Home » » AIR KELAPA MUDA TURUNKAN TEKANAN DARAH

AIR KELAPA MUDA TURUNKAN TEKANAN DARAH

Air Kelapa Muda
Wah, ini pertama kalinya saya nulis artikel kesehatan di MorphostLab Kedokteran jadi agak-agak grogi nih hehehe.. Maaf ya sobat kalau tidak begitu bagus namun semoga bermanfaat okey…

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu khasiat air kelapa muda yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Mengapa saya tertarik membahas tentang hal ini?? Okey, alasannya yang pertama karena saya suka sekali minum air kelapa muda (makannya orangnya sabar halah,,,) dan selain itu topik ini pernah menjadi salah satu penelitian karya tulis ilmiah saya yang berjudul “Pengaruh Pemberian Air Kelapa Muda Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi” dan hasilnya adalah signifikan. Oleh karena itu disini saya hanya ingin berbagi informasi kepada sobat-sobat semua.

Perlu diketahui bahwa kesehatan tubuh kita tidak lepas dari peranan mineral Natrium dan Kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan tekanan darah tubuh. Kedua mineral ini bekerja secara berlawanan, singkatnya Natrium bertugas menaikkan tekanan darah sedangkan Kalium menurunkannya. Oleh karena itu asupan Natrium dan Kalium haruslah seimbang supaya tubuh kita tetap sehat. Nah, kebanyakan permasalahan terjadi karena asupan Natrium yang terlalu tinggi dari Kalium sehingga memicu timbulnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini sering terjadi karena Natrium memang banyak kita jumpai pada makanan yang paling disukai seperti daging, susu, makanan berpengawet, roti (mengandung soda kue), bahkan masakan sehari-hari. Sedangkan Kalium banyak terdapat di sayur dan buah.

Air Kelapa Muda merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menambah asupan Kalium agar dapat menyeimbangi kadar Natrium sehingga tekanan darah kita terjaga. Air Kelapa Muda ini mempunyai kandungan Kalium sebesar 290mg per 100ml. Jumlah tersebut termasuk tinggi sehingga dapat digunakan sebagai terapi pada pasien hipertensi untuk mengontrol tekanan darahnya agar tidak terlalu tinggi (kecuali pada orang yang mempunyai komplikasi hipertensi dengan gagal ginjal tidak diperbolehkan tinggi asupan kalium karena akan memperparah keadaan). Kelebihan lain air kelapa adalah memiliki rasa yang lezat dan mudah ditoleransi lambung sehingga dapat diminum dalam jumlah cukup banyak.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada pasien rawat jalan yang mengalami hipertensi murni, minum air kelapa muda sebanyak 2 gelas belimbing setiap pagi dan sore dapat menurunkan tekanan darah sebesar 10-20mmHg dibandingkan dengan tekanan darah awal sebelum terapi. Nah, bagi sobat-sobat atau keluarganya yang mempunyai tekanan darah tinggi tidak ada salahnya kok mencoba minum air kelapa muda sebagai terapi. Selain alamiah sehingga tidak menimbulkan efek samping, rasanya juga segar hehehe…

Okey, mungkin sekian dulu tulisan dari saya, semoga info yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat MorphostLab semuanya. Maturnuwun,,,,,,

Yoga Bimantaro
Gizi, FK Universitas Brawijaya

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Rohis Facebook

+ Create Comment + 5 Responses so far.

21 Juni 2011 07.01

pntes aja nih. sy suka bgt mnum air kelapa muda, klo dah minum suka lupa dah hbis brpa biji hoho....
stelah minum, kepala rasanya puyeng bgt, smpe dunia rasanya muter2. trnyta ga bgus buat anemia sy ya. hikzz... T__T
solusinya gmna tuh? anemia, tp doyan air klapa muda, palagi yg ijo

21 Juni 2011 20.48

Indri...aq bukn Dokter *mhasisa kedoktran aja bkn* hehhe..,hmpir semua org suka kelapa muda..., solusix ya gk blh minum...!,tp skali2 mgkn bleh kali ya.., heheh.., yg aq tau obat herbal tuk nambah darah tuh Bayam Merah, cba ajah deh..,okkey...,

23 Juni 2011 07.43

ksimpulan:brrti mnum air klpa muda dlu bru stlh itu mkn byam merah hoho^^

16 Juli 2011 17.54

wahhhh air kelapa emang dhasyat,,,selain seger diminum,,,tp juga punya manfaat untuk menetralisir racun di tubuh kita..

OOT comment: lama ga mampir ke sini tampilan udah baru lagi...maju trus blogna sob :)

22 April 2014 22.11

⌣̈ ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ (ˆںˆʃƪ) kakak , blognya membantu . Aku punya hipertensi 150 per 100 dan terakhir cek jadi 150 per 90. Semoga setelah mengkonsumsi air kelapa hijau jadi fress , sehat dan bertenaga :D

Posting Komentar

Terima Kasih banyak atas saran dan kritiknya.

Sama seperti peraturan yang dibuat oleh para blogger pada umumnya.., cuma disini saya harapkan agar para pengunjung untuk lebih fokus pada artikel kami yang bertemakan Agama (Islam), khususnya untuk saudara-saudari kami yang Muslim dan Muslimah.

0. Yang OOT silahkan masuk ke menu Buku Tamu/Blogwalking!
1. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
2. Komentar yang berbau JUDI/TOGEL, Porno tidak akan di Moderasi!
3. Harus Sopan
4. Admin tidak meladeni Debat kusir
5. Bercanda gk boleh ada unsur pornonya dan unsur Bohongnya
6. Silahkan melampirkan link Mati, gk boleh link hidup