Home » » Besok, 27 Januari Jakarta Tenggelam?, Apa Komentar Para Pakar

Besok, 27 Januari Jakarta Tenggelam?, Apa Komentar Para Pakar

27 Januari Jakarta Tenggelam

Setelah banjir yang melumpuhkan Jakarta pada 17 Januari, marak pemberitaan yang mengatakan pada 27 Januari nanti Jakarta akan tenggelam. 

"Sampai tanggal 27 Januari, potensi hujan lebat masih ada, tapi tidak merata seperti yang turun pada Kamis lalu," kata Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto, kepada VIVAnews, Jumat 25 Januari 2013.

Menurut Kukuh, berdasarkan prediksi, daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat pada 27 Januari antara lain kawasan Depok, Jawa Barat dan wilayah utara Jakarta. "Sementara, daerah lain di Jabodetabek diprediksi akan turun hujan ringan hingga sedang pada tanggal itu," kata dia.

Sementara air laut di utara Jakarta sudah naik dengan ketinggiannya sekitar 1 meter. Naiknya air laut ini disebabkan posisi bulan pada bumi. "Air pasangnya sudah terjadi pada 23 Januari kemarin, diprediksi akan terjadi hingga 27 Januari," kata Kukuh.

lalu apakah Benar Jakarta Akan tenggelam? Seberapa besar kemungkinan itu terjadi?

Komentar Para Pakar
Thomas, Djamaluddin, Deputi Sains, Pusat Sains Atmosfer, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).
Beliau mengatakan bahwa gabungan efek cuaca dan pasang memang perlu diwaspadai, namun tak perlu panik.

"Hal itu bisa terjadi kalau memang ada gabungan antara curah hujan yang tinggi dan merata serta efek pasang," papar Thomas saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/1/2013).

Thomas mengatakan, jika curah hujan tinggi dan merata, volume air di sungai akan meningkat. Bila air laut juga pasang, maka aliran air sungai ke muara akan lebih lambat. Volume air berpotensi meluap, menjadi genangan atau banjir.

Pada Minggu nanti, Thomas mengatakan, "Potensi Jakarta tenggelam kecil. Kejadian tanggal 16 dan 17 Januari 2013 yang lalu saya prediksi tidak akan terulang Minggu depan," katanya.

Thomas mengungkapkan, pasang memang akan memuncak Minggu depan. Namun, curah hujan hingga akhir Januari, berdasarkan analisisnya, cenderung menurun. Dengan demikian, syarat untuk Jakarta "tenggelam" tak terpenuhi.

Walau potensi Jakarta "tenggelam" Kamis nanti kecil, Thomas tetap meminta masyarakat untuk waspada. 

Sutopo Purwo Nugroho, profesor hidrologi yang kini menjabat Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 
Beliau mengatakan bahwa potensi Jakarta tenggelam akibat pasang kecil, walau tak dimungkiri akan ada daerah yang tergenang akibat pasang.

Sutopo mengungkapkan, pada Minggu (27/1/2013) mendatang, air laut memang akan pasang pada pukul 05.00-08.00 WIB. Puncak pasang pada saat itu setinggi 1 meter. Namun, ia mengatakan, "Ini bukan pasang maksimum."

Menurut Sutopo, pasang yang lebih tinggi justru akan terjadi tanggal Kamis (24/1/2013) dan Jumat (25/1/2013). Pasang maksimum pada hari tersebut mencapai 1,1 meter, lebih tinggi dari pasang pada hari Minggu.

Sutopo juga menjelaskan, Jakarta bisa "tenggelam" bila faktor pasang berpadu dengan curah hujan yang tinggi. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), curah hujan antara tanggal 25-28 Januari 2013 berintensitas sedang.  

Jumat hari ini, Sutopo mengatakan, "Siklon tropis tidak ada di selatan Indonesia (sedang tidak ada sistem aktif yang mengakibatkan curah hujan tinggi). Indeks cold surge di Hongkong juga negatif." Sutopo menambahkan, indeks Osilasi Julian-Madden juga negatif.

"Jadi, kecil peluangnya banjir besar akan terjadi pada 27 Januari 2013. Jikapun terjadi banjir, hanya pengaruh rob atau genangan saja," kata Sutopo. Namun demikian, Sutopo meminta masyarakat untuk tetap waspada terkait ancaman banjir. Curah hujan tinggi masih berpotensi terjadi hingga Maret. 

Tri Handoko Seto, Peneliti Meteorologi Tropis Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT).
Beliau mengatakan, asumsi curah hujan akan semakin tinggi masih diperdebatkan. Tri mengatakan memang benar puncak musim hujan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah Januari sampai Februari, tepatnya pertengahan Januari sampai pertengahan Februari. Namun demikian, menurut Seto tidak serta merta hujan akan terus meningkat dari hari ke hari sejak kejadian banjir 17 Januari lalu

“Dengan melihat hasil prediksi hujan memang benar menjelang akhir Januari akan terjadi peningkatan curah hujan di Jabodetabek. Namun jika membandingkan prediksi dari model yang sama yang memprediksi hujan pada 15-18 Januari lalu, maka curah hujan pada 27 Januari diprediksi masih lebih rendah," jelasnya.

Sifat hujan juga diperkirakan akan berbeda. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, potensi banjir di Jakarta masih akan besar. Tri menambahkan, berlebihan jika dikatakan Jakarta akan tenggelam.  

Ma'rufin Sudibyo, Ahli astronomi dari Jogja Astro Club.
Beliau mengatakan "Memang pada tanggal itu terjadi bulan purnama yang berimbas pada peningkatan pasang air laut. Namun, berdasarkan hasil simulasi, memperlihatkan pasang yang terjadi tidaklah setinggi pasang perigean yang terjadi pada 10-14 Januari lalu.

Dia menjelaskan pasang pada 10-14 Januari, kombinasi antara konjungsi bulan dan matahari. Saat itu bulan menempati titik perigee orbitnya. Saat itu koefisien pasang mencapai 105 (dari nilai maksimal 112) dengan tinggi 110 cm (maksimum 120 cm) di atas muka laut rata-rata.

Sementara pada 26 -29 Januari 2013 mendatang, koefisien pasangnya diestimasikan 89 dengan tinggi pasang diestimasikan 90 cm di atas muka laut rata-rata.

"Sehingga untuk 27 Januari 2013 ini pasang naik bakal lebih kecil dibanding setengah bulan sebelumnya."

Faktor lain curah hujan. Pada periode 15 hingga 18 Januari curah hujan berada di batas normal yang disebabkan banyak faktor, antara lain Madden Julian Oscillation (MJO) yang sedang melintas Indonesia dan gangguan atmosferik akibat Topan Narelle di sebelah barat Australia.

MJO adalah faktor anomali cuaca yang kerap terjadi di Indonesia selain el-Nino dan osilasi dwi-kutub.

MJO sudah bergeser jauh meninggalkan Indonesia dan telah ada di Samudera Pasifik. Di sisi lain, di selatan Indonesia sempat terbentuk badai tropis Oswald dan Peta, masing-masing berpusat di Teluk Carpentaria (Australia bagian utara) dan Pilbara (Australia bagian barat). 

"Namun kedua badai itu telah meluruh, sehingga potensi gangguan atmosfer pun tereleminasi," jelas dia.
Sepekan ke depan semuanya tetap berlangsung seperti ini, peluang curah hujan di atas normal adalah kecil.

Meski demikian, dia meminta masyarakat tetap waspada karena cuaca adalah fenomena alam yang sulit diprediksi.
   
Sumber :
http://sains.kompas.com 
http://www.republika.co.id 
http://nasional.news.viva.co.id 
http://www.antaranews.com

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 52 Responses so far.

26 Januari 2013 18.33

Itu hanya lelucon aja Mas,gak ada yang tahu selain Tuhan Yang Maha Kuasa apa yang akan terjadi dengan esok harinya.

Kita berdoa Jakarta akan kembali normal seperti biasanya.

26 Januari 2013 21.16

prediksi itu sah aja,,
tadi sy lihat di berita,katanya di beberapa tempat hanya akan terganang,bukan tenggelam..

26 Januari 2013 21.39

mlm mas. klu pndpt aq,s. mudah2'an jngan smpk mas kyk gmbr d postingan.

26 Januari 2013 21.41

wih, gosipnya lagi hot nih. . .
Tapi semuanya Allahua'lam

27 Januari 2013 07.53

Kunjungan sobat.
Jangan lupa follback sobat,blog sobat sudah saya follow

27 Januari 2013 10.19

hem,, aku cuma bisa diam

27 Januari 2013 10.34

Menarik infonya , terus update blognya

27 Januari 2013 11.48

skenario terburuk memang ttp harus kita pertimbangkan.. bahkan sebenernya nii uda lama dibicarain.. tapi mang warga jakartanya ajja :( saiia setuju klu ibukota di pindah sekalian :(

27 Januari 2013 12.08

wah, ibu kota di pindah kemana ya kalo jakarta banjir besar,.

27 Januari 2013 13.04

Blogwalking sob ^_^
lama nggk mejeng nih di blog ini. makin keren aja blog nya :d

27 Januari 2013 13.39

Informasi menarik sobat
terima kasih sudah berbagi

27 Januari 2013 13.45

haduuh.. kasih si ibukota.. :D :(

27 Januari 2013 14.24

sekarang sudah tanggal 27 januari semoga tidak banjir

27 Januari 2013 15.16

hidup/mati/musibah/rizky di tangan Allah jadi kembalikan kepada Allah jika takut dengan adanya banjir ,itu manusiawi sekali yang berarti kita masih banyak dosa ,jadi masih kah itu di pertahankan(banyak dosa)mari kita mulai dari sekarang tuk menguranginya . Trims sobat ku artikel ini sudah menjadi teguran buat ku tuk mencoba menjadi lebih baik..(Wassalam)

27 Januari 2013 15.37

Sekarang kan dah tgl 27 sob,mana kok tidak ada.Itu Hoax namanya.Ia jkt tenggelam tapi karena banjir.

27 Januari 2013 16.36

mungkin..kalo melihat trauma banjir 17 kmrn...makin kwatir ya mas...denger prediksi 27 ini bakal banjir lagi dari para ahli...

cuman klau himbauan buat waspada....ya boleh sih waspada... pi ga perlu berlibihan juga.. mungkin ya mas :)

27 Januari 2013 18.47

Saya sih setuju ibu kota pindah ke kalimantan tempat ane sob... InsyaAllah masih banyak lahan kosong..

27 Januari 2013 21.32

wah kalo bener kejadian, giamana tuh, harus waspada semuanya:}

berarti sekarang donx mas ?? wah

28 Januari 2013 05.28

Wah, mudah2an tidak sob. . .

28 Januari 2013 06.04

gimana? udah tgl 28 ini lho. saya lihat g ada berita jakarta tenggelem? haha

28 Januari 2013 08.20

@Mas Andybiasakan baca artikel scr full baru berkomentar *smile

28 Januari 2013 08.21

@Egy Adhitamabiasakan baca artikel scr full baru berkomentar *smile

28 Januari 2013 08.22

@Abed Saragihiya sob benar banget.., Aamiin.... *smile

28 Januari 2013 08.27

@hary suka sukabenar banget.., hal itu jg dikatakan olh Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bid Bansos & Bencana, katax bukan tenggelam tp tergenang... *smile

28 Januari 2013 08.27

@Brebes VS LamonganAlhamdulillah.., gk trjadi.. *smile

28 Januari 2013 08.28

@febriansyah haqwallahu a'lam..., hny Allah yg tahu *smile

28 Januari 2013 08.29

@Alindro Nugieukeyy, makasih ya *smile

28 Januari 2013 08.29

@Annur eL Karimahsikap terbaik adalah Diam *smile

28 Januari 2013 08.30

@renovasi123thx ya.. *smile

28 Januari 2013 08.31

@Belajar Photoshopwacana tntng akan dipindahkanx ibu kita kita tunggu aja info selanjutx sob *smile

28 Januari 2013 08.31

@yogi viprewacana tntng akan dipindahkanx ibu kota kita tunggu aja info selanjutx sob *smile

28 Januari 2013 08.31

@si Ommakasih pak.., *smile

28 Januari 2013 08.32

@Penyuluh Perikanansama2 pak *smile

28 Januari 2013 08.32

@NIPkasi bantuan *smile

28 Januari 2013 08.33

@Cerita TuguAlhamdulillah, emank gk terjadi Pak. *smile

28 Januari 2013 08.33

@Mahfid Mayantoterima kasih jg sob *smile

28 Januari 2013 08.35

@budi os 19semua pakar diatas mengatakan bhw prediksi banjir itu gk benar.., tp walaupun demikian tetap dihimbau agar warga Jakarta tuk hati2.. *smile

28 Januari 2013 08.35

@Payz0wacana tntng akan dipindahkanx ibu kita kita tunggu aja info selanjutx sob *smile

28 Januari 2013 08.36

@Muroi El-Barezysedia payung sebelum hujan *smile

28 Januari 2013 08.36

@Master Jin - Belajar dan BerbagiAlhamdulillah gk terjadi Pak *smile

28 Januari 2013 08.37

@YuyudAlhamdulillah, gk terjadi *smile

28 Januari 2013 13.11

wah sy telat hadir..

28 Januari 2013 13.39

@ahmad rizal samsiheheh..., pdhal sama2 dr Sulawesi tp termabat hadir *smile

28 Januari 2013 14.30

Kadang2 para pakar ini sok nyaru jadi peramal karbitan! Kemarin heboh-heboh mau kiamat... heuu, musti banyak tholabul ilmi tentang qadha & qadar beliau2 ini :p

28 Januari 2013 15.52

@Herriyati Bastari*smile, kebalik.., justru para pakar diatas malah gk membenarkan tntng adanya prediksi tersebut *smile

28 Januari 2013 19.10

@Rohis Facebooklagi banyak kesibukan di skolah nh... les matematika, les fisika, olahraga, latihan shuffle, latihan nari daerah, bljr klompok.

28 Januari 2013 21.10

prediksi. ini jakarta kasian, jadi kayak semacam arena judi gitu ya.. #ehyakali..

28 Januari 2013 21.47

met mlm mas ituh nyelam gk kluar2 mas apa gk capek'y hehehe. met mlm met ngeblog mas.

29 Januari 2013 06.48

@ahmad rizal samsibegitu mi klo kelas 3..*smile

29 Januari 2013 07.03

Kunjungan pagi sob. Hehehe

29 Januari 2013 12.36

Semua kejadian yg akan datangnggak ada yg tau sob

Poskan Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup