanya acara Aprol MOP

6 April 2014 06.49

ternyata april mop itu dilarang yah, baru tahu deh mas, makasih buat informasinya nambah pengetahuan :)

6 April 2014 09.27

memang gan,
Indonesia msh blum bisa menyaring budaya yang negatif

6 April 2014 11.15

Kalau becandanya biasa dan kepada orang yg sebaya, nggak papa kan mas. Seperti becanda kalau lagi ngumpul..

6 April 2014 17.51

Saya baru tahu Mas Rohis tentang perayaan April mop itu
Namun, betul dalam kajian artikel Mas Rohis ini, apa dan bagaimanapun
Itu bentuk dusta, berbohong menganiaya orang lain, itu tindakan yang tidak baik
Dan perayaan april mop, dalam Islam sangat Di Haramkan. makasih infonya Mas

6 April 2014 18.15

@Jery Yanuarlan
Sepandapat saya sama dengan
Kang Jery bohong, dusta juga
Menganiaya orang lain adalah dosa

6 April 2014 20.01

april moop saya sendiri kolot nih gan tentang ginian hehe... mksi atas pencerahannya tentang perayaan itu :)

6 April 2014 22.05

@Mas Nadyselama gk ada unsur bohongnya maka gpp..

bercanda jg ada adab2nya, coba baca ini mas Nandy... *smile

http://rohis-facebook.blogspot.com/2012/01/adab-adab-bercanda-dalam-islam.html

7 April 2014 01.44

Sangat menarik ketika Sebuah Aril mop di telaah dari sudut padang islam. Dapat diambil sebuah kesimpulan Ternyata lebih banyak mudorotnya daripada manfaatnya. Alhamdulillah saya pribadi belum pernah melakukan atau bahkan merayakan apa itu april mop. Cuma sering liat2 aja infonya di jejaring sosial atau forum forum. Terima kasih sudah berbagi info mas.

7 April 2014 17.21

Saya malahan nggak pernah membahas april mop mop ini mas,
hmmm ...
semoga kita terjaga dari hal-hal yang sia-sia
:)
salam kenal ya ...
-------------
Minta komentarnya ya
:)
http://200rangkaiankata.blogspot.com/2014/04/puisi-cinta-romantis-dilanda-rindu.html

8 April 2014 09.01

semoga para calon wakil rakyat kita tidak sedang mempringati april mop ya mas. karena pelaksanaan pemilu yang kebetulan jatuh di bulan april ini :)

25 April 2014 09.52

dari dulu saya gak pernah tuh ikuti perayaan yang sudah dilarang dalam ajaran ajaran islam.....

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup