Home » » Bagian Tubuh yang Ikut Menderita Saat Patah Hati

Bagian Tubuh yang Ikut Menderita Saat Patah Hati

Patah hati

Mengapa disebut Patah hati padahal dampak sakitnya tidak sempai ke organ hati, justru yang sakit itu adalah organ-organ tubuh selain hati.

Berikut ini adalah Bagian Tubuh yang Ikut Menderita Saat Patah Hati. Ada 6 bagian tubuh manusia yang akan menanggung sakit akibat patah hati, yaitu:


Otak

Saat patah hati bagian otak yang bernama secondary somatosensory cortex akan ikut terpengaruh. Akibatnya akan muncul gejala seperti rasa pegal, nyeri otot dan ketidaknyamanan lain akibat adanya reaksi di bagian otak tersebut.


Sistem Hormonal

Saat pasangan mengucapkan kata-kata perpisahan, kelenjar adrenal akan bereaksi dengan cara mengaduk berbagai jenis hormon seperti kortisol dan adrenalin sebagai dampak dari stres. Kuantitas hormon yang dilepaskan tergantung dari tingkat stres yang dialami, dan bahkan dapat meningkatkan tekanan darah.


Sistem Imun

Kalimat “putus” juga dapat merangsang sistem daya tahan tubuh untuk bereaksi secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kerusakan sel akibat peradangan (inflamasi). Bagian sistem imun yang berfungsi memerangi infeksi menjadi tidak stabil, sehingga mudah mengalami keluhan panas dingin atau meriang.


Perut

Beberapa orang pasti pernah mengalami perut mulas saat mendengar ajakan untuk putus. Ini adalah pengaruh stres yang akhirnya merangsang naiknya asam lambung dalam perut. Tak hanya itu, otak pun akan mengirimkan sinyal untuk tetap kenyang yang berujung pada hilangnya nafsu makan.


Rambut

Saat patah hati, beberapa kantung rambut akan mengalami fase telogen effluvium atau fase istirahat dan berhenti tumbuh untuk sementara. Bahkan dalam tingkat stres tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah.


Kulit
Gangguan yang paling sering terjadi pada kulit saat mengalami patah hati adalah jerawat. Ini terjadi akibat hormon stres yang berlebihan dan dapat menyumbat pori-pori yang dilalui pembuluh darah. Selain memunculkan jerawat, hal ini juga dapat mengakibatkan bintik-bintik merah pada wajah.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 53 Responses so far.

8 Januari 2013 21.29

betol betol betol....
krna sakit hati melibatkan perasaan, perasaan itu melibatkan sistem hormonal....
trima kasih share nya min...

8 Januari 2013 21.42

Wuih efeknya sejauh ini ya... terimakasih untuk artikelnya sob...

9 Januari 2013 00.24

wah otaknya gk ada bang heheh mlm genk

9 Januari 2013 06.34

Pantesan profesor botak. Stres sih. . .
Ada award dari saya sob. Silahkan diambil. .

9 Januari 2013 07.21

patah hati bikin banyak organ tubuh sakit

tapi hati sendiri ga sakit 'eh :D

9 Januari 2013 08.34

wah ternyata patah hati berpengaruh juga ya dengan perut hehehehe makasih infonya sobat...?

9 Januari 2013 08.39

Nah loh, tuh banyak juga organ tubuh yg merugi akibat patah hati... Makanya gk usah pacaran, dalam Islam juga kan gk ada pacaran, hehehe

9 Januari 2013 10.02

Info yg menarik,, ijin d bagikan ya...

9 Januari 2013 10.31

Keren-keren nih artikel disini, keep writing yaaa :D

9 Januari 2013 10.42

wah....patah hati sampai segitu juga ya mas...dampaknya ke tubuh.... udah kehilangan pasangan di tambah lagi ke siksa sama dampaknya...hu...mending jg patah hati deh...hehehe :)

9 Januari 2013 10.58

@Fahri SamudraSetuju pangkat dua...!! *smile

9 Januari 2013 11.00

@Widya Afrasilahkan., btw nama blogx kamu apa??

9 Januari 2013 11.00

@De Widianimakasih... *smile

9 Januari 2013 11.05

@Yuyudmakasih sob..., sy sambut hangat awardx.. *smile

9 Januari 2013 12.14

kalo patah, coba di lem aja bro.kakaka

9 Januari 2013 13.07

oo iya ya..
untuk sy blum pernah patah hati

9 Januari 2013 14.31

Nice Info Sob :)

9 Januari 2013 16.29

nice share sob...makin nambah ilmu ane....
tapi yang paling sakit ati sob T.T
#commenback

9 Januari 2013 20.34

baru tahu patah hati ua ikut memperngaruhi yg lain ...

9 Januari 2013 21.41

yang pasti patah hati bikin insomnia, ga fokus, males makan yg berujung pada sakit magh, kepala pusing dan mata bengkak :D

10 Januari 2013 00.56

sakit hati efeknya banyak ya,ga cuma prasaan yang sakit, fisik juga ternyata :o
I-Pub

Bahaya juga rupanya kalo patah hati ya...
Thanks mas uda berbagi.

10 Januari 2013 06.37

Kunjungan pagi sobat. . .

10 Januari 2013 10.10

@Iam Publishermf lain kali jgn melampirkan link hidup ya!!! *smile

10 Januari 2013 10.26

@Leni Fitriasama2...

10 Januari 2013 10.26

@Kang Ismetterima kasih jg *smile

10 Januari 2013 10.26

@Brebes VS Lamonganmakasih *smile

10 Januari 2013 10.27

@catatan-r10.comiya mgkn shrsx istilah patah hati diganti aja jd patah pikiran hehehe...

10 Januari 2013 10.28

@Masnadyiya sob biasax tuh males makan... *smile

10 Januari 2013 10.29

@budi os 19iya pak.., ibarat jatuh tertimpa tangga *smile

10 Januari 2013 10.29

@pasnem*smile

10 Januari 2013 10.29

@ahmad rizal samsijgn sampai... *smile

10 Januari 2013 10.30

@romi bozhati apa pikiran... *smile

10 Januari 2013 10.30

@Limit Komputerbaru tau ya..?,brarti belum pengalaman ni hehee...

10 Januari 2013 10.31

@NFujung2x mata bengkak...

10 Januari 2013 10.31

@Yuyudmakasih *smile

10 Januari 2013 11.30

padahal udah di kuat kuatin.. tapi ttp aja mas ya.. kadang meleleh juga :p

10 Januari 2013 12.39

Makanya itu... saya maunya saya aja yang menyakiti.. (loh..??)

10 Januari 2013 13.14

nah, gmn tuh caranya agar hati kita patahnya gak ampe parah sob?
:D

10 Januari 2013 16.19

Mampir lagi sob di sore hari yg cerah, hehehe

10 Januari 2013 16.53

ko bisa ke perut jg yah :D

10 Januari 2013 20.35

baru tau ane :D

10 Januari 2013 21.31

patah hati efeknya bisa patah-patah yang lain yah hihi..
makasih sob sharingnya:}

10 Januari 2013 22.14

apaun yang ikutan sakit yang penting jangan sakit iman nya deh pak uastadz...betul...betul....

10 Januari 2013 22.51

Sepertinya semuanya akan bisa terkena kalau ditelusur lebih mendalam lagi nih sob..
Makasih share ilmunya yah

11 Januari 2013 05.59

Mampir lagi sob.

11 Januari 2013 06.32

mata juga iya gan, biasanya soalnya nangis terus.. itu kalau yang nangis gan.

11 Januari 2013 07.36

Absen sobat.... hehehe

11 Januari 2013 10.48

sepertinya, hati menjadi pusat dari smua organ tubuh. bukannya otak :)

11 Januari 2013 18.00

nice post sob.. manteb

12 Januari 2013 12.42

true story gan

hahahha

kok tau ya :D

Komentar baru tidak diizinkan.