Home » » Prediksi Kondisi Kesehatan Lewat Kondisi Rambut

Prediksi Kondisi Kesehatan Lewat Kondisi Rambut

Alay, jangan di tiru bahayyyyaa *smile

Rambut dan tubuh sebenarnya satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan, ibarat kuku. 

Berikut ini, beberapa kondisi tubuh yang bisa diketahui dari keadaan rambut Anda, Prediksi Kondisi Kesehatan Lewat Kondisi Rambut.

1. Rambut kusam dan kering
Rambut seperti ini bisa jadi tanda hipotiroidisme di mana kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon hingga metabolisme terhambat. Tanda lain dari hipotiroidisme yaitu lonjakan berat badan, kelelahan tanpa sebab, dan kedinginan. Jika Anda menduga kondisi rambut seperti itu karena hipotiroidisme, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

2. Ketombe
Jika ketombe mulai berubah menjadi bercak bersisik yang tebal, itu bisa jadi Anda mengalami psoriasis, penyakit autoimun di mana kulit mengalami proses pergantian sel yang lebih cepat. Penyakit autoimun lain seperti multiple scleriosis atau penyakit Crohn bisa menambah risiko Anda terkena psoriasis.

3. Rambut beruban
Uban bisa menjadi indikasi bahwa Anda tengah stres atau trauma. Banyak peneliti percaya bahwa stres bisa memicu reaksi berantai yang mengganggu kerja folikel rambut untuk mentransmisikan melanin, pigmen warna pada rambut. Para peneliti melihat hormon yang dihasilkan saat stres bisa memblokir sinyal ke folikel rambut untuk menyerap pigmen melanin.

4. Rambut Rontok
Rata-rata orang kehilangan sekitar 100 rambut sehari jadi rambut rontok bisa jadi sesuatu yang normal. Tapi jika Anda merasa rambut Anda menipis, itu bisa jadi indikasi Anda tengah stres. Dalam kasus lain, rambut rontok bisa jadi tanda ketidakseimbangan hormon. Ada juga beberapa obat, termasuk pil KB dan antidepresan yang menimbulkan efek samping berupa rambut rontok.

5. Rambut rapuh dan mudah patah
Di dalam rambut terdapat protein yang disebut keratin dan jika Anda tidak mendapat cukup protein, itu bisa membuat rambut mudah rapuh dan patah. Kondisi ini juga bisa menjadi indikasi masalah di tiroid Anda.

6. Rambut rontok dengan pola melingkar
Respon imun tubuh yang dilakukan folikel rambut bisa menyebabkan folikel menyusut dan menyebabkan rambut rontok dalam jumlah sedikit dengan pola melingkar. Kerontokan yang disebut alopecia areata ini juga bisa terjadi di pelipis rambut. Alopecia areata adalah kondisi autoimun yang dipengaruhi kondisi autoimun lain seperti rheumatoid arthritis, diabetes awal, dan penyakit tiroid.

Sumber:
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook