Home » » Minum Air Putih Ternyata Berbahaya

Minum Air Putih Ternyata Berbahaya

minum air putih

Semua orang pasti setuju kalau air putih itu menyehatkan. Tapi untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari segarnya air putih, Anda juga perlu jeli karena ada beberapa hal yang bisa merusak manfaat sehat air putih.

Berikut ini lima hal yang bisa membuat aktifitas Minum Air Putih jadi Berbahaya.

1. Minum Terlalu Banyak Air
Hal ini memang relatif sulit dilakukan, terutama jika cuaca sedang panas-panasnya. Menurut Mayo Clinic, overhydrating bisa menyebabkan masalah serius yaitu hiponatremia, ketika kadar natrium dalam tubuh sangat rendah dan bisa menyebabkan sel-sel membengkak.

Jika tidak segera diatasi, seseorang bisa mengalami kejang dan koma. Biasanya, pelari maratonlah yang rentan mengalami hiponatremia. Shape.com melaporkan sebaiknya jangan banyak minum ketika merasa tubuh Anda penuh dengan air.

2. Menggunakan Botol Plastik
Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahan kimia yang umumnya disebut BPA ini ditemukan di beberapa botol air plastik. Menurut National Institute of Environmental Health Sciences, BPA bisa larut di dalam makanan dan minuman serta bisa menimbulkan risiko kesehatan terutama bagi anak-anak dan bayi.

Meski sekarang sudah banyak botol bebas BPA, tetaplah berhati-hati karena bisa saja ada bahan kimia lain yang meresap ke botol saat air terkena sinar matahari, mesin pencuci piring, atau ketika dipanaskan di microwave.

Tentang Plastik baca disini,

3. Tidak Mencuci Botol
Botol minum yang terbuat dari stainless steel atau plastik yang aman memang bisa digunakan berulang kali. Tapi jangan lupa untuk selalu mencucinya setiap selesai digunakan karena bakteri suka bersarang di tempat yang hangat dan basah. Caranya mudah, cukup cuci seluruh bagian botol dengan air sabun hangat dan biarkan terbuka sampai kering, demikian dilaporkan San Francisco Chronicle.

4. Minum Air Langsung dari Keran
Meskipun tidak sengaja, meminum air dari shower saat mandi sering dialami banyak orang. Ada baiknya Anda rutin membersihkan kepala shower karena di situlah salah satu tempat utama bakteri di kamar mandi berkembang biak, apalagi saat kekebalan tubuh seseorang sedang tidak baik maka bakteri akan mudah menyerang.

5. Kafein
Pada beberapa orang, kafein bisa meningkatkan memori dan konsentrasi. Tapi ketika Anda menambahkannya ke dalam air, itu akan merusak manfaat sehat dari air. Ketika Anda hobi melamun sambil menyeruput secangkir kopi sembari menuntaskan dahaga, itu justru membuat Anda mudah marah dan tidak bisa tidur.

6. Pemanis dan Bahan Tambahan Lainnya
Di dalam kemasan air terutama yang memiliki rasa, pasti ada keterangan beberapa bahan tambahan, termasuk pemanis buatan dan bahan pengawet lainnya. Biar bagaimanapun, bahan tambahan itu berbahaya bagi kesehatan, maka air putih adalah pilihan yang lebih tepat.

Sumber:
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 126 Responses so far.

21 Oktober 2013 11.13

Ternyata minum air putih yang sering kita dengar "minum air putih yang banyak ya..." semestinya memperhatikan beberapa hal di atas. Makasih banyak yaaa....

21 Oktober 2013 13.54

bukankah tempatnya yang berbahaya sob ? ? ? ?

www.onspe.tk

21 Oktober 2013 14.35

wah kirain air putih yang berbahaya, ternyata begitu toh...makasih ah sudah mengingatkan, saya kadang melakukan juga

21 Oktober 2013 17.58

@Akhmad Muhaimin Azzetsama2 pak..

21 Oktober 2013 17.59

@Muroi El-Barezyjudulx bs membuat org salah paham.. *smile

sama2 pak..

21 Oktober 2013 18.02

@oness feefokus dgn isi artikel sob, jgn hny judulx aja yg dibaca *smile

mf blogx sobat gk bs kebuka!

21 Oktober 2013 19.35

sy minum air dari galon

21 Oktober 2013 21.20

kalo dari kran,,memang tidak pernah saya lakukan..apalagi di Makassar...yang air pam-nya kadang2 keruh,...... :-)

21 Oktober 2013 22.20

wah saya sering itu mas memakai botol plastik berulang kali...bekas botol air mineral sering saya pakai kembali beberapa kali sebelum dibuang. Mungkin kebiasaan ini harus segera dihentikan

22 Oktober 2013 06.00

kalau menurut saya pribadi, semuanya boleh saja asal dalam batas kewajaran, seperti minum kopi :)

22 Oktober 2013 08.17

@wewengkon sumedangblogx gk bs kebuka kang! :(

22 Oktober 2013 13.47

minum air putih sambil berdiri juga membahayakan kok mas

22 Oktober 2013 18.22

Hoo.. pantes temen SMK saya yang jurusan kimia suka bawel kalo saya gunain botol plastik berkali kali

Saya sih cuma ikutin iklan TV 8 botol sehari. Maksud yang poin pertama itu ngga boleh minum air sewaduk kali ya :v wkwk

Nice post gan!

22 Oktober 2013 19.20

@Muhamad Wahyu8 botol sehari.., bukan botolnya yg dimakan ya heheh...

22 Oktober 2013 19.39

@Agus Setyasesekali sambil berdiri tak mengapa, *smile

soalx ada jg hadits yg membolehkan minum sambil berdiri.., Insya Allah tdk ada pertentangan antara ilmu medis dan ilmu syariat (agama) klo pun terlihat ada perbedaan maka ilmua syariat yg hrs lbh didahulukan.., wallahu a'lam

22 Oktober 2013 19.40

@galulus.tkiya mas., yg wajar itu biasax aman *smile

22 Oktober 2013 19.43

@BlogS Of Hariyantocari2 gara2 namax klo minum air langsung dr kran, *smile,
terkhusus Makassar air PAMx Keruh.., ampun!

22 Oktober 2013 19.44

@ahmad rizal samsisama sy jg gan! *smile

22 Oktober 2013 20.13

wah ternyata begitu to mas, kadang kita maen teguk aja apalagi kalau haus masalh kesehatan dinomor belakangkan, etrimaksih banyak sudahj mengingatkan

22 Oktober 2013 20.28

@M. Alex Joenaedisama2 pak.,

blogx gk bs kebuka!

tampaknya domain selain blogpost lagi gangguan.., dr td bbrp sahabat blogger jg gk bs kebuka webnya..., smg aja cepat pulih... *smile

22 Oktober 2013 22.33

yang jadi masalah karena airnya di kasih plus itu yah mas, serta pengunaan media yang tak tepat dan selain itu berlebihan, padahal sekalipun itu bagus tapi kalau berlebihan kan jadinya tak bagus, dulu waktu saya kecil malah sukanya minum air yang saya nimba dari sumur langsung karena mang saat itu di tumah saya belum ada pompa air / air kran

22 Oktober 2013 22.38

Orang2 dulu minumnya langsung dari kendi..malah sehat sehat ya mas....hehe.. :D

23 Oktober 2013 02.46

Ternyata selain bermanfaat air putih juga mengandung unsur berbahaya... thanks yah sudah share salam blogger

23 Oktober 2013 06.46

wDUHH..saya di kampung sering menggunakan botol plastik bekas air mineral berkali-kali,dan ternyata ada efek buruknya juga,hmmm

makasih informasinya sob.. :D

23 Oktober 2013 08.46

Mantap gan ,
saya setuju dengan artikelnya mas.
izin follow blognya ya!

23 Oktober 2013 09.12

good news he...
seenggaknya saya sudha beralih ke tempat minuman bukan botol plastik :D

23 Oktober 2013 10.59

Sangat bermanfaaat gan tipsnya bisa lebih hati" meminum minuman....

23 Oktober 2013 12.06

Langsung penasaran pas baca judulnya.. "8 gelas perhari"

23 Oktober 2013 15.58

galon dr plastik jga ya mas

23 Oktober 2013 15.58

@Rohis Facebook bener sob, tapi yang saya tau merek AQUA sob, coba saja cari di google.co.id "Bahaya AQUA" :D

23 Oktober 2013 16.04

qrain bahaya bneran mas,,,,,
kalau mandinya pake shower mungkin bisa terminum tnpa d sengaja,,,,,

nah,,,, kalau yg mnum dri kran? kyak orang pekerja berat lagsung mnum , ,, (cma pernah lihat aja)

23 Oktober 2013 16.05

Tips sederhana untuk saling mengingatkan. Memang kalau minum air terlalu banyak juga kurang bagus Sob, apalagi kalau mengkonsumsinya dari tempat yang mudah mengendap bakteri dan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Terimakasih sharingnya.

Salam,

23 Oktober 2013 19.13

air putih belum dimasak juga berbahaya
kalau ambilnya dari sumur

hehehe

kalau minum kebanyaan aku ga pernah karena jarang kehausan xixixi

23 Oktober 2013 21.36

@budi os 19 saya juga sepakat dengan mas budi, minum dari kendi airnya sangat2 menyegarkan, lebih segar dari air es malah

24 Oktober 2013 10.17

Wah utuk orang orang kota nih mas.. kalau saya orang desa yang agak ekstrime.. saya sering minum air sungai mas.. kalau pas di kebun kehabisan minuman.. hehehe

24 Oktober 2013 11.26

Mampir sobbb , , ,

http://nawayhac.blogspot.com

24 Oktober 2013 13.05

kalo sperti itu yaaa,,,setuju sob..heeee..kirain airnya yang bahaya...

24 Oktober 2013 13.37

Apalagi kalau minum air putih yang masih mendidih, bisa lebih berbahaya, hehehe....

24 Oktober 2013 19.11

Owhhh Dikira air Putihnya Yang Berbahaya tapi ehh ternyata ada Faktor" Lain yah hehe Makasii yah Mas Atas Infopnyaa :)

24 Oktober 2013 19.53

@Muhammad Odhie Akbarisu itu sdh terdengar dr bbrp tahun yg lalu, sy pribadi yakin bhw itu hny isu.., sama seperi isu white kofi.., BPOM dan MUI insya Allah msh kredibel dan amanah!

24 Oktober 2013 21.06

Kalau dirumah, airnya sudah tidak dimasak lagi, krn sudah disaring pake alat... *smile
Baru dengar kalau terlalu banyak minum ternyata ada akibat fatalnya juga yah...
maka pantaslah jika Rasulullah melarang kita dalam berlebih-lebihan...

24 Oktober 2013 22.01

oh, brati bukan airnya yah mas, saya kira airnya, makasih sudah berbagi mas..

24 Oktober 2013 23.19

@Rohis Facebookbegitulah kondisi kota Makassar tercinta :-)

25 Oktober 2013 00.34

wah, saya malah baru tahu klo kebayakan minum air putih bisa membahayakan kesehatan...

25 Oktober 2013 01.52

Untung ada baca sampai habis
jadi tidak salah paham
hehehe
dtunggu follback-nya y mas
blog ini sudah saya follow

25 Oktober 2013 07.53

Kenapa air mineral sering disebut air putih ya, padahal warna airnya bening, bukan putih ? he... he...
Infonya menarik Mas sangat bermanfaat. :)

25 Oktober 2013 08.34

Waduh, ternyata ada juga bahaya minum air putih di botol :(

25 Oktober 2013 09.29

apalagi kalo minum air nya sambil nyebrang, bahaya banget tuh sob, hahaha

25 Oktober 2013 09.52

Judul yg cerdas sekali hhehehe ^^

25 Oktober 2013 10.31

@Rizkyzone.comsy sepakat dgn Pak Budi dan Sobat Rizkyzone.com.., *smile

25 Oktober 2013 10.33

@Adjie Umbaraasalnya air putih itu gk berbahaya, tp prosesx hingga dijadikan air minum itulah yg kadang mengandung unsur2 berbahaya..., mkd artikel diatas gitu.. *smile

25 Oktober 2013 10.34

@haryhny botol plastik bertanda khusus aja yg boleh dipake berkali.., kayak galon.., tp repot jg klo kemana bawa galon hehhehe...

25 Oktober 2013 10.34

@Meutrap Barangmakasih *smile

25 Oktober 2013 10.36

@Annur Karimahbaguslah..,
pake yg plastik pun gk masalah.., asalakan dgn bbrp persyarat, sprti yg sdh disinggung pd artiel diatas *smile

25 Oktober 2013 10.36

@Rahmat Arifinoke, makasih *smile

25 Oktober 2013 10.39

@Rahmajudulx sesuatu banget *smile,
btw teori tntng 8 gelas perhari yg selama ini kita kenal, sdh ada koreksi dr ahli kesehatan.., intix gk mutlak 8 gelas.., kapan2 sy turunkan artikelx, insya Allah! 8smile

25 Oktober 2013 10.48

@MaYa KayLagk mbk!, itu plastik yg aman.. *smile

25 Oktober 2013 10.50

@MaYa KayLasebenarx gk ada yg salah dgn minum langsung dr kran/shower mandi, asalkan airx benar2 bersih dan steril dr bakteri berbahaya..! *smile

25 Oktober 2013 10.51

@Indra Kusuma Sejatisama2 pak..!
salam,

25 Oktober 2013 10.52

@anisayuklo ambil air dr sumur sambil pake gaya jatuh itu jg berbahaya hehe..

kecuali puasa, pasti kehausankan??! *smile

25 Oktober 2013 10.53

@Mas Nadyitulah kelebihanx tinggal di desa ms.., insya Allah airx msh steril. *smile

25 Oktober 2013 10.54

@mahbub ikhsanmakasih pak guru! *smile

25 Oktober 2013 10.55

@Rasito Rastamhehe.., minum air dingin sambil terjun dr gedung jg berbahaya... *smile

25 Oktober 2013 10.55

@Ainnul Yaqinoke dik, sama2 *smile

25 Oktober 2013 10.57

@Nhinisklo ada kelebihan alat penyaringx kirim satu dunk ke makassar... *smile
--------
cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dgn sepertiga makanan, sepertiga minuman & sepertiga lagi utk bernafasnya.” (HR. Ahad, Ibnu Majah)

25 Oktober 2013 10.58

@warim brebessama2 mas brebes *smile

25 Oktober 2013 11.41

ya ampun mas, botol minum saya ngga pernah dicuci, whehehe.. cuma di masukkin air, terus dikocok2 aja...

25 Oktober 2013 12.57

jadi kalo mau minum air putih dari botol perlu di perhatikan juga ya mas kebersihan botolnya :)

25 Oktober 2013 13.11

wow, ternyata botol plastik juga masuk daftar tempat air putih yang berbahaya.. pantesan kalau kita minum air putih kemasan kadang rasanya agak payau atau sepet.. wah harus lebih waspada ya..... berarti air kendi dari bahan tanah warisan nenek moyang kita tetap yang hebat ya

25 Oktober 2013 14.56

Klo minum air aqua yang dari botol plastik bahaya ga?

25 Oktober 2013 16.37

terimakasih infonya sob , jadi tau bahayanya terlalu banyak minum air putih :)

25 Oktober 2013 16.55

Gaya haus aja
Pasti ga bahaya
Setelah minum airnya ya

Hehe

25 Oktober 2013 19.45

@Reusam Endatu Hehehe iyaa Yah Untung :D Karena saya Juga Kagak salah Faham

25 Oktober 2013 19.45

@Stupid Monkey hahaha Itu mah Bunuh Diri Namanya Gan :P

25 Oktober 2013 19.51

Kalau dipikir lebih aman jaman dulu ya mas.. minum pakai kendi.. lebih seger dan terasa banget aroma air putihnya.. eh kok aroma hahaha

matur nuwun infonya mas.. kayaknya saya juga terbiasa naruh air di botol plastik berulang-ulang nih

26 Oktober 2013 04.32

dulu waktu ane masih kecil di kapung, langsung minum dari keran "padasan" sumur, sob. segeeeeeeer bener. sekarang mah ogah, ngga di kampung ga di kota pada kontaminasi semua di temmpat ane.
kualitas airnya menurun jauh

26 Oktober 2013 06.17

segala sesuatu yang berlebihan pasti akan menimbulkan akibat, sama halnya dengan air ya sob, info yang bermanfaat.

26 Oktober 2013 08.08

aku pecandu kopi, sehari bisa 5 gelas lebih. Pengen mengurangi kebiasaan minum kopi rasanya susah sekali.

26 Oktober 2013 08.16

@BBM For Androidsesuatu yg berlebihan biasax pny efek gk baik..! *smile

26 Oktober 2013 08.17

@Ainnul Yaqinagar penasaran dan konsen bacax trkadang hrs buat judul yg aneh2.. *smile

26 Oktober 2013 08.21

@Heri Assidiqihehe..., pikiranx sampe sejauh itu ya..,

putih dan bening pny persamaan makna sob coba liat,
http://artikata.com/arti-321470-bening.html)

26 Oktober 2013 08.21

@Firman Ardyansyahiya sob! *smile

26 Oktober 2013 08.23

@Stupid Monkeytetap aman asal nyebrangx pake zebra cross hehe...

26 Oktober 2013 08.24

@Wahyu Alfiansyahyg baca dan komen jg lbh cerdas! *smile

kecuali klo ada yg tertipu hehe...

26 Oktober 2013 08.25

@sabda awalkebiasaan yg hrs dibinasakan..! hehe... *smile

26 Oktober 2013 08.27

@Andes Rizky Nugrohotuk lbh amanx sekaligus tuk hati2 baikx jgn pake botol plastik... *smile

26 Oktober 2013 08.30

@Wisata Murahtuk lbh amanx baikx jgn pakai botol plastik..,

soal kendi emank lbh terjamin, gk berbahaya tp repot jg klo kemana2 bawa kendi, ntr dikira ada acara 'pecah kendi' *smile

26 Oktober 2013 08.31

@Agus kompacbeli lalu habiskan airx dan, itu aman.., jgn sdh habis diisi ulang, itu gk aman... *smile

26 Oktober 2013 08.32

@Ricky Aldiyansyahsama2 sob.., *smile

26 Oktober 2013 08.34

@Lozz Akbaremank pake kendi aman, tp rasa2x aneh klo kemana2 bawa kendi *smile

26 Oktober 2013 08.35

@walidin_walliya pak.., beda dlu, beda sekarang., *smile

26 Oktober 2013 08.35

@Azie Theaiya pak..,*smile

26 Oktober 2013 08.36

@Djangkaru Bumisesuatu yg berlebihan biasax pny efek gk bagus.., hati2 aja mas *smile

26 Oktober 2013 10.43

maunya sehat tapi karena hal-hal di atas tidak jadi sehat malah bisa sakit ya sob

26 Oktober 2013 13.18

Sama nih, aku juga pecandu kopi dan teh. Bahkan ngopi lebih sering menggunakan gelas palstik. Maklum pengen cari praktisnya :)

26 Oktober 2013 16.21

waduh, serem juga ya sob... air putih juga bs berbahaya ya...
aku paling sering tuh mengisi ulang air di botol plastik

26 Oktober 2013 17.03

no 4 pernah tuh ahiihii/..... nice post bro

saya malah jarang2 minum air putih.. kira2 bagus gak ya kalau jarang minum air putih.. hehe

26 Oktober 2013 18.31

poin No. 4 itu aktivitas saya waktu kecil.. hihihi...

26 Oktober 2013 18.55

Ternyata ada juga bahayanya ya mas :)

26 Oktober 2013 19.23

@Rohis Facebook Wahhh Kagak Dibaca yah Mas Artikelnya ?? Hayooo Ketauannn :D

26 Oktober 2013 23.24

Kalau air putih nya bagus dan cara minum nya bagus, pasti tidak akan berbahaya ya mas untuk minum air putih, karena air puti cukup baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang lain, misal air soda, kopi, teh, dan lain sebagainya :)

27 Oktober 2013 01.54

Hal seperti ini bisa merusak pemikiran anak anak. Hati hati dalam memberikan pernyataan harusnya. Ya tapi dimaklumi. Air putih itu sangat baik bagi perkembangan jaringan sel dalam tubuh.

27 Oktober 2013 02.13

duh ngeri juga ya mas -_-

27 Oktober 2013 15.46

kirain teh bahaya tanpa sebab -_- aya aya wae, kena jebakan betmen sama judulnya saya :D haha... kenapa gk dibahas soal larangan minum sambil berdirinya kang? #springer

27 Oktober 2013 16.33

@Downloadterlalu monoton klo judul2 itu2 aja.., klo gini kan seru hhehe.

insya Allah nti sy bahas tntng hukum minum sambil berdiri, sedikit sj sy singgung bhw minum sambil berdiri itu boleh cz emank ada haditsx.. *smile

27 Oktober 2013 18.02

@Fajrin Ilham Hklo prosedurx salah memang ngeri..! *smile

27 Oktober 2013 18.06

@Wahyu Eka Prasetiyariniiya mbk Rin benar banget!, asalkx air putih itu baik tuk kesehatan tp klo dilakukan dgn cara2 sprti diatas maka air putih itu bs jd berbahaya..!

27 Oktober 2013 18.08

@Ahmad Manaruliya sob!, asalx air putih itu baik bg kesehatan.., tp klo cara minumx sprti hal diatas maka bs jd berbahaya! *smile

27 Oktober 2013 18.10

@Seputar Informasi dan Bisnistuk air rumahan yg sumberx dr PDAM, sebaikx jgn lakukan.., tp ada jg tempat2 khusus yg emank dijamin air kranx aman bg kesehatn bila diminum langsung.., misalx disebagian hotel2 mewah dan apartemen2 mewah.. *smile

27 Oktober 2013 18.11

@Kumpulan Desain Grafis | Andy Desainhati2 dehidrasi.., gangguan ginjal dll... *smile

27 Oktober 2013 18.13

@Ahmad Zaelanikebiasaan ya hehe.., *smile

27 Oktober 2013 18.47

minum air putih sebaiknya secukupnya saja ya...:)

27 Oktober 2013 20.42

@Rohis Facebook boleh tapi hanya untuk air zam zam yang sudah terbukti sangat sterilnya saja gan :)

siplah moga makin cakep aja ilmu yang disampaikanya :D

27 Oktober 2013 21.53

@downloadtidak lah demikian akhi..! hukumnya berlaku umum, baik itu air zam2 atw pun air selain zam2 :)

klo sy jelaskan dlm komentar ntr kepanjangan, jd baikx insya Allah kapan2 sy usahakan muat dlm potingan khusus.., *smile

27 Oktober 2013 22.13

@m Rakadinatahny 'anak2' yg hny membaca judul tp tidak membaca isi artikel! *smile

27 Oktober 2013 22.15

@Mami Zidaneiya bunda.., makasih *smile

27 Oktober 2013 23.31

Oh kalau ada temannya toh, kebanyakan pake botol plastik, kiraen cuman airnya aja tadi. okedeh jadi tau sobat

28 Oktober 2013 11.19

sebenarnya air putih baik untuk dikonsumsi dari pada minum bermerek lainnya asalkan dengan cara yang baik...

28 Oktober 2013 13.04

@Rohis Facebooksetuju sekali mas rohis, tapi saya lebih suka sambil duduk

28 Oktober 2013 17.26

met sore menjelang mlm mas. wah kalu air putih itumah bukan bahaya lagi mas tapi gawat darurat heheheh.. trmksih banyak mas dah mengingatkannya

28 Oktober 2013 22.12

hahahahaaa km bisa aja mas...

coba minum air putihnya sama botol-botolnya deh

28 Oktober 2013 22.14

wahhh bagus ny lagi kalau air putihnya rebus sendiri ya bang?

29 Oktober 2013 11.49

wkwkkk.... klo gtu iya juga lah....

29 Oktober 2013 18.45

ternyata bahaya juga ya? :)

25 November 2013 13.11

btw ane juga tukang minum aer putih gan :v
jadi ngeri nih

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup