Home » » Ini Daftar Nama-nama Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Ini Daftar Nama-nama Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes

Orang Terkaya Indonesia

Majalah Forbes akhirnya merilis orang paling kaya se-planet bumi di awal tahun ini. Indonesia menyumbang 25 orang dari 1.426 orang terkaya se-planet bumi.

Ini Daftar Nama-nama Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes
 
24. Alexander Tedja 
Alexander Tedja, pemilik pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Timur.
Alexander menggelembungkan pundi-pundinya dari megaproyek properti di Surabaya dan Jakarta melalui Pakuwon Group.
 
Alexander Tedja awalnya mendirikan sebuah perseoran pada tahun 1982. Ia melihat potensi yang ada di sebidang tanah di Surabaya yang kemudian ia kelola membangun proyek Plaza Tunjungan yang saat ini sudah berjumlah empat dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Usahanya terus berkembang tidak hanya di Surabaya saja, namun juga merambah ke proyek-proyek raksasa di Jakarta.
 
Pria berusia 67 tahun ini memiliki kekayaan hingga US$ 1 miliar atau Rp 9,5 triliun. 

23. Harjo Sutanto 
Perusahaan Wings yang ramai dikenal sekarang ini, dipimpin oleh Harjo Sutanto. Dulunya perusahaan tersebut bernama Fa Wings dan didirikan di Surabaya. Pada awal berdirinya perusahaan itu belum terlalu dikenal, bahkan sampai pada tahun 1980an. Namun setelah mengganti nama menjadi PT. Wings Surya, perusahaan ini mulai mengeruk kesuksesan dengan berbagai produk yang ditawarkan. Sejak saat itu, PT. Wings Surya mulai merambah ke dalam berbagai sektor bisnis consumer goods, seperti produk-produk untuk kehidupan rumah tangga sehari-hari. 

Harjo Sutanto memiliki kekayaan hingga US$ 1 miliar atau mencapai Rp 9,5 triliun.

22. Handojo Santosa 
Handojo Santosa merupakan pewaris Ometraco Group, yang berubah jadi Japfa Comfeed. Japfa, produsen pakan ternak terbesar kedua di Indonesia dengan pertumbuhan penjualan 21 persen dalam lima tahun terakhir.

Santosa menghabiskan waktunya di Inggris selama sebulan dalam waktu satu tahun dan menetap di Singapura. Santosa memiliki kekayaan hingga US$ 1 miliar atau mencapai Rp 9,5 triliun. 

21. Soegiarto Adikoesomo 
adalah seorang pengusaha yang bergerak dalam bidang kimia ini masuk ke dalam empat puluh orang paling terkaya di Indonesia. Tentunya dengan berbagai macam usaha yang ia jalankan, Soegiarto tidak luput dari kerja keras dan juga ide-ide baru untuk terus memperbaharui bisnis yang sudah ia jalankan tersebut. Saat ini, Soegiarto Adikoesoemo adalah seorang President Commissioner untuk PT AKR Corporindo Tbk. Berikut akan kami jabarkan profil dari beliau.

Adikoesoemo yang berusia 74 tahun ini memiliki kekayaan hingga US$ 1 miliar atau Rp 9,5 triliun. 

20. Benny Subianto
Beberapa perusahaan yang pernah mendapat tangan dingin bapak 3 orang anak ini adalah PT. Berau Coal, PT. Astra International Tbk, PT United Tractors. Semoga dengan adanya profil benny subianto ini kita bisa mengikuti langkah beliau untuk selalu bersemangat dalam menjalankan usaha dan tidak pantang menyerah. Seperti kata beliau, jadikan semua kegagalan sebagai pengalaman dan pelajaran untuk terus maju. Siapa tahu dengan terus berusaha dan pantang menyerah Anda akan menjadi orang kaya selanjutnya menyusul jejak beliau dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Jika beliau bisa maka Anda pun bisa! Yang penting Anda terus berusaha dan berdoa.
 
Meskipun harga batu bara yang jatuh, namun Benny beruntung memiliki perusahaan minyak sawit Triputra Agro Persada dan perusahaan karet Kirana Megatara. 
Triputra Agro Persada siap go public dalam tiga tahun mendatang. Benny yang merupakan Mantan Wakil Presiden Astra dan Presiden Direktur United Tractor ini memiliki kekayaan hingga US$ 1,1 miliar atau Rp 10,45 triliun. 

19. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono 
Perusahaan yang dimiliki oleh Lim Hariyanto Wijaya Sarwono adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pertambangan nikel, perkebunan kelapa sawit, dan juga tambang bauksit. Perusahaannya, Burmitama Agri, yang bertempat di Singapura juga bergerak dibidang yang sama. Pada awalnya, perusahaan Harita Group adalah perusahaan yang dimulai pada tahun 1915 oleh Lim Tju King, seorang imigran dari Fujian, China. Ayah dari Lim Hariyanto ini bekerja apa saja, menjadi buruh pabrik pun dilakoninya demi bisa menabung untuk membuka sebuah toko kelontong, sang putrapun membantu apa saja yang ia bisa demi mencapai keadaan ekonomi yang lebih baik. Bisnisnya terus berkembang dan selanjutnya, anaknya yaitu Lim Hariyanto Wijaya Sarwono yang saat ini menjabat sebagai President Commissioner dan Chairman dari Harita Group mengambil alih yang pada akhirnya bisa sesukses sekarang.
 
Lim Hariyanto masuk jajaran tersebut karena kekayaannya yang mencapai US$ 1,1 miliar atau Rp 10,45 triliun melalui perusahaan minyak sawitnya, Bumitama Agri. Bumitama Agri merupakan perusahan terbuka di Singapura. 

18. Garibaldi Thohir 
Saat ini Garibaldi Thohir menjabat sebagai Presiden Direktur Adaro Energy, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan terutama pengelolaan batu bara di Indonesia. Lahir 47 tahun lalu di Jakarta dari keluarga pengusaha, Garibaldi Thohir memiliki panggilan kecil Boy sehingga orang terkadang menyebutnya sebagai boy garibaldi thohir. Ayahnya, Teddy Thohir, adalah seorang pengusaha dengan berbagai macam bisnis dan ini diturunkan pada Garibaldi dan saudaranya, Erick Thohir. Keluarga memang pendukung karier suksesnya terutama sang istri, Alinda Thohir dan ketiga anaknya.
 
Thohir yang akrab disapa 'boy' ini berencana untuk memproduksi 80 juta metrik ton batubara di 2014. Ia juga memimpin salah satu perusahaan minyak dan gas Surya Esa Perkasa. Kekayaan Boy Thohir ini mencapai US$ 1,15 miliar atau mencapai Rp 10,92 triliun. 

17. Sjamsul Nursalim 
Sjamsul Nursalim memiliki kekayaan hingga US$ 1,2 miliar atau Rp 11,4 triliun. Ia memiliki saham di perusahaan ban terbesar di Indonesia yaitu Gajah Tunggal. Melalui Gajah Tunggal, Sjamsul Nursalim berada di peringkat 17 orang paling tajir se-Indonesia. 
Di bawah Mitra Adiperkasa, perusahaan ritel miliknya ia juga menguasai lisensi brand Burger King, Starbucks, dan Zara.

Riwayat hidup seorang Sjamsul Nursalim tentunya tidak akan terlupakan dari kasus yang saat ini sedang menimpanya. Pada tahun 1997, perusahaan BDNI yang kalah dengan krismon telah diberikan surat keterangan lunas dari badang penyehatan perbankan nasional pada tahun 2002. Setelah itu, Jaksa pun menerbitkan surat penghentian perkara untuk kasus yang menimpa Sjamsul. Namun ternyata Sjamsul Nursalim hanya membayar sebesar Rp 1 triliun secara tunai. Kekuarangan tersebutlah yang sampai sekarang menjadi masalah karena belum dibayarkan. Walaupun begitu, jaksa sulit untuk menggugat karena Surat kuasa khusus dari menteri keuangan belum dikeluarkan.

16. Kiki Barki 
Kiki Barki memiliki kekayaan hingga US$ 1,2 miliar atau mencapai Rp 11,4 triliun. Ia mempunyai saham di perusahaan batubara yaitu Harum Energy. Perusahaan tersebut berupaya meningkatkan produksi batubaranya hingga 80%. 
Kiki pernah studi di Universitas Beijing dan masih sering pergi ke China untuk meningkatkan perdagangan China dan Indonesia.

Saat ini, Barki masih terus mencoba untuk mempertahankan kepemilikan mayoritas dari perusahaan yang saat ini telah dijalankan oleh putranya sendiri yaitu Lawrence Barki yang menjadi seorang presiden komisaris di perusahaan Harum Energy. Mempertahankan kepemilikan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara karena salah satunya ialah dengan menjadikan mayoritas saham perusahaan menjadi milik sendiri. Selain di wilayah Indonesia, Barki juga telah sukses mencatatkan perusahaannya di bursa saham negera lain. Selain itu, beberapa saham yang juga dimiliki oleh Barki ialah saham di Cockatoo Coal yang berasal dari Australia.

15. Edwin Soeryadjaya 
Sebagai anak dari pengusaha terkenal, William Soeryadjaya, Edwin mulai tumbuh dengan bakat berbisnis seperti ayahnya. Dia bahkan mendirikan sebuah perusahaan bernama Saratoga Capital pada tahun 1998 bersama dengan Sandiaga Uno. Sebagai anak ke dua dari William rupanya Edwin cukup terampil dalam mengembangkan kemampuannya sebagai pebisnis tepat seperti ayahnya. Pada tahun 2004 dia memiliki jabatan sebagai Presiden Komisaris untuk PT Adaro Energy TBK yang disebut dengan PT Padang Kurnia yang sekarang ini menjadi perusahaan yang memproduksi batu bara dengan rating terbesar ke dua di Indonesia yang dianggap berperan penting untuk stok batu  bara untuk pasar di Indonesia.
 
Edwin Soeryadjaya memiliki saham di Adaro Energy perusahaan batubara. Ia memiliki kekayaan hingga US$ 1,3 miliar atau mencapai Rp 12,35 triliun.
Ia juga memiliki perusahaan investasi yakni Saratoga Capital di mana baru saja mengambil saham Provident Agro, Interra Resources, dan Mandala Airlines. 
Salah satu perusahaannya yakni Tower Bersama dikabarkan akan dimerger dengan perusahaan telekomunikasi terbesar Indonesia yakni Telkom. 

14. Ciputra dan Keluarga 
Ciputra memiliki kekayaan hingga US$ 1,5 miliar atau mencapai Rp 14,25 triliun. 
Ciputra mendirikan Ciputra Group 30 tahun yang lalu. Dimana kini menjadi perusahaan properti terbesar di Indonesia. 
Ia juga mendirikan Ciputra Enterpreneurship Foundation. Ciputra ingin mengubah Jalan Prof Dr Satrio, Casablanca menjadi 'Orchard Road'-nya Indonesia dan membuat bundaran besar seperti bundaran HI di wilayah tersebut. 

13. Djoko Susanto 
Djoko Susanto adalah pemilik Alfamart yang merupakan salah satu super market yang banyak tersebar di wilayah Indonesia. Dengan semakin meluasnya jaringan untuk Alfa Mart, semakin besar pula keuntungan yang diperoleh oleh pengusaha ini. Dari sinilah beliau dikenal oleh banyak orang dan mulai menjadi orang kaya raya baru di tanah air.
 
Djoko Susanto, anak ke-6 dari 10 bersaudara ini ternyata tak lulus SMA/SLTA. Pada umur 17 tahun, Ia mulai mengelola warung-warung makanan. Dia juga menjajakan rokok dan membuka beberapa warung kelontongan lagi. Kesuksesannya membuka beberapa jaringan warung ini menarik perhatian taipan pengusaha rokok Putera Sampoerna. 
Keduanya akhirnya bekerja sama membuka beberapa toko dan supermarket. Ketika Putera Sampoerna menjual bisnis rokoknya ke Phillip Morris, Djoko fokus mengembangkan bisnis ritelnya. Adalah Alfamart yang kini menjamur di daerah sekitar tempat tinggal anda semua.
Djoko berada di peringkat 13 orang terkaya se-Indonesia. Djoko memiliki harta kekayaan hingga US$ 1,6 miliar atau mencapai Rp 15,2 triliun. 

12. Murdaya Poo 
Murdaya Poo memulai karirnya menjual koran. Hampir seperempat abad kemudian, Central Cipta Murdaya perusahaan miliknya mampu 'eksis' di bidang IT, kayu hingga consumer goods dan mesin. Pemilik Jakarta Convention Centre (JCC) ini meraup banyak keuntungan dari 100 even per tahun yang diadakan di JCC tersebut. 
Murdaya Poo yang seorang vegetarian ini gemar bermain golf. Namun, belakangan ini sang istri, Siti Hartati Murdaya tengah berjuang di persidangan terkait kasus suap Bupati Buol. 
Murdaya Poo berada di peringkat 12 dari 25 orang terkaya se-Indonesia. Murdaya Poo memiliki kekayaan US$ 1,6 miliar atau Rp 15,2 triliun. 

11. Achmad Hamami dan Keluarga 
Achmad Hamami merupakan seorang mantan pilot pesawat jet. Ia sempat menjadi kolonel termuda di jajaran militer Indonesia. Ia mengambil pensiun dini karena keadaan politik yang cukup bergejolak kala itu akibat maraknya korupsi. 
Dengan sedikit tabungan, ia mulai membuka tempat kursus/les bagi siswa-siswa. Seorang teman keluarga membantu Achmad mendapatkan investasi besar dari Caterpillar untuk mengembangkannya di Indonesia. Jadilah Caterpillar Indonesia yang menjelma menjadi Trakindo Utama. Ia juga mengambil perusahaan jasa energi PT ABM Investama. 
Achmad Hamami berada pada peringkat 11 dari jajaran 25 orang terkaya se-Indonesia. Ia memiliki kekayaan hingga US$ 1,6 miliar atau Rp 15,2 triliun. 

10. Hary Tanoesoedibjo 
Hary Tanoe melalui MNC Group, salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia didaulat menjadi orang paling tajir ke 10 di Indonesia. Ia diberitakan membeli 51% saham media milik Bakrie, Visi Media Asia. 
Hary Tanoe dikabarkan membeli VIVA sebesar US$ 2 miliar. Pengusaha ini mulai berkancah di dunia politiknya setelah bergabung dengan Hanura. 
Hary Tanoe memiliki kekayaan hingga US$ 1,7 miliar atau mencapai Rp 16,15 triliun. 

9. Theodore Rachmat 
Theodore dinilai ahli dalam pengurusan sebuah perusahaan. Perusahaan seperti produsen kelapa sawit, Triputra Agro Persada dan produsen karet Kirana Megatara mampu dikembangkan dengan baik oleh Theodore Rachmat. Memang salah satu holding perusahaannya, Adaro Energy tengah anjlok. Dia adalah sepupu dari Edwin Soeryadjaya. 
Theodore Rachmat berada dalam urutan ke 9 dalam jajaran 25 orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaannya mencapai US$ 1,7 miliar atau Rp 16,15 triliun. 

8. Low Tuck Kwong
Lahir di Singapura, Low Tuck Kwong kini berkebangsaan Indonesia telah pindah dan menetap pada 1972. Ia memiliki perusahaan Bayan Resources. Fokus di pertambangan membuat Low Tuck Kwong cukup berjaya. 
Low Tuck Kwong berada di peringkat 8 dari 25 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaLahir di Singapura, Low Tuck Kwong kini berkebangsaan Indonesia telah pindah dan menetap pada 1972. Ia memiliki perusahaan Bayan Resources. Fokus di pertambangan membuat Low Tuck Kwong cukup berjaya.
Low Tuck Kwong berada di peringkat 8 dari 25 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2 miliar atau Rp 19 triliun. 

7. Tahir 
Tahir yang ayahnya memiliki usaha membuat becak sempat berhenti sekolah medis di Taiwan karena ayahnya tersebut sakit. Ia kemudian belajar berbisnis di Singapura, dan memulainya di bank Mayapada. Saat ini bank Mayapada menjadi salah satu bank swasta yang besar di Indonesia. Ia merupakan salah satu pemegang saham yang menerbitkan lisensi Forbes di Indonesia. Tahir telah menyumbangkan lebih dari US$ 50 juta untuk universitas di China, Indonesia, AS dan Singapura. Istrinya, Rosy merupakan putri taipan dari Mochtar Riady. 
Tahir menduduki peringkat ke-7 dari 25 orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaan Tahir mencapai US$ 2 miliar atau Rp 19 triliun. 

6. Martua Sitorus 
Martua merupakan Chief Operating Officer perusahaan kelapa sawit terbesar Wilmar International. Wilmar sendiri baru saja mengumumkan kerjasama dengan perusahaan AS, Kellogg untuk menjual makanan di China. Sitorus yang berdagang udang waktu muda mendirikan Wilmar dengan keponakan orang terkaya di Malaysia, Kuok Khoon Hong. Mereka berdua juga membeli Aviva Tower di London tahun lalu. 
Martua berada di peringkat 6 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2 miliar atau Rp 19 triliun. 

5. Peter Sondakh 
Peter Sondakh adalah pimpinan Rajawali Group, yang baru saja melakukan backdoor listing perusahaan batubaranya PT Golden Eagle Energy yang meningkatkan sahamnya sampai 400%. Ia juga baru saja listing 49% saham perusahaan taksi, Express. 
Peter Sondakh memiliki kekayaan hingga US$ 2,5 miliar atau mencapai Rp 23,75 triliun. 

4. Sukanto Tanoto 
Sukanto Tanoto adalah pemilik konglomerasi RGM (Raja Garuda Mas) dengan gurita bisnis mulai dari kertas hingga CPO. Ia baru saja meresmikan Tanoto Center Asian Family Business & Enterpreneurship Studies di Universitas Hong Kong. 
Harta kekayaannya mencapai  US$ 2,8 miliar atau mencapai Rp 26,6 triliun. 

3. Chairul Tanjung 
Chairul Tanjung, pemilik CT Corp ini memiliki kekayaan yang ditaksir sebesar US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 32,3 triliun pada awal 2013. Kekayaan Chairul Tanjung melesat dibandingkan kekayaannya di tahun 2011 yang menurut Forbes sebesar US$ 2,1 miliar. 
Dengan tambahan kekayaan sekitar US$ 1,3 miliar dalam setahun, posisi Chairul Tanjung dalam daftar itu naik dari 11 di tahun 2011 menjadi posisi 5 pada tahun 2012. Dan menjadi nomor 3 di awal 2013. Menurut Forbes, pria berusia 50 tahun itu mendapatkan kekayaannya terbesar dari media holding yakni Trans TV dan Trans 7 serta kepemilikan di Bank Mega. 

2. Sri Prakash Lohia 
Sri Prakash Lohia melalui Indorama Ventures berhasil mengambil perusahaan kimia AS, Old World Industrie di Januari 2012 ini. Indorama terus berkembang dan menjadi perusahaan besar di Indonesia. 
Sri Prakash Lohia berada di peringkat 2 di awal 2013 dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 3,4 miliar dan Rp 26,6 triliun. 

1. R Budi dan Michael Hartono
Dua bersaudara pemilik Grup Djarum, yaitu Budi Hartono dan Michael Hartono konsisten menjadi orang terkaya di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Keduanya selalu berada di urutan teratas di orang terkaya Indonesia versi Forbes. 
Saudara yang paling muda, Budi, sudah masuk jajaran orang terkaya Forbes sejak tahun 2005 lalu. Baru kemudian kakaknya menyusul tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2008. 
Jumlah kekayaan dua bersaudara yang nyaris tak pernah muncul di media ini berjumlah US$ 16,7 miliar atau sekitar Rp 158 triliun, naik dari tahun lalu US$ 14 miliar atau sekitar Rp 133 triliun.

Sumber:

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 37 Responses so far.

5 Maret 2013 19.41

hary tanoe ternyata ada di urutan 10 orang terkaya, pantesan banyak partai yang sangat mengharapkan kehadirannya,
tapi namaku kok tidak ada ya :-)

5 Maret 2013 19.53

@BlogS of Hariyantotuk parti/politik no comment deh..,

insya Allah namax Pak Hariyanto dan nama sy akan ada dlm daftar org kaya diakhirat.., Aamiin
*smile

5 Maret 2013 20.25

mlm kpn ya ane trdaftar orang2 kaya hehehe

5 Maret 2013 21.39

Pak abu rizal bakrie nggak masuk yaa. Paling uangnya abis buat kampanye :)

5 Maret 2013 22.22

kalo chairul tanjung sih udah enggak kaget ...hehehehe

6 Maret 2013 06.20

wah,,,, banyak pertambangan ya...
awalnya mikir yg punya rokok mendiami posisi2 ini. kan miris.

6 Maret 2013 08.09

mantabz ..... informasinya...

6 Maret 2013 08.47

halo mas bro lama nggk jumpa :)
gmn kabar ? mampir ke blog saya lg yoo

6 Maret 2013 09.47

Wah.... Subhanallah, tokoh2 motivasi ini patut dicontoh sikap "pantang menyerahnya", keren euy.... Insya Allah nama saya akan tercantum di atas, heheheheheheh... O iya bang, mampir ke blog ane ya, heheh

6 Maret 2013 10.15

yg paling akhir ternyata sekeluarga orang2 kaya semua xD

6 Maret 2013 11.07

wah kok kebanyakan dari keturunan ya sob..nice info nih

6 Maret 2013 12.09

wah...
25 orang Indonesia dari 1426 yah...
lumayan juga ya..

tetapi tetap...
itu cuma kekayaan dunia yg bisa dihitung, bukan..?

6 Maret 2013 12.18

@JeQla iya lah itu kekayaan dunia, mana ada kekayaan akhirat yg bs diitung *smile

intix kaya dunia blum tentu kaya jg nti diakhirat, bs jd malah sebalikx. di dunia kaya tp di akhirat justru malah bangrut total, naudzubillahi mindzalik...

6 Maret 2013 12.20

@Fahri Samudrainsya Allah, kaya dunia kaya pula diakhirat, Aamiin..

6 Maret 2013 12.20

@Muro'i El-Barezyiya sob.., rata2..

6 Maret 2013 12.21

@si OmAlhamdulillah....

6 Maret 2013 12.24

@Anak maduraplus lumpur lapindo *smile

6 Maret 2013 12.26

@Leni Fitriasy jg miris!

6 Maret 2013 13.36

semoga suatu saat aku bisa masuk ke daftar orang terkaya indonesia (kalau bisa dunia)
hahaha

6 Maret 2013 15.21

sobat Isnan Nugrah Lastiko Tiko, mf komenx langsung sy hapus cz melampirkan link hidup!, harap kerjasamanya...*smile

6 Maret 2013 15.55

Itu Martua Sitorus orang batak yah,hebat orang Batak bisa bisa terkaya di Indonesia.

6 Maret 2013 16.10

@Abed Saragihyg komen jg Batak *smile

24 April 2013 16.27

@Rohis FacebookSebagai orang Batak, saya hadir juga lah klw gitu,,,,,xxixiixi,,,,,10 Tahun lagi nama q akan ada di sana. :D

29 Mei 2013 20.53

KAYA DUNIA-AKHIRAT ITU YANG UTAMA..:D

15 Juni 2013 19.13

hadir gaann....
udah lama nih ga mampir :)

17 Agustus 2013 22.19

Kalo TOP termiskin di Indonesia siapa ???

31 Agustus 2013 14.43

hahaha wahh saya ko ga tercantum ya??

31 Agustus 2013 14.44

hahahaahaa keluarga cendanaa

17 September 2013 10.26

Duo djarum itu udah turun urutan mas, diganti sama pemilik sinar mas... kalo ga salah ya begitu

14 November 2013 08.15

Ijin simak Mas Rohis. menarik lagi artikelnya perlu di baca nih
Koq Nama saya gak ada di Daftar artikel Mas Rohis yah..? hhhh
Wah berarti saya, belum masuk Katagori terkaya, ya udah saya
Mau jadi Pemulung dulu, biar kaya, mereka hahhahhah.wkkwkwk

14 November 2013 09.10

@Karrystamgkn belom takdir *smile

20 November 2013 06.40

weeeew....
itu yang buat kaya uang apa uang??
hehe

20 November 2013 13.11

Mau daftar jadi orang terkaya, kayanya sudah macet yah Mas Rohis? hhh
yah mendingan jadi blogging saja. yang penting masih bisa berbagi yah Mas?

6 Februari 2014 13.59

Jadi pengen kenalan sama mereka.... hehe....
Semoga dengan harta yang bisa dikatakan berlimpah itu, mereka gak pernah lupa bersyukur dan barbagi dengan orang yang membutuhkan ya...

9 November 2014 10.06

Yg kaya makin kaya yg miskin makin miskin

14 September 2015 15.46

Orang kaya sih udah biasa banyak...ada daftar orang termiskin di indonesia gak

14 September 2015 20.16

@yopi yostiana
Orang miskin sih udah biasa banyak...
gmn klo km aja yg cr nama2 org miskin trsbt lalu posting ke blog km, mau gk?

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup